Gasak Frosinone, Juventus Semakin Kokoh di Puncak Klasemen Serie A

Modal penting sebelum hadapi Atletico Madrid

Kesempatan Juventus untuk mempertahankan gelar Liga Italia musim ini semakin besar usai bungkam Frosinone dengan skor telak 3-0 Sabtu dinihari (16/02) WIB. Tiga gol Juve dicetak oleh Paulo Dybala (6') Leonardo Bonucci (17') dan Cristiano Ronaldo (63').

Dengan kemenangan ini Juventus kokoh di puncak klasemen dengan 66 poin, unggul 14 poin dari Napoli yang baru akan bermain Senin dinihari (18/02). Kemenangan ini juga menjadi modal penting bagi Si Nyonya Tua sebelum bertarung menghadapi Atletico Madrid di babak 16 besar Liga Champions.

1. Kuasai pertandingan, Juventus unggul cepat di babak pertama

Gasak Frosinone, Juventus Semakin Kokoh di Puncak Klasemen Serie Atwitter.com/chiellini

Meski sedang dalam persiapan jelang babak 16 besar Liga Champions, Juventus tampil dengan skuad terbaiknya saat hadapi tim papan bawah, Frosinone. Sejak menit awal, Juve langsung keluar menyerang melalui trio Dybala-Ronaldo-Mandzukic. Tak butuh waktu lama, di menit ke-6 Juve mampu unggul melalui tendangan indah di luar kotak penalti Paulo Dybala.

Sebelas menit kemudian, gol kembali terlahir bagi Juventus. Kali ini melalui torehan Leonardo Bonucci usai memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan. Skor 2-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Sepanjang laga, Juventus mampu menguasai laga sebanyak 61 persen dan mencetak 9 shoot on goal, berbanding lawan yang hanya mampu torehkan satu shoot on goal.

Baca Juga: Pindah ke Juventus, Ramsey Jadi Pemain Britania Bergaji Tertinggi

2. Moncer, Cristiano Ronaldo cetak gol ke-19 di Liga Italia

Gasak Frosinone, Juventus Semakin Kokoh di Puncak Klasemen Serie Atwitter.com/juventusfcen

Di babak kedua tak banyak perubahan berarti. Juventus terus menggempur pertahanan Frosinone, sedangkan sang lawan hanya sesekali melakukan serangan balik. Cristiano Ronaldo ikut mencatatkan namanya di papan skor di babak kedua, tepatnya pada menit ke-63, setelah memanfaatkan passing mendatar Mandzukic. Ini adalah gol ke-19 striker asal Portugal itu di Serie A musim ini.

Kini striker asal Portugal tersebut tercatat sebagai top skorer Liga Italia sementara, unggul tiga gol dari striker Atalanta Duvan Zapata. Usai cetak gol, sang pemain langsung ditarik dari lapanga untuk memberikan waktu istirahat jelang laga Liga Champions.

Meski terus menyerang, hingga laga usai tak ada lagi gol tercipta. Dengan kemenangan ini, Juventus masih menjadi satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang belum terkalahkan di musim ini.

3. Akhiri puasa gol, aksi Paulo Dybala tuai pujian

Gasak Frosinone, Juventus Semakin Kokoh di Puncak Klasemen Serie Atwitter.com/PauDybala_JR

Dalam beberapa laga terakhir Paulo Dybala lebih sering duduk di bangku cadangan dan menjadi pilihan kedua Massimiliano Allegri. Pemain asal Argentina tersebut bahkan telah puasa gol sejak bulan Nopember lalu.

Namun dalam laga semalam, dia diberikan kesempatan tampil full time. Hal itu pun tak disia-siakannya. Satu gol indahnya mampu membuktikan kualitas permainannya. Gol tersebut merupakan gol ke-8 di musim ini sekaligus mengakhiri puasa golnya.

Performanya pun mendapat pujian dari sang pelatih, meski jumlah golnya masih kalah dari Mario Mandzukic dan Cristiano Ronaldo.

"Saya senang untuk Paulo. Ia mencetak gol bagus dan para penyerang memang melakukannya. Kami butuh pemain yang bekerja di antara dua lini, bahkan terlebih tahun ini dengan kami bermain dengan dua penyerang termasuk dirinya."

"Mungkin ini akan membatasinya dalam hal penyelesaian akhir, tapi tidak dalam hal pertandingan dan performanya."

4. Akan hadapi Atletico Madrid di babak 16 besar Liga Champions

Gasak Frosinone, Juventus Semakin Kokoh di Puncak Klasemen Serie Aeurofantasyleague.com

Laga berat sesungguhnya kini sudah di depan mata tim asal Turin tersebut. Juventus akan bertandang ke Wanda Metropolitan Stadium untuk hadapi Atletico Madrid di babak 16 besar Liga Champions.

Laga ini sekaligus menjadi ajang kembalinya Cristiano Ronaldo ke kota Madrid usai hengkang dari Real Madrid di awal musim ini. Atleti sendiri bukanlah lawan asing lagi bagi Ronaldo. Sepanjang karirnya, Atletico menjadi gawang paling favorit yang sering di bobol dengan total 22 gol.

Allegri sendiri menargetkan timnya mampu mencuri gol di kandang lawan. Kemenangan bahkan bukan menjadi hal mustahil bagi mereka, apalagi Atletico Madrid baru saja dikalahkan Real Madrid di kandangnya sendiri dengan skor 1-3. Mampukah Juventus melakukannya?

Baca Juga: Juventus Terlalu Dominan, Presiden Serie A Ingin Kurangi Peserta

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya