UCL: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs. Manchester United

Setan Merah tampil dengan kekuatan penuh

Liga Champions akan bergulir kembali tengah pekan ini dengan memasuki matchday ke-4. Satu laga bigmatch akan tersaji di grup F dengan mempertemukan tuan rumah Atalanta melawan Manchester United. Pada pertemuan sebelumnya, Atalanta sempat menyulitkan MU meski akhirnya Setan Merah berbalik unggul dengan kemenangan 3-2.

Pertandingan ini akan sangat penting bagi kedua tim. Kemenangan akan memberikan peluang lebih besar untuk lolos ke babak knock out. Jelang laga kedua tim, berikut ini lima fakta menariknya.

1. Manchester United datang dengan kekuatan penuh

UCL: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs. Manchester Unitedselebrasi gol para pemain Man United (rfi.fr)

Setan Merah akan datang ke Bergamo dengan modal positif setelah mengalahkan Tottenham 0-3 dalam lanjutan Premier League. Mereka juga bakal membawa skuad terbaiknya. Aaron Wan-Bissaka dipastikan kembali ke dalam skuad usai masa suspensinya selesai. Begitu juga Paul Pogba yang absen di laga melawan Spurs karena hukuman suspensi kartu.

Di sisi lain, Atalanta baru saja menjalani laga berat saat menahan imbang Lazio dengan skor 2-2 di lanjutan Serie A. Saat ini Setan Merah memuncaki grup F dengan koleksi enam poin, sedangkan Atalanta duduk di bangku ketiga dengan empat poin.

2. Atalanta butuh fokus dan disiplin penuh

UCL: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs. Manchester Unitedselebrasi gol para pemain Atalanta (twitter.com/Atalanta_BC)

Atalanta memiliki kualitas skuad yang mampu mengalahkan tim mana pun. Namun, satu masalah yang kerap berulang terjadi adalah fokus dan disiplin pemain yang masih rapuh. Di pertemuan pertama, Atalanta mampu unggul dua gol lebih dulu di babak pertama, namun konsentrasi mereka berantakan di babak kedua sehingga Setan Merah mampu comeback dengan mencetak tiga gol.

Ini harus menjadi titik pembenahan Gian Piero Gasperini jelang menghadapi Setan Merah yang sedang termotivasi. Ini akan menjadi tugas yang sangat berat karena beberapa pemain inti masih cedera seperti Robin Gosen, Matteo Pessina, dan Rafael Toloi.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

3. Head to head

UCL: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs. Manchester Unitedduel Bruno Fernandes dan Freuler (football-italia.net)

Ini bakal menjadi pertemuan kedua bagi kedua tim di ajang Liga Champions. Pertemuan perdana dimenangkan oleh MU. Atalanta memiliki rekor kurang meyakinkan kala berhadapan dengan tim-tim asal Inggris. Dari lima pertemuan menghadapi tim Premier League, Atalanta menderita tiga kekalahan, sekali imbang, dan sekali menang saat membungkam Liverpool.

Di sisi lain, Setan Merah memiliki rekor impresif saat berhadapan dengan tim Italia. Dari 11 pertemuan terakhir, MU memenangkan delapan laga, dua kali imbang, dan hanya sekali kalah.

4. Kembali menanti tuah duet Cristiano Ronaldo dan Edinson Cavani

UCL: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs. Manchester Unitedpotret duet Cristiano Ronaldo dan Edinson Cavani (twitter.com/ManUtd)

Saat menghadapi Tottenham, Ole menggunakan formasi anyar dengan skema 3-5-2. Dalam formasi tersebut, ia menduetkan dua striker veteran, Edinson Cavani dan Cristiano Ronaldo. Hasilnya sangat memuaskan. Kedua pemain jadi kunci kemenangan Setan Merah dengan masing-masing mencetak satu gol.

Duet keduanya tampak sangat harmonis, bahkan Cristiano Ronaldo juga memberikan assist cantik untuk gol Cavani. Jika melihat performa keduanya dalam laga tersebut, duet ini sangat layak kembali diberikan kesempatan dalam laga besar ini. Mereka adalah sosok berpengalaman dan pernah bermain di Italia.

5. Penentuan nasib Ole Gunnar Solskjaer

UCL: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs. Manchester Unitedpotret Ole Gunnar Solskjaer dan Raphael Varane (twitter.com/ManUtd)

Ole Gunnar Solksjaer dihadapkan dengan rumor pemecatan saat Setan Merah dipermalukan Liverpool dengan skor 0-5. Namun, manajemen klub dilaporkan memberikan kesempatan dalam tiga laga penting ke depan. Satu laga melawan Tottenham sudah dilalui dengan kemenangan telak 0-3 dan Atalanta akan menjadi tantangan berikutnya. 

Ini akan menjadi tugas yang sangat sulit bagi Solskjaer karena Atalanta dikenal sebagai tim kuda hitam yang selalu menyulitkan tim raksasa. Tidak hanya itu, Ole pun harus menjaga fokus skuadnya karena setelah laga ini lawan lebuh sulit sudah menanti, Manchester City, dalam lanjutan Premier League pekan depan.

 

Itulah lima fakta menarik jelang pekan keempat Liga Champions grup E antara Atalanta menghadapi Manchester United. Pertandingan ini sangat penting bagi kedua tim dalam menempuh perjalanan agar bisa lolos ke fase berikutnya. Di pertemuan pertama, Setan Merah menang secara dramatis. Bisakah Atalanta membalaskan dendam di pertemuan keduanya?

Baca Juga: Liga Champions Pekan Ini: MU Tak Boleh Lengah Lawan Atalanta

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya