Comscore Tracker

Liga Eropa: Hancurkan Kiev, Satu Kaki Chelsea Tapaki Perempat Final

The Blues belum terkalahkan di Liga Eropa

Chelsea melanjutkan tren positif mereka usai kembali meraih kemenangan. Kali ini Dynamo Kiev menjadi korban kebangkitan anak asuh Maurizio SarriThe Blues berhasil bungkam Kiev dengan skor telak 3-0 di leg pertama babak 16 besar Liga Eropa pada Jumat dini hari (08/03).

Tiga gol kemenangan Chelsea di cetak oleh Pedro (17'), William (65') dan Hudson-Odoi (90'). Raihan ini menjadi modal positif bagi The Blues saat bertandang Ke Ukarina pada leg kedua.

1. Mendominasi sepanjang pertandingan, Chelsea menang mutlak

Liga Eropa: Hancurkan Kiev, Satu Kaki Chelsea Tapaki Perempat Finaluefa.com

Meski tampil tanpa Eden Hazard dan Gonzalo Higuain yang dicadangkan, Chelsea tetap tampil superior atas Dynamo Kiev di Stamorfd Bridge. Sepanjang laga mereka sangat mendominasi hingga 61 persen penguasaan bola, dengan 12 tendangan percobaan dan 8 diantaranya menjadi shoot on goal. Sedangkan tuan rumah hanya melakukan 4 kali percobaan tanpa satu pun membahayakan gawang Chelsea.

Meski begitu, Chelsea hanya mampu mencetak satu gol di babak pertama, tepatnya di menit ke-17 saat kerja sama apik Giroud dan Pedro berbuah gol pertama. Tiga menit berselang Pedro kembali berpeluang emas mencetak gol, sayang usahanya digagalkan kiper lawan. Berturut-turut peluang emas kemali didapatkan oleh Barkeley dan Pedro, sayang penampilan kiper Kiev sangat menawan di babak pertama. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Chelsea tak mengendorkan serangannya sedikit pun. Sarri memasukan Kante dan Loftus-Cheek di tengah laga. Hal ini pun langsung memberikan perubahan. Di menit ke-65 The Blues berhasil menggandakan keunggulan melalui tendangan bebas William. Tak cukup dua gol, di menit akhir Hudson-Odoi memperbesar keunggulan melalui golnya usai menerima umpan Loftus-Cheek.

Skor 3-0 pun menutup laga tersebut. Hal ini menjadi modal yang penting bagi The Blues. Mereka hanya butuh skor imbang di leg kedua nanti untuk memastikan tiket ke perempat final.

Baca Juga: Maurizio Sarri Optimis Chelsea Mampu Tundukkan Dynamo Kiev

2. Meski menang telak, Maurizio Sarri tetap waspada

Liga Eropa: Hancurkan Kiev, Satu Kaki Chelsea Tapaki Perempat Finaluefa.com

Kemenangan telak tiga gol tanpa balas membuat satu kaki Chelsea telah menapaki babak perempat final. Kemenangan ini juga menjadi kemenangan ketiga beruntun usai gagal di final Carabao Cup. Kini The Blues tampaknya sudah kembali ke jalur kemenangan usai ditimpa drama-drama internal. Di sisi lain, Dynamo Kiev butuh keajaiban di leg kedua nanti. Mereka butuh kemenangan 4-0 untuk bisa lolos ke perempat final.

Meski memiliki keunggulan lebih, Maurizio Sarri tetap instruksikan anak asuhnya untuk tetap waspada di leg kedua nanti. Dalam sepak bola semua hal masih bisa terjadi dalam waktu 90 menit. Eks pelatih Napoli itu pun memuji pemain mudanya, Hudson-Odoi yang tampil sangat baik di musim ini.

Meski begitu, ia menilai Odoi membutuhkan perlakuan yang berbeda dan tak selalu memberikannya waktu bermain yang banyak. Hal ini tak lepas dari usianya yang masih 18 tahun agar tidak mendapatkan tekanan terlalu berlebih dari media dan klub.

"Saya pikir kami memainkan pertandingan yang sangat baik tanpa kebobolan. Kami melakukannya dengan sangat baik di babak pertama. Saya tidak suka saat 10 menit setelah kami unggul 2-0. Sebab, intensitas kami sempat menurun. Gol ketiga sangat penting. Tentu saja, 3-0 adalah hasil yang penting. Tentu saja, kami harus memainkan leg kedua dan berhati-hati," ujar Sarri.

3. Akan menjamu Wolverhamtpon di Liga Inggris, tiga hari kemudian

Liga Eropa: Hancurkan Kiev, Satu Kaki Chelsea Tapaki Perempat Finalsbnation.com

Pasukan Maurizio Sarri harus segera kembali fokus untuk laga berat lainnya. Tiga hari kemudian mereka akan kembali bertanding di ajang Liga Inggris. The Blues akan menjamu kuda hitam, Wolverhampton pada Minggu malam (10/03). Saat ini mereka masih tertahan di posisi keenam dengan 56 enam poin, tertinggal dua angka Manchester United yang tempati posisi empat sebagai tiket terakhir menuju Liga Champions musim depan.

Kemenangan menjadi harga mati dalam laga tersebut jika Chelsea ingin raih posisi empat besar. Kesempatan ini terbuka lebar karena di laga lainnya, Arsenal dan Manchester United akan saling berhadapan. Tak hanya itu, mereka pun masih memiliki satu laga sisa. Jika hal ini mampu dimenangkan dengan maksimal, empat besar mampu mereka raih di musim ini.

The Blues pun akan memiliki modal yang cukup baik setelah mengistirahaktan Eden Hazard dan Higuain di Liga Eropa, sehingga mereka akan sangat fit menghadapi Wolves. Chelsa tak boleh meremehkan lawannya tersebut, karena di pertemuan pertama The Wolves mampu kalahkan The Blues dengan skor 2-1. Kini mampukah Chelsea balaskan dendam?

Baca Juga: Menang Atas Fulham, Chelsea Jaga Asa Meraih Posisi Empat Besar

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You