Comscore Tracker

Bungkam Chelsea, Liverpool Jaga Asa Juarai Liga Inggris

Akhirnya memori 2014 tak berulang

Dibayang-bayangi kegagalan tahun 2014, Liverpool akhirnya mampu menjaga asa menjuarai Liga Inggris musim ini usai menggasak Chelsea pada Minggu malam (14/04). Bermain di Anfield Stadium, The Reds mampu unggul 2-0 melalui aksi Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Hasil ini membuat Liverpool kembali ke puncak klasemen dengan 85 poin, unggul dua angka dari Manchester City yang juga raih kemenangan. Dengan sisa empat laga, persaingan juara Liga Inggris musim ini semakin mendebarkan saja.

1. Sempat imbang, The Reds cetak dua gol dalam waktu tiga menit di babak kedua

Bungkam Chelsea, Liverpool Jaga Asa Juarai Liga Inggristwitter.com/LFC

Bertema laga super Sunday, Liverpool tampil dengan skuat terbaiknya seperti saat kalahkan Porto di UCL. Sedangkan The Blues andalkan Eden Hazard sebagai bomber utama disokong Hudson-Odoi dan Willian. Sejak menit awal, kedua tim sudah saling bertukar serangan.

The Reds membuka peluang melalui tendangan voli Salah, namun masih berhasil diamankan Arrizabalaga. Chelsea tak kalah garang, beberapa peluang emas lahir melalui skema serangan balik. Sayang, usaha Willian dan Hazard pun masih gagal berbuah gol. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Usai jeda, Liverpool kembali melakukan tekanan sejak menit pertama. Hal itu pun akhirnya berbuah gol setelah Sadio Mane berhasil menyundul umpan Jordan Henderson di menit ke-51. Dua menit berselang, Chelsea kembali dikejutkan gol indah Mohamed Salah melalui tendangan roketnya.

Tertinggal dua gol, Sarri masukan Higuain dan mengembalikan Hazard ke posisi semula. Chelsea pun mampu menggebarak, namun dua peluang emas Hazard berhasil digagalkan Alisson Becker yang tampil sangat apik. Hingga laga usai, The Reds pun akhirnya unggul atas The Blues.

Baca Juga: Liverpool Bungkam Chelsea 2-0, Jurgen Klopp Ingin Pemain Tetap Fokus

2. Ingin juara Liga Inggris, Salah targetkan sapu bersih empat laga tersisa

Bungkam Chelsea, Liverpool Jaga Asa Juarai Liga Inggristwitter.com/LFC

Mohamed Salah terus menampilkan performa apiknya setelah sempat gagal mencetak gol dalam 8 laga. Satu gol indahnya ke gawang Chelsea kini menempatkannya sebagai top skorer sementara Liga Inggris dengan 19 gol, menyamai torehan Sergio Aguero. Tak hanya itu, performanya dalam laga ini pun membuat pemain asal Mesir tersebut dianugerahi man of the match.

Kini mereka unggul dua poin atas Man City, namun The Reds belum bisa tenang karena Man City masih memiliki satu laga tunda. Kemenangan di empat laga terakhir akan menjadi kunci bagi Liverpool jika ingin juara Liga Inggris musim ini. Itu pun dengan syarat Man City harus tergelincir. Meski begitu, Salah tetap yakin timnya mampu menyapu bersih semua laga tersisa.

"Kami hanya perlu fokus pada pertandingan kami sendiri dan berharap Manchester City akan kehilangan poin. Saya memang mengikuti Man City untuk melihat hasilnya, itu bisa membantu kami tapi juga bisa mendorong kami untuk tampil lebih baik. Anda perlu mencetak gol, Anda tidak boleh kehilangan poin, saya tahu hasil pertandingan Manchester City."

Di empat laga terakhirnya, Liverpool akan berhadapan dengan tim-tim yang lebih ringan seperti Cardiff City, Huddersfield Town, Newcastle United, dan Wolverhampton Wanderers. Sedangkan Man City masih akan melawan tim-tim besar seperti Man United dan Tottenham Hotspurs.

3. Kini saatnya kembali fokus untuk hadapi Porto di leg kedua UCL

Bungkam Chelsea, Liverpool Jaga Asa Juarai Liga Inggrisuefa.com

Kini fokus Liverpool selanjutnya adalah lolos ke semifinal Liga Champions musim ini. Tengah pekan ini The Reds akan bertamu ke Estadio do Dragao untuk hadapi Porto di leg kedua babak perempat final UCL. Anak asuh Jurgen Klopp memiliki kesempatan besar untuk lolos ke semifinal usai bekali kemenangan 2-0 di leg pertama.

Dengan performa yang sedang on fire, sangat mungkin sekali Liverpool untuk mengulangi kemenangan musim lalu atas Porto di Do Dragao. Saat itu Mohamed Salah dkk unggul 0-5 atas Porto. Meski begitu, Klopp tidak boleh meremehkan sang lawan. Apalagi musim ini Liga Champions kerap melahirkan kejutan comeback saat leg kedua. Bukan tak mungkin Porto pun bisa melakukannya.

Baca Juga: Gol Roket Mo Salah dan 4 Fakta Kemenangan Liverpool atas Chelsea

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You