5 Gelandang Termahal yang Didatangkan Chelsea 1 Dekade Terakhir

Enzo Fernandez pecahkan rekor transfer EPL

Sejak kedatangan Roman Abramovich, Chelsea menjelma menjadi klub kaya raya di Eropa. Mereka tak segan mendatangkan sederet pemain bintang berbanderol mahal. Tradisi ini bahkan berlanjut saat kursi kepemilikan jatuh ke tangan Todd Boehley saat ini.

The Blues juga belanja jorjoran pada Januari 2023. Enzo Fernandez, misalnya, didatangkan dengan biasa 120 juta euro atau Rp1,9 triliun. Angka tersebut membuatnya menjadi gelandang termahal The Blues.

Termasuk Enzo Fernandez, berikut ini adalah lima gelandang termahal yang diboyong The Blues dalam 1 dekade terakhir.

1. Enzo Fernandez

5 Gelandang Termahal yang Didatangkan Chelsea 1 Dekade TerakhirEnzo Fernandez (premierleague.com)

Usaha keras Chelsea mendatangkan Enzo Fernandez akhirnya berbuah hasil pada hari terakhir bursa transfer Januari 2023. Dia ditebus dengan harga 121 juta euro atau Rp1,9 triliun dari Benfica. Gelandang 22 tahun ini diberikan kontrak panjang berdurasi 8,5 tahun.

Transfer ini sekaligus memecahkan rekor rekrutan termahal sepanjang masa di English Premier League (EPL). Sebelumnya, proses transfer ini terancam gagal. Pasalnya, Chelsea tidak mau memenuhi klausul rilis yang ditetapkan Benfica.

2. Kai Havertz

5 Gelandang Termahal yang Didatangkan Chelsea 1 Dekade TerakhirKai Havertz (twitter.com/kaihavertz29)

Kai Havertz diboyong Chelsea dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2020 dengan harga 80 juta euro atau Rp1,3 triliun. Dia baru berusia 21 tahun saat itu, tetapi menunjukkan performa impresif di Bundesliga Jerman. Havertz menorehkan 46 gol dan 31 assist dari 150 laga.

Kariernya tak berjalan mulus di Stamford Bridge. Performanya dinilai masih naik turun. Kendati begitu, dia kerap menunjukkan performa apik pada laga-laga penting. Salah satu yang paling diingat adalah laga final Liga Champions Eropa 2020/2021. Gol tunggalnya menjadi penentu kemenangan Chelsea atas Manchester City.

Baca Juga: 5 Pemain Argentina yang Membela Chelsea sebelum Enzo Fernandez

3. Jorginho

5 Gelandang Termahal yang Didatangkan Chelsea 1 Dekade TerakhirJorginho (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea menunjuk Maurizio Sarri sebagai pelatih menggantikan Antonio Conte pada musim panas 2018. Sang pelatih membawa anak asuhnya dari Napoli, Jorginho. Dia ditebus dengan harga 57 juta euro atau Rp933 miliar.

Penampilannya mendapatkan kritik karena dinilai lamban. Namun, dia berkembang menjadi sosok penting di lini tengah Chelsea selama hampir 4,5 tahun. Jorginho menorehkan 29 gol dan 9 assist dari 213 laga. Dia juga mempersembahkan 1 trofi Liga Champions, 1 Liga Europa, dan 1 UEFA Super Cup.

Meski begitu, hadirnya deretan pemain baru pada 2022/2023 membuat dia mulai terpinggirkan. Sang pemain memutuskan pergi ke Arsenal pada Januari 2023 secara permanen saat kontraknya di Chelsea menyisakan 6 bulan.

4. Mateo Kovacic

5 Gelandang Termahal yang Didatangkan Chelsea 1 Dekade TerakhirChelsea vs Manchester City (chelseafc.com)

Digadang-gadang sebagai penerus Luka Modric, karier Mateo Kovacic tak berkembang di Real Madrid. Dia kesulitan mendapatkan waktu bermain di lini tengah El Real yang dipenuhi pemain bintang. Kondisi ini dimanfaatkan Chelsea untuk meminjamnya pada musim panas 2018.

Performa gelandang asal Kroasia dinilai memuaskan, Chelsea lalu menebusnya seharga 45 juta euro atau 736 miliar pada akhir musim. Dia telah memainkan 206 laga bagi The Blues dengan torehan 5 gol dan 14 assist. Deretan pelatih yang silih berganti sejak 2018 tak membuat posisinya terpinggirkan. Dia selalu menjadi andalan di lini tengah.

5. Tiemoué Bakayoko

5 Gelandang Termahal yang Didatangkan Chelsea 1 Dekade TerakhirTiemoué Bakayoko (twitter.com/TimoeB08)

Tiemoué Bakayoko adalah salah satu generasi emas AS Monaco pada 2016/2017 bersama Kylian Mbappe, Bernardo Silva, Fabinho, dan Thomas Lemar. Seiring kepergian rekan-rekannya, sang gelandang turut hengkang. Dia pergi ke Chelsea pada musim panas 2017 usai ditebus dengan harga 40 juta euro atau Rp655 miliar.

Sayangnya, transfer ini menjadi salah satu pembelian gagal Chelsea. Bakayoko menghabiskan sebagian besar kariernya dengan dipinjamkan ke klub lain. Dia hanya memainkan 43 laga bagi The Blues. Kontraknya akan berakhir pada Juni 2023. Saat ini sang pemain berada di AC Milan sebagai pemain pinjaman.

Enzo Fernandez kini melampaui harga empat pemain di atas. Dengan harga yang tinggi itu, ia diharapkan membawa perubahan baik di lini tengah Chelsea. The Blues saat ini sedang terpuruk di posisi ke-10 Premier League.

Baca Juga: Arsenal Datangkan Jorginho, Langkah Tepat demi Kejar Gelar Juara EPL

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya