Gol Keisuke Honda Selamatkan Jepang Dari Kekalahan Atas Senegal

#WorldCup2018 Kedua tim sama-sama mengoleksi 4 poin

Dua tim teratas grup H, Jepang dan Senegal harus saling berhadapan di matchday kedua babak penyisihan Piala Dunia 2018, yang diselenggarakan di Ekaterinburg Arena, Minggu (24/6/2018), pukul 22.00 WIB.

Lebih diunggulkan, Senegal harus rela mengakhiri pertandingan dengan skor 2-2. Padahal mereka mampu unggul dua kali melalui gol Sadio Mane (12') dan Moussa Wague (71'). Namun Jepang tak pantang menyerah. Mereka mampu mengimbangi Senegal melalui gol Takahasi Inui (34') dan Keisuke Honda (78').

Dengan hasil ini, kini kedua tim sama-sama mengoleksi 4 poin, dan tim yang lolos ke babak selanjutnya akan ditentukan pada laga terakir di fase grup.

1. Jalannya pertandingan

Gol Keisuke Honda Selamatkan Jepang Dari Kekalahan Atas Senegaltwitter.com/FIFAWorldCup

Senegal tampil dengan formasi 4-3-3, mengandalkan trio Sane-Niang-Sarr. Sedangkan Jepang tampil dengan formasi 4-2-3-1 dengan ujung tombak utama Yuya Osako. Kedua klub tampil dengan determinasi yang tinggi sejak awal laga.

Namun Senegal berhasil mencuri gol pertama pada menit ke-12 akibat kegagalan penjaga gawang Jepang membuang bola, yang kemudian memantul ke kaki Sadio Mane.

Saling bertukar serangan, Jepang akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-34 melalui gol Takahashi Inui, yang mendapatkan umpan pendek dari Nagatomo dari sisi kiri. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

Di babak kedua, pertandingan tetap berlangsung seru dan kedua tim saling bertukar serangan. Meskipun Jepang menguasai bola 57%, Senegal mampu bermain lebih efektif memberikan serangan berbahaya bagi pertahanan Jepang. Puncaknya, pada menit ke-71, Moussa Wague mampu mencetak gol melalui tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti.

Sayangnya, keunggulan Senegal tak bertahan lama. Jepang mampu kembali menyamakan kedudukan melalui pemain pengganti, Keisuke Honda pada menit ke-78. Skor 2-2 bertahan hingga akhir pertandingan dan tiket 16 besar pun masih terbuka lebar bagi tim-tim di grup H.

2. Tim yang lolos akan ditentukan di laga terakhir fase grup

Gol Keisuke Honda Selamatkan Jepang Dari Kekalahan Atas Senegaltwitter.com/OptaJoe

Hasil imbang 2-2 Jepang melawan Senegal ini membuat persaingan di grup H tetap terbuka untuk semua tim. Di pertandingan lainnya, Polandia akan melawan colombia (25/6/2018). Laga ini akan menjadi laga hidup dan mati dimana tim yang kalah dipastikan akan gugur.

Di laga terakhir fase grup H, Jepang sendiri akan melawan Polandia sedangkan Senegal akan melawan Colombia. Pertandingan tersebut akan digelar pada tanggal 28 Juni 2018 dan akan menjadi laga penentuan siapa tim yang akan lolos ke babak 16 besar.

3. Data dan fakta pertandingan OptaJoe

Gol Keisuke Honda Selamatkan Jepang Dari Kekalahan Atas Senegaltwitter.com/OptaJoe
  • Senegal belum pernah terkalahkan dalam 14 pertandingan internasional sebelumnya jika Sadio Mane berhasil mencetak gol, 9 kemenangan dan 5 kali imbang.
  • Satu gol Keisuke Honda menjadikannya top skorer pemain asal Asia di Piala Dunia dengan total 4 gol dari 9 penampilannya.
  • Performa apik dan satu gol Sadio Mane menjadikannya sebagai man of the match dalam laga ini.
Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya