Imbangi Bayern Muenchen, Klopp: Tak Sesuai Harapan tapi Cukup Baik

Peluang kedua tim untuk lolos masih sama besar

Liverpool gagal memenangi leg pertama babak 16 besar Liga Champions menghadapi jawara Bundesliga, Bayern Muenchen. The Reds hanya bermain tanpa gol di Anfield pada Rabu dini hari (20/02) WIB. 

Mohamed Salah sebenarnya mampu menguasai jalannya pertandingan, namun serangan-serangan mereka selalu terhalang pertahanan kokoh yang dijaga Mats Hummels dkk. Meski gagal menang, pelatih Jurgen Klopp tak terlalu kecewa dengan hasil ini. Kedua tim masih memiliki peluang yang sama besar di leg kedua nanti yang bakal digelar di Allianz Arena pada 13 Maret.

1. Laga dua juara Eropa yang berjalan ketat

Imbangi Bayern Muenchen, Klopp: Tak Sesuai Harapan tapi Cukup Baikuefa.com

Berstatus sama-sama pemegang lima juara Liga Champions, laga Liverpool melawan Bayern Muenchen memang menampilkan permainan kelas tinggi dengan kualitas pemain yang sama baiknya. Tuan rumah sempat dikejutkan dengan serangan melalui Gnabry, namun Alisson Becker berhasil mengamankannya dengan baik.

Saling jual beli serangan terjadi sepanjang babak pertama melalui striker andalan masing-masing, Mohamed Salah dan Robert Lewandowski. Namun hingga babak pertama usai tak ada satu pun gol tercipta.

Pertandingan di babak kedua tak jauh berbeda. Bayern Muenchen mampu tampil lebih baik lagi dengan penguasaan bola tipis sebesar 51 persen. Meski tanpa Virgil Van Dijk, pertahanan Liverpool yang dijaga Fabinho dan Joel Matip mampu menghadang serangan-serangan yang disusun James Rodriguez.

Liverpool sempat mendapatkan peluang emas melalui sundulan Sadio Mane, sayang usahanya tersebut berhasil ditepis Manuel Neuer. Hingga laga usai, tak ada satu pun gol tercipta.

Baca Juga: Duel Liverpool vs Bayern Munich Dibumbui Sejarah Kloop dan Kovac

2. Hasil yang cukup baik bagi Liverpool

Imbangi Bayern Muenchen, Klopp: Tak Sesuai Harapan tapi Cukup Baikuefa.com

Meski gagal meraih kemenangan di kandang sendiri, pelatih Liverpool tak kecewa dengan hasil tersebut. Kedua tim memang tampil sangat berhati-hati. Liverpool hanya mampu mencatatkan dua shoot on goal, sedangkan sang lawan tak membuat satu pun.

Dengan hasil ini, Liverpool masih memiliki peluang yang cukup besar saat bertamu ke Allianz Arena di leg kedua nanti. Hasil imbang dengan mencetak gol sudah cukup bagi mereka untuk bisa lolos dengan keunggulan gol tandang. Sedangkan Muenchen dipastikan butuh kemenangan untuk memastikan langkah mereka ke perempat final.

Kegagalan mencetak gol di Anfield ini merupakan kali ketiga beruntun bagi Bayern karena mereka tidak mampu menjebol gawang rivalnya itu dari tiga kunjungan terakhirnya di kompetisi Eropa. "Kami bisa bermain lebih baik, kami harus bermain lebih baik. Ini adalah pertarungan besar."

"Hasil imbang ini belum berakhir. Kami harus membuat pondasi yang lebih baik agar bisa kami gunakan di leg kedua. Dari sudut pandang hasil, ini benar-benar OK. Ini bukan hasil yang kita inginkan, tapi ini cukup bagus." Ucap Klopp usai laga berakhir.

3. Saatnya fokus untuk menghadapi Manchester United

Imbangi Bayern Muenchen, Klopp: Tak Sesuai Harapan tapi Cukup Baikpremierleague.com

Setelah Bayern Muenchen, The Reds tak bisa berleha-leha lagi. Mereka harus segera fokus kembali untuk menghadapi laga bigmatch lainnya. Empat hari kemudian Liverpool akan bertandang ke Old Traford untuk menghadapi Manchester United di pekan ke-27 Liga Primer Inggris.

Laga ini sangat penting sekali bagi pasukan Jurgen Klopp untuk menggeser posisi Manchester City di puncak klasemen. Jika Mereka mampu menang, The Reds akan kembali unggul tiga poin dari Manchester City di puncak klasemen.

Namun hal tersebut tampaknya tidaklah akan mudah, mengingat lawan yang dihadapi adalah Manchester United versi Ole Gunnar Solksjaer. Manchester United sendiri baru saja bangkit dari kekalahan dari PSG dengan mengalahkan Chelsea di piala FA. Tak main-main, Chelsea mampu dikalahkan Paul Pogba dengan skor 0-2 di Stamford Bridge.

Tak hanya itu, dua andalan striker MU, Anthony Martial dan Jesse Lingard pun dikabarkan telah sembuh dan bisa tampil saat hadapi Liverpool. Hal ini tentunya membuat Klopp harus memutar otaknya untuk memainkan strategi yang tepat.

Manchester United ala Solksjaer masih memiliki catatan apik di Liga Inggris. Semenjak kekalahan di Anfield yang membuat Jose Mourinho dipecat, The Reds tak terkalahkan dalam sembilan laga terakhirnya dengan raih 8 kemenangan dan sekali imbang.

Baca Juga: Di Anfield, Bayern Munich Dibayangi Sederet Rekor Buruk

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya