Tottenham Hadapi Liverpool di Final UCL, Ini 5 Fakta Menariknya!

Kamu jagoin yang mana, nih?

Fantastis! itulah kata yang bisa menggambarkan babak semifinal Liga Champions musim ini. Dua tim Inggris, Liverpool dan Tottenham Hotspurs memastikan langkah mereka menuju final setelah lakukan comeback fenomenal. Liverpool kandaskan Barcelona dengan skor aggregarte 4-3, sedangkan Spurs unggul gol tandang dengan skor 3-3 melawan Ajax.

Banyak fakta menarik yang mengiringi kesuksesan kedua tim menuju final Liga Champions musim ini, yang akan digelar di Wanda Metropolitano Stadium, Madrid. Berikut lima diantaranya!

1. The Reds dan Spurs lakukan comeback paling fantastis di UCL musim ini

Tottenham Hadapi Liverpool di Final UCL, Ini 5 Fakta Menariknya!bristolpost.co.uk

Liga Champions musim ini mampu menyajikan berbagai drama yang sangat luar biasa, salah satunya drama comeback. Juventus dan Manchester United menjadi salah satu tim yang melakukannya dengan luar biasa di babak 16 besar. Juve ungguli Atletico Madrid dengan skor 3-0 usai tertinggal 2-0 di leg pertama. Sementara Manchester United unggul gol tandang 1-3, setelah sebelumnya kalah 0-2 di Old Trafford.

Namun terlepas dari itu semua, Tottenham dan Liverpool menjadi klub paling fenomenal di Liga Champions musim ini. Di leg pertama semifinal, The Reds dibungkam 3-0 oleh Barcelona. Mereka diprediksikan tak akan mampu comeback setelah kehilangan Mohamed Salah dan Firmino akibat cedera. Namun fakta berkata lain, The Reds mampu singkirkan Barcelona di leg kedua dengan skor 4-0 melalui dua gol masing-masing yang dicetak Divock Origi dan Wijnaldum.

Sehari kemudian, giliran Spurs yang tampilkan performa tak kalah hebat. Kalah 0-1 di leg pertama, Spurs bertamu ke kandang Ajax di leg kedua tanpa Harry Kane. Banyak orang mengira mereka bakal tersingkir usai kalah 2-0 di babak pertama. Namun semuanya berubah di babak kedua ketika Lucas Moura secara fantastis mencetak tiga gol, termasuk gol krusial di menit akhir, 90+6 yang sekaligus meloloskan mereka ke final untuk melawan Liverpool.

2. Final kedua tim sesama Inggris sepanjang sejarah di Liga Champions

Tottenham Hadapi Liverpool di Final UCL, Ini 5 Fakta Menariknya!uefa.com

Final Liga Champions yang mempertemukan tim sesama Inggris bukanlah kali pertama. Laga All English final sebelumnya pernah terjadi pada musim 2007/2008 saat mempertemukan Manchester United melawan Chelsea. Saat itu MU keluar sebagai juara lewat adu penalti setelah laga berakhir 1-1 di waktu normal.

Satu dekade berselang, ulangan final sesama tim Inggris pun terjadi untuk kedua kalinya. kali ini Liverpool akan berhadapan dengan Tottenham Hotspurs. Akan sangat menarik bagaimana lagi ini akan berlangsung, melihat ajang ini bisa menjadi satu-satunya kesempatan bagi keduanya untuk meraih trofi di musim ini.

Baca Juga: Liverpool Lolos ke Final Liga Champions, Begini Sepak Terjang Mereka

3. Final Liga Champions pertama Tottenham sepanjang sejarah

Tottenham Hadapi Liverpool di Final UCL, Ini 5 Fakta Menariknya!twitter.com/SpursOfficia

Kemenangan atas Ajax di babak semifinal Liga Champions menjadi hal yang paling bersejarah bagi Spurs. Untuk pertama kalinya mereka menjejakkan kaki di babak final. Hal ini melewati raihan terbaik mereka pada kompetisi 1961/1962 saat terhenti di babak semifinal.

Kini mereka diambang sejarah yang lebih besar untuk bisa menjuarainya untuk pertama kali. Sedangkan bagi Liverpool laga final ini akan menjadi laga ke-9 sepanjang sejarah klub. Saat ini mereka merupakan tim Inggris paling banyak meraih trofi Liga Champions dengan 5 gelar.

4. Liverpool menjadi klub Inggris kedua yang back to back final Liga Champions

Tottenham Hadapi Liverpool di Final UCL, Ini 5 Fakta Menariknya!twitter.com/LFC

Sejak diangani Jurgen Klopp, Liverpool bertransformasi menjadi sebuah klub kuat di berbagai lini. Apalagi dengan strategi transfer ampuh Klopp yang mendatangkan Mohamed Salah, Van Dijk dan Alisson Becker. Hal itu terbukti dengan dua final beruntun Liga Champions. Hal ini menjadikan Liverpool tim kedua setelah Man United yang mampu melakukannya pada tahun 2008 dan 2009.

Saat itu MU mampu keluar sebagai juara di edisi 2008 dengan kalahkan Chelsea, namun kalah di 2009 di tangan Barcelona. Sedangkan nasib Liverpool di final musim lalu tak begitu beruntung saat dikalahkan 3-1 oleh Real Madrid.  Dua blunder Karius menjadi salah satu sebab kekalahan saat itu.

Namun musim ini The Reds tampil berbeda, mereka memiliki Alisson Becker yang kokoh di bawah mister gawang. Tak hanya itu, Liverpool pun memiliki catatan bagus melawan Spurs musim ini dengan meraih dua kemenangan dengan skor sama, 2-1 di Liga Inggris.

Apakah ini bisa menjadi pertanda Liverpool bakal keluar sebagai juara?

5. Kapan laga final akan digelar?

Tottenham Hadapi Liverpool di Final UCL, Ini 5 Fakta Menariknya!uefa.com

Laga final Liga Champions musim ini akan menjadi penutup laga-laga sepak bola di Eropa. Pertandingan final ini sendiri akan dihelat pada tanggal 1 Juni waktu setempat di Wanda Metropolitano, yang merupakan kandang miliki Atletico Madrid.

Laga dijamin bakal sangat menegangkan, kamu jagoin tim yang mana nih?

Baca Juga: Dramatis, Hattrick Lucas Moura antar Tottenham ke Final Pertamanya

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya