Inilah 5 Turnamen Sepak Bola Prestisius Setelah Piala Dunia 2018 Usai

#WorldCup2018 Ada yang baru lho!

Piala Dunia 2018 telah menentukan siapa finalisnya. Prancis dan Kroasia akan saling berhadapan di partai puncak yang akan digelar pada tanggal 15 Juli di Luzhniki Stadium.

Artinya Piala Dunia akan segera berakhir.

Namun jangan khawatir, masih banyak lho turnamen sepak bola Internasional, yang gak kalah prestisius dari Piala Dunia juga akan digelar di tahun 2019.

Apa saja itu? Dilansir dari Uefa.com dan Sportskeeda.com, berikut di antaranya:

1. CONCACAF Gold Cup (18 Juni-18 Juli 2019)

Inilah 5 Turnamen Sepak Bola Prestisius Setelah Piala Dunia 2018 Usaiworldsoccertalk.com

CONCACAF Gold Cup adalah turnamen sepak bola yang diikuti oleh wilayah Amerika Utara, Amerika Tengah dan wilayah Karibian. Pada tahun 2019 akan menjadi yang ke-15 turnamen tersebut digelar, dan Amerika Serikat akan menjadi tuan rumahnya.

Turnamen ini sendiri diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Amerika Serikat merupakan juara bertahan Gold Cup setelah mengalahkan Jamaika dengan kor 2-1 pada final tahun 2017.

Meksiko menjadi negara paling banyak meraih gelar dengan 7 trofi, diikuti Amerika Serikat dengan 6 gelar sedangkan satu tersisa dimenangkan oleh Kanada.

2. AFC Asian Cup (6 Januari-1 Februari 2019)

Inilah 5 Turnamen Sepak Bola Prestisius Setelah Piala Dunia 2018 Usaififa.com

Bagi publik sepak bola Asia, AFC Asian Cup akan menjadi turnamen sepak bola yang paling ditunggu-tunggu. Untuk tahun 2019 sendiri, Uni Emirates Arab akan berstatus sebagai tuan rumah.

Turnamen ini akan diikuti oleh 24 negara yang dibagi ke dalam 6 grup. Babak kualifikasinya sendiri telah selesai digelar. Sayangnya Indonesia gagal tampil di AFC Cup 2019 setelah tak berhasil lolos di fase kualifikasi.

Asia Tenggara sendiri akan diwakili oleh Thailand dan Vietnam. Juara bertahan kompetisi ini sendiri dipegang oleh anggota baru sepak bola Asia, Australia. Pada AFC Cup 2015, mereka berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2-1 melalui babak extra time.

Juara Piala Asia Terbanyak:

  • 4 kali – Jepang
  • 3 kali – Arab Saudi, Iran
  • 2 kali – Korea Selatan
  • 1 kali – Irak, Kuwait, Australia, Israel.

3. African Cup Nation (7 Juni-30 Juni 2019)

Inilah 5 Turnamen Sepak Bola Prestisius Setelah Piala Dunia 2018 Usaibesoccer.com

Selain wilayah CONCACAF dan Asia, Afrika juga akan menggelar African Cup Nation pada tahun 2019. Turnamen tersebut akan menjadi edisi yang ke-32 dan akan digelar di Kamerun sebagai tuan rumah.

Turnamen sepak bola negara-negara Afrika tersebut untuk pertama kalinya akan menggunakan format baru dengan diikuti oleh 24 negara. Negara-negara Afrika sendiri gagal total di Piala Dunia 2018.

Untuk pertama kalinya sejak 1984, mereka tidak memiliki wakil di babak knock out. Nigeria, Mesir, Maroko, Senegal dan Tunisia harus berguguran di babak grup.

Jika penyelenggaraan sebelumnya African Cup selalu berbenturan dengan liga-liga Eropa, maka kali ini waktunya akan bergeser di musim panas. Sehingga para pemain top Afrika yang bermain di Liga Eropa bisa bermain untuk negaranya.

Selain berstatus sebagai tuan rumah, Kamerun juga merupakan juara bertahan setelah mengalahkan Mesir di final 2017.

Juara Piala Afrika Terbanyak:

  • 7 - Mesir
  • 5 - Kamerun
  • 4 - Ghana & Nigeria
  • 2 - Kongo (Kinshasa, termasuk Zaire) & Pantai Gading
  • 1 - Aljazair, Kongo (Brazzaville), Ethiopia, Maroko, Afrika Selatan, Sudan, Tunisia dan Zambia.

4. UEFA Nations League

Inilah 5 Turnamen Sepak Bola Prestisius Setelah Piala Dunia 2018 Usaifootball365.com

UEFA menginisiasi sebuah turnamen baru bagi negara-negara Eropa bernama UEFA Nations League. Turnamen ini akan dimulai pada musim semi 2019.

Dalam turnamen ini, Ke-55 negara akan dibagi ke dalam empat "liga", dengan negara-negara besar berada di grup A dan lemah di Grup D. Tim di setiap grup akan memainkan pertandingan dengan format home away.

Selain itu pula, Liga ini akan menggunakan format promosi dan degradasi. Setiap juara di grup B, C dan D akan promosi ke divisi A, begitu pun tim yang menjadi juru kunci di grup A, B dan C akan degradasi ke divisi D.

Turnamen ini sendiri dikabarkan akan mulai digelar pada awal 2020 sebelum turnamen akbar lainnya, Piala Eropa.

5. Copa America (14 Juni-7 Juli 2019)

Inilah 5 Turnamen Sepak Bola Prestisius Setelah Piala Dunia 2018 Usaibeinsports.com

FIFA World Cup memang merupakan turnamen paling prestisius di dunia. Namun Copa Amerika merupakan turnamen tertua lho. Copa Amerika 2019 merupakan gelaran edisi ke-46, dan Brazil akan bertindak sebagai tuan rumah.

Uniknya, turnamen ini terkadang tak menentu waktunya. Copa America pernah diselenggarakan setiap tahun kadang per dua tahun dan pernah juga per tiga tahun.

Dalam dua edisi terakhir yang diselenggrakan pada tahun 2015 dan 2016, Chili keluar sebagai juara. Sedangkan negara yang paling sering menjuarai Copa America adalah Uruguay dengan 15 trofi.

Juara Copa America Terbanyak:

  • 15 - Uruguay
  • 14 - Argentina
  • 8 - Brasil
  • 2 - Paraguay, Peru, Cile
  • 1 - Bolivia, Kolombia.
Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya