Real Madrid Pecundangi Barcelona di El Clasico, Ini 5 Fakta Menariknya

Dua pemain debutan sukses cetak gol

Real Madrid keluar sebagai pemenang dalam duel El Clasico jilid pertama di musim ini. Bertanding di Camp Nou, Los Blancos mempermalukan tuan rumah dengan skor 1-2 lewat gol David Alaba di menit ke-32 dan Lucas Vazquez di menit 90+3. Sementara itu, satu gol balasan Barcelona dilesakkan Sergio Aguero di menit ke-90+7. Kemenangan ini membuat Real Madrid berada di urutan kedua klasemen, sedangkan Barcelona tertahan di peringkat ke-9.

Barcelona menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 52 persen dan melakukan 12 tendangan ke arah gawang lawan, berbanding 10 milik El Real. Meski demikian, tuan rumah tak mampu menyamakan skor hingga laga berakhir. Berikut ini lima fakta menarik yang terjadi di sepanjang laga.

1. Debut David Alaba di El Clasico berbuah manis

Real Madrid Pecundangi Barcelona di El Clasico, Ini 5 Fakta Menariknyaselebrasi gol David Alaba (twitter.com/realmadriden)

Ini menjadi laga debut El Clasico bagi David Alaba sejak didatangkan pada musim panas kemarin. Satu golnya tidak hanya mempersembahkan kemenangan bagi Real Madrid, tetapi menjadikan dirinya pemain kelima dalam sejarah El Real yang cetak gol di laga debut akbar ini.

Sebelumnya terdapat nama besar seperti Ronaldo, Ruud van Nistelrooy, Raphael Varane, dan Jesse Rodriguez. Pemain asal Austria ini total telah mempersembahkan 1 gol dan 2 assist dari 8 laga di LaLiga musim ini.

2. Real Madrid selalu menang dalam empat El Clasico terakhir

Real Madrid Pecundangi Barcelona di El Clasico, Ini 5 Fakta Menariknyaselebrasi gol para pemain Real Madrid (realmadrid.com)

Kemenangan Real Madrid atas Barcelona ini menjadi sejarah baru. Los Blancos untuk pertama kalinya sejak 1965 berhasil mengalahkan Barcelona dalam empat duel El Clasico terakhir di semua kompetisi. Ironis bagi Ronald Koeman, tiga di antaranya terjadi di bawah kepelatihannya.

Dengan kemenangan ini, Real Madrid tetap berada di peringkat kedua klasemen dengan 20 poin, sedangkan Barcelona menempati peringkat ke-9 dengan 15 poin.

Baca Juga: [BREAKING] Real Madrid Permalukan Barcelona di El Clasico

3. Gol debut Sergio Aguero untuk Barcelona

Real Madrid Pecundangi Barcelona di El Clasico, Ini 5 Fakta Menariknyaselebrasi gol Sergio Aguero (fcbarcelonanoticias.com)

Setelah absen panjang karena cedera, Sergio Aguero mulai bisa dimainkan sejak pekan lalu. Laga El Clasico menjadi pertandingan keduanya di LaLiga musim ini. Satu golnya ke gawang Real Madrid di menit akhir memang gagal menyelamatkan timnya dari kekalahan, namun itu sedikit spesial karena menjadi gol perdananya bagi Barcelona sejak didatangkan musim panas kemarin dari Man City.

Menurut laporan Opta, Aguero tercatat sebagai debutan tertua yang berhasil mencetak gol di laga El Clascio pada usia 33 tahun 144 hari. Dalam laga ini ia bermain selama 15 menit setelah menggantikan Ansu Fati di menit ke-75.

4. Nasib Ronald Koeman di ujung tanduk

Real Madrid Pecundangi Barcelona di El Clasico, Ini 5 Fakta Menariknyapotret kekecewaan Ronald Koeman saat dikalahkan Real Madrid (fcbarcelonanoticias.com)

Ini menjadi kekalahan kedua Barcelona di LaLiga musim ini. Menariknya, dua kekalahan tersebut berasal dari klub asal kota Madrid, Atletico dan Real Madrid. Hasil ini semakin memperburuk nasib Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona. Sebelumnya, Barcelona sempat dipermalukan Bayern Munchen dan Benfica dengan skor 3-0 di Liga Champions.

Kini nasib Ronald Koeman berada di ujung tanduk. Sebelum laga ini, rumor tentang pemecatannnya sudah keras berkumandang. Dengan kekalahan di laga bergengsi ini, tampaknya hanya tinggal menunggu waktu pelatih asal Belanda itu dilengserkan dari kursi kepelatihan.

5. Pertandingan berikutnya

Real Madrid Pecundangi Barcelona di El Clasico, Ini 5 Fakta Menariknyaduel Lucas Vazquez dan Jordi Alba (twitter.com/LaLigaEN)

Barcelona dan Real Madrid harus segera kembali bersiap pascalaga ini. Tiga hari berselang, mereka sudah harus kembali bertanding di lanjutan pekan ke-10 LaLiga. Real Madrid akan menjamu tim kuda hitam, Osasuna. Saat ini tim asuhan Jagoba Arrasate itu berada di urutan keempat klasemen sementara.

Barcelona akan bertandang ke tim kuda hitam lainnya, Rayo Vallecano. Barcelona tidak boleh menganggap enteng tim promosi tersebut karena mereka menjadi tim paling mengejutkan di musim ini dengan menempati peringkat ke-6 untuk sementara.

 

Real Madrid keluar sebagai pemenang dalam duel EL Clasico jilid pertama musim ini. Kemenangan ini membuat mereka terpaut satu poin dari Real Sociedad di puncak klasemen. Meski begitu, Real Madrid masih memiliki satu laga tunda sehingga berpotensi besar untuk menyalip ke puncak klasemen. Bagi Barcelona, kekalahan ini semakin membuat kondisi klub dalam keadaan terpuruk.

Baca Juga: Barcelona Ketiban Sial Jelang El Clasico

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya