Comscore Tracker

4 Fakta Unik yang Mengiringi Kesuksesan Tottenham ke Final UCL

Pertama kalinya dalam sejarah klub

Tottenham Hotspurs secara mengejutkan mampu lolos ke babak final Liga Champions musim ini setelah singkirkan Ajax dengan keunggulan gol tandang di leg kedua.  Luar biasanya, Spurs melakukannya setelah sempat tertinggal dua gol di babak pertama. Namun Lucas Moura menjadi pahlawan dengan mencetak hat-trick di babak kedua, sehingga menjadikan aggregate 3-3.

Dengan hasil itu, Spurs pun akan berhadapan dengan Liverpool di babak final yang akan digelar pada 2 Juni di Wanda Metropolitano Stadium. Terdapat banyak fakta unik di balik lolosnya Spurs ke final Liga Champions musim ini, berikut diantaranya.

1. Satu-satunya klub yang tidak melakukan pembelian pemain baru di musim ini

4 Fakta Unik yang Mengiringi Kesuksesan Tottenham ke Final UCLtwitter.com/HKane

Sekali lagi Liga Champions membuktikan jika uang bukanlah faktor utama kesuksesan tim untuk bisa meraih prestasi terbaik. Hal itu dibuktikan oleh Tottenham Hotspurs, yang musim ini menjadi satu-satunya tim yang tidak melakukan pembelian pemain baru di dua jendela transfer. Meski begitu, mereka sukses ke partai puncak dengan menyingkirkan tim-tim kuat seperti Inter Milan, Dortmund dan Man City dan Ajax.

Bandingkan hal tersebut dengan Man City dan PSG yang telah menggelontorkan dana triliunan rupiah demi bisa berprestasi, namun hasilnya tidak memuaskan. Dalam dua musim UCL terakhir, Man City dan PSG bahkan hanya mampu melaju hingga perempat final dan 16 besar.

Hal ini tentunya menjadi bukti bahwa Spurs memiliki sebuah mental juara dan kekuatan tim yang lebih merata di bawah asuhan Pochettino. Mereka bahkan mampu lolos ke final tanpa pemain kunci seperti Son-Heung Min di leg pertama dan Harry Kane di leg-kedua saat melawan Ajax.

2. Klub Inggris ke-8 yang pernah lolos ke final Liga Champions

4 Fakta Unik yang Mengiringi Kesuksesan Tottenham ke Final UCLtwitter.com/SpursOfficial

Fakta unik lainnya yang membarengi kesuksesan Spurs adalah mereka menjadi klub Inggris ke-8 yang mampu menembus final Liga Champions. Sebelumnya ada 7 tim Inggris yang pernah lolos ke babak puncak UCL yaitu Arsenal, Aston Villa, Chelsea, Leeds United, Liverpool, Manchester United, dan Nottingham Forest.

Namun hanya lima diantaranya yang pernah juara. Aston Villa dan Chelsea masing-masing koleksi satu trofi, Nottingham Forrest dua trofi, Man United tiga trofi dan Liverpool, yang akan menjadi lawan Spurs, dengan jumlah terbanyak lima trofi.

Baca Juga: 3 Alasan Ajax Bakal Kalahkan Tottenham Demi Raih Tiket Final UCL

3. Spurs harus menunggu 136 tahun untuk bisa jajaki final Liga Champions untuk pertama kalinya

4 Fakta Unik yang Mengiringi Kesuksesan Tottenham ke Final UCLtwitter.com/SpursOfficial

Prestasi tertinggi Spurs di Liga Champions adalah semifinal pada musim 1961/1962 silam. Kini mereka mencetak sebuah sejarah baru dengan lolos ke final Liga Champions untuk pertama kalinya. Tahukah kamu berapa lama mereka harus menunggu untuk sejarah ini? Yaitu 136 tahun lebih beberapa bulan sejak klub ini berdiri pada 5 September 1882.

Meski begitu, final di kompetisi Eropa bukanlah yang pertama kalinya. Spurs pernah tiga kali mencapai puncak kasta kedua kompetisi Eropa, Liga Eropa sebanyak tiga kali pada tahun 1972, 1974 dan 1984. Namun hanya dua diantaranya yang jadi juara yakni pada tahun 1972 dan 1984.

4. Perjalanan liku Spurs menuju final yang penuh kejutan

4 Fakta Unik yang Mengiringi Kesuksesan Tottenham ke Final UCLtwitter.com/SpursOfficial

Perjalanan Tottenham di Liga Champions musim memiliki sebuah catatan yang unik dan berliku. Tergabung di grup B bersama Barcelona, Inter Milan dan PSV, mereka hampir-hampir saja gagal lolos setelah memiliki nilai yang sama, 8 poin dengan Inter. Namun Spurs unggul head to head gol tandang setelah kalah 2-1 di Giuseppe Meazza dan menang 1-0 di Wembley.

Di babak 16 besar mereka harus betemu dengan tim yang sedang onfire, pemuncak grup A Dortmund. Namun di laur dugaan mereka mampu unggul telah aggregate 4-0 dan lolos ke perempat final untuk hadapi tim unggulan, Man City. Spurs lagi-lagi dinilai cukup beruntung saat mampu singkirkan City dengan keunggulan gol tandang. Usai menang 1-0 di leg pertama, Spurs kalah 4-3 di Etihad Stadium. Namun hal itu sudah cukup membuat mereka jejaki semifinal.

Di semifinal, Spurs berhadapan dengan tim kejutan lainnya, Ajax yang mampu singkirkan Real Madrid dan Juventus. Kalah 0-1 di leg pertama saat bermain kandang. Dele Alli dkk dengan luar biasa mampu menang 2-3 dan kembali unggul agresivitas gol tandang. Mereka pun lolos ke final dan akan berhadapan dengan tim Inggris lainnya, Liverpool.

Lalu, mampukah Spurs mencetak sejarahh dengan menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya?

Baca Juga: Tottenham Hadapi Liverpool di Final UCL, Ini 5 Fakta Menariknya!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya