5 Gelandang Serang dengan Gol Terbanyak di EPL 2022/2023

Mereka langsung jadi buruan klub lain

Erling Haaland berhasil merebut Sepatu Emas English Premier League (EPL) 2022/2023. Striker Manchester City itu mencetak 36 gol dari 35 pertandingan. Catatan tersebut sangat fantastis mengingat ini merupakan musim perdana sang striker di EPL

Catatan tidak kalah hebat juga ditorehkan beberapa pemain berposisi gelandang serang. Mereka tidak hanya jadi jenderal di lini serang, tetapi juga mengoleksi gol yang tak kalah tajam. Berikut ini lima gelandang serang dengan gol terbanyak di EPL 2022/2023.

1. Martin Odegaard

5 Gelandang Serang dengan Gol Terbanyak  di EPL 2022/2023Martin Odegaard (instagram/odegaard.98)

Musim kedua Martin Odegaard di Arsenal berjalan sensasional. Dia tidak hanya didapuk sebagai kapten tim, tetapi juga jadi nyawa permainan anak asuh Mikel Arteta. Gelandang asal Norwegia bahkan menjadi top skor klub dengan torehan 15 gol dan 8 assist dari 37 pertandingan. 

Kontribusi tersebut sempat membuat Arsenal hampir menjuarai EPL musim ini. Meskipun gagal juara, performa Martin Odegaard mendapatkan apresasi tinggi. Nilai pasar sang pemain langsung melejit ke angka 80 juta euro atau Rp1,3 triliun dan kabarnya sedang menjadi incaran Paris Saint-Germain.

2. James Maddison

5 Gelandang Serang dengan Gol Terbanyak  di EPL 2022/2023James Maddison (twitter.com/Madders10)

James Maddison berada di  urutan kedua sebagai gelandang serang dengan gol terbanyak di EPL 2022/2023. Dia mengoleksi 10 gol dan 9 assist dari 30 pertandingan. Sayang, kontribusinya ini gagal menyelamatkan Leicester City dari jurang degradasi. Mantan juara EPL ini hanya mampu finis di urutan ke-18.

Kondisi ini membuat sang pemain bagai komoditas panas pada bursa trasnfer musim panas 2023. Dia diminati klub-klub besar seperti Manchester United, Newcastle United, dan Arsenal. Leicester City kabarnya bakal melepas bintangnya tersebut dengan banderol 45 juta euro atau Rp716 miliar.

Baca Juga: Arsenal, Manifestasi Mimpi Martin Odegaard

3. Eberechi Eze

5 Gelandang Serang dengan Gol Terbanyak  di EPL 2022/2023Eberechi Eze (twitter.com/EbereEze10)

Eberechi Eze tampil sebagai top skor Crystal Palace dengan torehan 10 gol dan 4 assist dari 38 penampilan. Dia tak pernah absen di EPL 2022/2023. Berkat performa apiknya ini, dia mendapatkan panggilan tampil di Timnas Inggris untuk pertama kalinya.

Dia menjadi bagian skuad The Three Lions pada babak Kualifikasi Euro 2024. Tak hanya itu, sang pemain pun dilaporkan sedang diminati Liverpool. Gelandang 24 tahun telah berkostum Crystal Palace sejak 2020 lalu. Dia didatangkan klub Championship, Queens Park Rangers.

4. Bruno Fernandes

5 Gelandang Serang dengan Gol Terbanyak  di EPL 2022/2023Bruno Fernandes (twitter.com/ManUtd)

Bruno Fernandes merupakan pemain paling stabil di Manchester United. Catatan golnya musim ini memang menurun dibandingkan musim sebelumnya. Namun, dia tetap menjadi nyawa permainan MU di lini serang. Gelandang asal Portugal ini mengoleksi 8 gol dan 10 assist dari 37 pertandingan.

Duetnya bersama Casemiro di lini tengah mampu membawa Setan Merah kembali ke posisi empat besar. Dia juga membawa MU lolos ke final FA Cup dan mencetak gol penyama kedudukan. Namun, Manchester City berhasil keluar sebagai juara setelah menang dengan skor 2-1.

5. Brennan Johnson

5 Gelandang Serang dengan Gol Terbanyak  di EPL 2022/2023Brennan Johnson (instagram/brenjohnson_)

Nottingham Forest berhasil bertahan di EPL 2022/2023. The Tricky Trees finis di urutan ke-17 dengan 38 poin. Brennan Johnson tampil sebagai salah satu pemain kunci klub di tengah banyaknya pemain baru pada musim panas 2022. Dia bahkan tak pernah absen di EPL musim ini.

Pemain 22 tahun ini mencetak 8 gol dan 3 assist dari 38 pertandingan. Dia merupakan salah satu pemain paling potensial di EPL saat ini. Berposisi asli sebagai gelandang serang, dia juga bisa bermain baik di posisi striker dan winger. Sang pemain pun langsung jadi incaran dua klub EPL lainnya, yaitu West Ham United dan Everton.

Lima pemain di atas layak disebut sebagai salah satu gelandang terbaik di EPL saat ini. Kontribusi mereka memberikan dampak signifikan pada prestasi klub. Di sisi lain, mereka juga mulai dilirik klub-klub yang lebih besar. Akankah mereka lebih berkembang pada musim-musim berikutnya?

Baca Juga: Bruno Guimaraes dan Nomor 39 yang Terinspirasi dari Sopir Taksi

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya