Friendly Match: 5 Fakta Menarik Kemenangan Prancis Atas Uruguay

Prancis menutup tahun dengan rekor fantastis

Juara Dunia Prancis memang harus gagal lolos ke babak semifinal UEFA Nations League setalah kalah head-to-head dari Belanda. Namun hal tersebut tampaknya tak mengurangi performa mereka di lapangan.

Hal tersebut terlihat dinihari tadi (21/11/18) saat mereka berhasil mengalahkan Uruguay dengan skor 1-0 dalam laga persahabatan yang digelar di Stade de France. Oliver Giroud menjadi pahlawan berkat gol tunggalnya yang tercipta melalui titik penalti.

Laga ini pun meninggalkan beberapa fakta menarik, dan berikut di antaranya.

1. Dalam 4 hari Uruguay kalah dua kali dengan skor 1-0 melalui titik penalti

Friendly Match: 5 Fakta Menarik Kemenangan Prancis Atas Uruguayindependent.co.uk

Dalam 4 hari terakhir ini Uruguay telah melakoni dua laga persahabatan, yaitu melawan Brasil pada tanggal 17 Nopember dan Rabu dinihari tadi melawan Prancis. Tampaknya dewi fortuna tak berpihak kepada Edinson Cavani dkk. Dalam dua laga tersebut mereka harus kalah dengan skor tipis 1-0. Lebih sialnya lagi, kedua gol tersebut hadir melalui titik penalti.

Saat melawan Brazil, Neymar sukses melakukan eksekusi titik putih, sedangkan saat berhadapan dengan Prancis, Oliver Giroud-lah yang menjadi aktor utamanya.

Baca Juga: Lawan Uruguay, Griezmann Gunakan Sepatu Beda Sebelah

2. Kylan Mbappe mengalami cedera bahu

Friendly Match: 5 Fakta Menarik Kemenangan Prancis Atas Uruguaynewstalk990.com

Bintang muda asal PSG, Kylan Mbappe harus keluar lapangan di menit ke-36 setelah bertabrakan dengan penjaga gawang uruguay, Martin Campana. Akibatnya sang striker mengalami cedera bahu setelah jatuh dengan tumpuan tangan terlebih dahulu.

Meskipun mencoba untuk meneruskan pertandingan, namun akhirnya sang pemain meminta untuk diganti, dan Florian Thauvin pun masuk menggantikan Mbappe. Hal ini menjadi kerugian tersendiri karena di saat yang berbarengan, pemain bintang mereka lainnya, Neymar Jr juga mengalami cedera.

3. Griezmann memberikan kesempatan tendangan penalti kepada Giroud

Friendly Match: 5 Fakta Menarik Kemenangan Prancis Atas Uruguaytellerreport.com

Antoine Griezmann menjadi aktor terciptanya penalti setelah dijatuhkan Laxalt di kotak penalti, dan sejatinya dialah yang didapuk menjadi esekutor penalti. Namun di luar dugaan dia memberikan tendangan tersebut untuk Oliver Giroud yang berhasi ditunaikan dengan baik.

Deschamps yang melihat hal tersebut memuji Antoine Griezmann.

"Antoine, saya akan mengatakan terlalu baik, tetapi tidak di sini. Dia memiliki semangat tim yang luar biasa, itu luar biasa," kata Deschamps pada konferensi pers.

"Dia selalu bekerja untuk tim, bahkan dalam pertandingan yang sulit seperti pada hari Jumat saat melawan Belanda, dia berusaha sangat keras, dia memberikan semua yang dia bisa."

4. Torreira dan Bentancur tampil menarik perhatian

Friendly Match: 5 Fakta Menarik Kemenangan Prancis Atas Uruguaysportskeeda.com

Sejak Piala Dunia 2018 dua pemain muda Uruguay telah mampu menarik perhatian klub-klub besar. Mereka adalah Lucas Torreira dan Rodrigo Bentancur.

Meskipun timnya kalah kedua pemain tetap mampu menampilan performa yang luar biasa sebagai pemain muda. Torreira mampu menjadi midfielder kokoh yang menjaga lini tengah dari pemain-pemain hebat Prancis seperti N'Golo Kante dan Antoine Griezmann.

Sedangkan Bentancur yang kini membela Juventus mampu menjadi seorang winger berbahaya yang mampu memberikan umpan-umpan akurat untuk para striker. Torreira sendiri kini merupakan salah satu andalan Arsenal di lini tengah.

5. Prancis menutup tahun dengan rekor meyakinkan

Friendly Match: 5 Fakta Menarik Kemenangan Prancis Atas Uruguaycbssports.com

Kekalahan 2-0 dari Belanda di ajang Nations League minggu lalu memang fatal dan menyebabkan mereka gagal lolos ke babak semifinal. Namun hal tersebut tak membuat tim asuhan Didier Deshamps terebut kehilangan tajinya.

Nyatanya, mereka mampu menutup akhir tahun 2018 dengan rekor yang cukup fantastis. Dari 18 laga di semua kompetisi, Les Blues mampu memenangi 12 laga termasuk 6 laga di Piala Dunia, dan hanya mengalami dua kekalahan serta sisanya bermain imbang.

Rekor ini menjadikan Prancis tim terbaik di tahun 2018 dan unggul jauh dari tim-tim besar lainnya semisal Argentina, Belgia, Belanda, Italia maupun Spanyol.

Baca Juga: Simpatik, Van Dijk Peluk Wasit yang Menangis Usai Laga

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya