5 Fakta Menarik Kemenangan Juventus Vs. Lazio pada GW15 Serie A

Juventus sukses clean sheet dalam enam laga terakhir

Pekan ke-15 Serie A Italia ditutup dengan laga akbar antara tuan rumah Juventus versus Lazio, Senin (14/11/2022) dini hari WIB. Bianconeri berhasil menang dengan skor telak 3-0 lewat brace Moise Kean dan sebiji gol Arkadiusz Milik.

Hasil ini membuat susunan di posisi empat besar berubah signifikan. Kemenangan ini juga menjadi bukti jika Juventus masih layak jadi favorit menjadi juara. Berikut kelima fakta menarik yang mewarnai kemenangan Juventus atas Lazio di Serie A Italia.

1. Juventus bukukan clean sheet dalam enam laga terakhir

5 Fakta Menarik Kemenangan Juventus Vs. Lazio pada GW15 Serie AJuventus vs Lazio (juventus.com)

Massimiliano Allegri menjalankan formasi baru dengan skema tiga bek dalam beberapa pertandingan terakhir. Strategi ini berjalan sangat baik di Serie A. Kini, Juventus berhasil mencetak clean sheet dalam enam laga terakhir.

Catatan tersebut membuat Juventus menjadi tim paling sedikit kebobolan di Serie A 2022/2023 sejauh ini. Mereka baru kebobolan 7 gol dari 15 pertandingan Serie A. 

2. Ajang pembuktian diri Moise Kean 

5 Fakta Menarik Kemenangan Juventus Vs. Lazio pada GW15 Serie AMoise Kean (twitter.com/juventusfcen)

Cedera Dusan Vlahovic dalam tiga laga terakhir menjadi berkah tersendiri bagi Moise Kean. Dia pun didapuk menjadi striker utama Juventus. Tugas itu tidak dia sia-siakan lewat torehan dua gol ke gawang Lazio hingga membuat dirinya mendapatkan gelar Man of The Match.

Duel ini juga menjadi ajang kebangkitan striker asal Italia tersebut. Total, Kean telah mencetak tiga gol dari empat laga terakhir Serie A. Catatan itu jauh lebih baik dari musim lalu, dimana dirinya membutuhkan 35 laga untuk mencetak tiga gol.

Baca Juga: Kemenangan Napoli atas Empoli di Giornata 14 Serie A 2022/2023

3. Lazio kehilangan posisi runner up

5 Fakta Menarik Kemenangan Juventus Vs. Lazio pada GW15 Serie ALazio vs Juventus (twitter.com/OfficialSSLazio)

Bagi Lazio ini menjadi kekalahan ketiga pada musim 2022/2023. Dampaknya, anak asuh Maurizio Sarri harus kehilangan posisi runner up. Mereka bahkan turun dua peringkat ke urutan keempat dengan koleksi 30 poin.

Sedangkan Juventus berhasil naik ke urutan ketiga dengan koleksi 31 poin. Juventus terpaut 10 angka dari Napoli di puncak klasemen. Posisi runner up kini ditempati AC Milan dengan 33 poin setelah menang dramatis atas Fiorentina.

4. Federico Chiesa comeback

5 Fakta Menarik Kemenangan Juventus Vs. Lazio pada GW15 Serie AFederico Chiesa (twitter.com/juventusfcen)

Setelah absen panjang hampir satu tahun lamanya, Federico Chiesa akhirnya comeback pada pekan ke-13 saat mengalahkan Inter Milan. Dia pun kembali diturunkan pada laga melawan Lazio untuk bermain selama 26 menit.

Kendati demikian, dia berhasil menciptakan assist untuk gol ketiga Juventus yang dicetak Arkadiusz Milik. Menurut laporan Opta, Federico Chiesa terakhir kali mencetak assist 308 hari yang lalu ketika mengalahkan AS Roma 4-3 pada Februari 2022.

5. Juventus layak difavoritkan meraih Scudetto?

5 Fakta Menarik Kemenangan Juventus Vs. Lazio pada GW15 Serie Aselebrasi gol pemain Juventus (twitter.com/juventusfcen)

Sempat diragukan, Massimiliano Allegri secara perlahan membawa Juventus kembali bersaing memperebutkan gelar Serie A musim ini. Mereka terpaut 10 poin dari Napoli, tetapi peluang juara masih sangat terbuka lebar.

Tersisihnya Juventus di Liga Champions Eropa menjadi keuntungan tersendiri. Mereka bisa lebih fokus di Serie A di saat tim-tim rival, seperti Napoli, AC Milan, dan Inter Milan fokusnya bakal terbagi di UCL. 

Kemenangan atas Lazio membuktikan jika Juventus sangat layak difavoritkan menjadi juara Serie A musim 2022/2023. Bianconeri mulai menemukan kembali permainan terbaik mereka. Jika konsistensi bisa dipertahankan, bukan tidak mungkin mereka akan kembali merajai Serie A 2022/2023.

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan Inter Milan vs Atalanta pada GW15 Serie A, Panas!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya