Nostalgia Yuk, Inilah 7 Gol Tak Terlupakan yang Dicetak Ronaldinho

Sang pemain baru saja gantung sepatu!

Legenda sepak bola dunia asal Brazil yang terkenal dengan gocekan sambanya, Ronaldinho akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepak bola yang telah membesarkan namanya. Saudaranya yang juga sekaligus agennya menyatakan kepada media di Brazil bahwa sang pemain telah memutuskan pensiun dari sepak bola.

Ronaldinho memutuskan pensiun di usianya yang ke-37 tahun. Selama kariernya tersebut, sang pemain telah meraih banyak gelar dan membela berbagai klub besar di Eropa diantaranya PSG, Barcelona dan AC Milan.

Ronaldinho merupakan pemain yang populer dengan skill gocekannya yang bisa membuat lawan terkecoh dan membuat para penonton sangat menikmatinya. Dialah seorang entertainer sepak bola sejati, dicintai lawan maupun kawan dan memiliki segudang prestasi.

Untuk kalian yang rindu dengan gol-gol indahnya di masa jayanya, yuk kita nostalgia.

1. Tendangan bebas indah yang tak terlupakan saat Piala Dunia 2002 melawan Inggris

https://www.youtube.com/embed/0oq974EmpBo

Untuk kalian yang menyaksikan Piala Dunia 2002 yang diadakan di Korea-Jepang pasti tak pernah lupa dengan gol indah yang dicetak Ronaldinho. Pemain ini berhasil melakukan tendangan bebas dari jarak yang cukup jauh dan sudut yang sulit ini.

Gol ini dicetaknya ke gawang Inggris yang dijaga legenda mereka David Seamen. Gol ini membuat Brazil lolos ke babak selanjutnya bahkan menjadi juara Piala Dunia 2002 saat mampu mengalahkan Jerman di babak final.

2. Diawali dengan gocekan indah melewati beberapa pemain, Ronaldinho melepaskan tendangan jarak jauhnya dengan sangat indah

https://www.youtube.com/embed/pCXwTqoFaMA

Setelah didatangkan dari PSG, Ronaldinho mampu membuat gol perdananya bagi Barcelona dengan sangat elegan dan indah ke gawang Sevilla. Pertandingan tersebut merupakan pertandingan keduanya setelah pindah dari PSG menuju Barca.

3. Salah satu gol indah saat Ronaldinho membela PSG

https://www.youtube.com/embed/zZkJnsADaww

Gol ini dia ciptakan saat masih membela PSG di Liga Prancis. Gol ini membuktikan jika Ronaldinho merupakan raja gocek dalam sepak bola.

Dia mampu memperlihatkan keseimbangan dan kekuatannya saat melewati deretan pemain lawan dan mengelabui penjaga gawang dengan congkelan bolanya. Ronaldinho sendiri membela klub asal Prancis itu selama dua tahun kemudian pindah menuju Barcelona.

4. Tendangan akrobatik yang mendapatkan penghargaan gol terbaik La Liga

https://www.youtube.com/embed/57V4z_MnJSE

Bersama Barcelona, Ronaldinho mampu merajai La Liga. Buktinya adalah di musim pertamanya ini dia langsung memberikan gelar Liga Spanyol untuk klub asal Catalan ini.

Tak hanya itu saja, dia juga mendapatkan gelar gol terbaik yaitu gol akrobatiknya ini saat melawan Osasuna.

5. Golnya ke gawang Chelsea di Babak 16 Besar Liga Champions 2005, meskipun kalah tapi memorable

https://www.youtube.com/embed/9O3otJu2FWE

Jika kalian masih ingat dengan babak 16 besar Liga Champions 2005 dimana Chelsea melawan Barcelona, pertandingan tersebut berakhir 4-2 dengan kemenangan Chelsea. Namun di pertandigan tersebut, Ronaldinho mampu mencetak dua gol dan salah satu golnya dia cetak dengan indah dengan congkelan kakinya.

6. Tendangan salto spektakulernya sangat indah

https://www.youtube.com/embed/ZimqUQK8nos

Kemampuan Ronaldinho dalam mengolah bola dan mencetak gol memanglah tak diragukan lagi. Hal-hal yang diluar akal pun terkadang menjadi hal yang bisa dilakukannya saat mencetak gol.

Termasuk golnya yang satu ini, meskipun umpan dari Xavi terlihat kurang tepat untuk gol salto tapi Ronaldinho nyatanya mampu melakukannya. Tak salah jika dia pernah dianugerahi pemain terbaik dunia.

7. Mendapatkan tepuk tangan dari fans Real Madrid, pertandingan ini tak akan terlupakan bagi Ronaldinho

https://www.youtube.com/embed/_c55cW6UGP0

Barcelona dan Real Madrid merupakan rival abadi yang selalu saling bersaing dalam meraih gelar baik di La Liga maupun di Eropa. Tak hanya itu saja, para pemainnya pun selalu saling bersaing untuk menjadi yang terbaik, tak jarang pemain lawan menjadi ejekan bagi para fans.

Namun bagi Ronaldinho hal ini sangatlah berbeda. Dia merupakan pemain yang dihormati kawan maupun lawan. Salah satu buktinya adalah dalam pertandingan El Clasico yang terjadi pada tanggal 19 November 2005.

Dalam pertandingan tersebut dia berhasil mencetak dua gol dan memporak porandakan pertahanan Real Madrid. Dengan penampilannya yang hebat itu, dia mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari para fans Real Madrid.

Hebat bukan?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya