Fase Grup Usai, Ini 5 Fakta Menarik Matchday Terakhir Liga Champions

Selamat untuk tim yang telah lolos

Fase grup Liga Champions musim 2018/2019 akhirnya usai dan telah memastikan 16 tim lolos ke babak knock out. Terdapat cerita-cerita menarik usai matchday fase grup terakhir tadi malam. Salah satunya adalah kekalahan tim-tim besar di laga terakhir fase grup.

Masih banyak cerita menarik lainnya. Apa saja itu? Check this out.

1. Inggris menjadi negara terbanyak yang mengirimkan wakilnya di babak 16 besar

Fase Grup Usai, Ini 5 Fakta Menarik Matchday Terakhir Liga Championstwitter.com/ChampionsLeague

16 tim telah resmi lolos ke babak 16 besar yang akan menggunakan sistem knock out. Dari jumlah tersebut, Liga Inggris menjadi penyumbang terbanyak yang meloloskan wakilnya. Man City dan Man United telah memastikan langkah mereka sejak matchday ke-5. Sedangkan Liverpool dan Tottenham secara dramatis lolos di matchday terakhir setelah menyingkirkan dua wakil Italia, Napoli dan inter Milan.

La Liga dan Bundesliga menjadi yang kedua setelah berhasil meloloskan 3 wakilnya. Real Madrid, Atletico Madrid dan Barcelona menjadi wakil Spanyol, sedangkan Jerman diwakili oleh Dortmund, Bayern Muenchen dan Schalke. Liga Italia dan Liga Prancis sendiri hanya diwakili oleh dua tim yaitu Juventus dan AS Roma, serta PSG dan Lyon. Sisa lainnya diisi oleh Ajax dan Porto.

2. 8 tim akan bermain di Liga Eropa

Fase Grup Usai, Ini 5 Fakta Menarik Matchday Terakhir Liga Championstimesnownews.com

Seperti biasanya, tim-tim yang hanya finish di posisi ketiga UCL akan langsung bermain di babak 32 besar Liga Eropa. Delapan tim tersebut diisi oleh Club Brugge, Inter Milan, Napoli, Galatasaray, Benfica, Shahkhat Donetsk, Viktoria Plzn dan Valencia.

Mereka akan bersaing dengan 24 tim yang berhasil lolos dari fase grup Liga Eropa.

Baca Juga: Ketat, Laga 'Hidup Mati' di Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions

3. Tim-tim besar alami kekalahan di matchday terakhir

Fase Grup Usai, Ini 5 Fakta Menarik Matchday Terakhir Liga Championsuefa.com

Beberapa tim memang telah dipastikan lolos sejak jauh hari. Sehingga mereka hanya bermain dengan pemain lapis keduanya di matchday terakhir. Meski begitu, tetap saja mengejutkan beberapa tim besar berikut ini mengalami kekalahan karena mereka memiliki kedalaman skuad yang cukup hebat.

Juventus harus kalah di tangan tim asal Swiss dengan skor 2-1, sedangkan Manchester United kalah dengan skor yang sama dari Valencia. Juve beruntung karena dengan hasil tersebut mereka tetap keluar sebagai juara grup diikuti Man United di posisis kedua dengan selisih dua poin.

Nasib lebih buruk justru menimpa Real Madrid yang harus kalah telak 0-3 di hadapan fansnya sendiri di Santiago Bernabeu dari CSKA Moscow. Di laga lainnya, Roma pun menyerah di tangan Plzn denga skor 2-1.

Meski kalah, Madrid tetap lolos sebagai juara grup diikuti AS Roma dengan selisih 3 poin.

4. Lyon klub terakhir yang memastikan lolos ke babak 16 besar

Fase Grup Usai, Ini 5 Fakta Menarik Matchday Terakhir Liga Championstwitter.com/ChampionsLeague

Rabu dinihari (12/12) 15 tim telah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Satu kursi tersisa akan diperebutkan dua tim yang saling berhadapan, Shakthar Donetsk melawan Lyon. Shakthar yang tertinggal dua poin wajib menang jika ingin lolos ke babak 16 besar.

Hal tersebut tampaknya semakin dekat setelah Shakthar mampu unggul 1-0 melalui gol Junior Moraes di menit ke-22. Sayang, impian mereka harus hancur setelah Lyon berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-65 setelah Nabil Fekir berhasil menyamakan kedudukan yang bertahan hingga laga berakhir.

Berkat hasil ini, Lyon berhak menemani Man City untuk lolos ke babak 16 besar dari grup F sekaligus menggnapkan 16 tim yang berhasil lolos ke babak 16 besar.

5. Drawing babak 16 besar

Fase Grup Usai, Ini 5 Fakta Menarik Matchday Terakhir Liga ChampionsAFP/Getty Image

Babak drawing 16 besar Liga Champions sendiri akan diselenggarakan tanggal 17 Desember 2018 di markas besar UEFA di Nyon, Swiss. 8 tim juara grup akan diundi untuk berhadapan dengan runner up dari grup lainnya. Babak 16 besar memiliki pengecualian, tim-tim dari satu negara tidak akan saling berhadapan.

Berikut ini adalah hasil lengkap tim yang menjadi juara grup dan runner up:

Juara grup

  • Dortmund 
  • Barcelona
  • PSG
  • Porto
  • Bayern Muenchen
  • Manchester City
  • Real Madrid
  • Juventus

Runner up

  • Atletico Madrid
  • Tottenham Hotspurs
  • Liverpool
  • Schalke
  • Ajax Amsterdam
  • Lyon
  • AS Roma
  • Mancheser United.

Baca Juga: Inilah 16 Tim yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions Eropa

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya