Jejak Langkah Liverpool di Tahun 2019, Nyaris Sempurna! 

Fans The Reds mana suaranya?

2019 bisa disebut sebagai tahunnya Liverpool. Klub asal Inggris tersebut sukses besar di kompetisi Eropa maupun domestik. The Reds berhasil merobohkan dominasi klub raksasa Spanyol seperti Barcelona dan Real Madrid di Eropa dan Manchester City di liga domestik.

Diisi skuad yang sangat mumpuni dan kejeniusan Jurgen Klopp sebagai pelatih, Inilah jejak langkah Liverpool yang nyaris sempurna di tahun 2019.

1. Nyaris juara Liga Inggris musim 2018/2019

Jejak Langkah Liverpool di Tahun 2019, Nyaris Sempurna! chesterstandard.co.uk

Musim lalu Liverpool hampir saja mengakhiri tiga dekade puasa gelar Liga Inggris mereka. Sempat menjadi juara paruh musim dan unggul jauh dari Manchester City yang jadi pesaing terdekatnya, Liverpool justru tampil tak konsisten di laga-laga menjelang akhir kompetisi.

Manchester City pun berhasil menelikung dan keluar sebagai juara dengan hanya keunggulan satu poin. Uniknya, musim lalu Liverpool gagal juara padahal hanya mengalami satu kekalahan. Sedangkan City justru menderita empat kekalahan. Meski demikian, performa mereka musim lalu menjadi akar kuat The Reds tampil lebih baik di musim ini.

2. Fantastis di Eropa, Liverpool juara Liga Champions 2018/2019

Jejak Langkah Liverpool di Tahun 2019, Nyaris Sempurna! foxsportsasia.com

Liverpool gagal menjadi juara Liga Champions musim 2017/2018 setelah dikalahkan Real Madrid di babak final. Namun mereka kembali tampil fantastis di musim selanjutnya, dan berhasil tapaki babak final keduanya secara beruntun. 

Kali ini mereka berhadapan dengan klub senegara, Tottenham Hotspurs. Tak ingin kembali gagal, The Reds sukses keluar sebagai juara setelah unggul 2-0. The Reds pun kini tercatat sebagai tim ketiga dengan gelar UCL terbanyak dengan enam gelar di bawah Real Madrid (13) dan AC Milan (7).

Raihan ini pun mengobati kegagalan mereka meraih juara Liga Inggris musim 2018/2019 yang direbut Manchester City.

Baca Juga: Diwarnai Drama VAR, Liverpool Sukses Tumbangkan Wolves di Anfield 

3. Belum terkalahkan di separuh kompetisi Liga Inggris musim 2019/2020

Jejak Langkah Liverpool di Tahun 2019, Nyaris Sempurna! twitter.com/GWijnaldum

Tak ingin kembali gagal juara Liga Inggris, musim ini Liverpool tampak lebih meyakinkan. Separuh musim telah berlalu, Liverpool menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan. Hebatnya, dari 19 laga yang telah dijalani The Reds, mereka meraih 18 kemenangan dan hanya sekali imbang. 

The Reds pun unggul jauh dari pesaing terdekatnya, Leicester City, dengan selisih 10 poin dan masih miliki laga tunda. Banyak pihak bahkan meyakini jika Liverpool berpotensi besar untuk mengakhiri puasa gelar Liga Inggris selama 30 tahun terakhir di musim ini. 

4. Kalahkan Chelsea, Liverpool juara UEFA Supercup 2019

Jejak Langkah Liverpool di Tahun 2019, Nyaris Sempurna! twitter.com/LFC

UEFA Supercup menjadi trofi kedua yang diraih Liverpool di tahun 2019. The Reds berhasil mengalahkan Chelsea, yang berstatus juara Liga Eropa, lewat adu penalti setelah laga berakhir 2-2. Trofi tersebut menjadi yang keempat dalam sejarah klub.

Sedangkan bagi Jurgen Klopp trofi ini menjadi spesial karena ia menjadi pelatih asal Jerman pertama yang mampu meraih UEFA Supercup.

5. Tahun 2019 ditutup dengan trofi Piala Dunia antar klub

Jejak Langkah Liverpool di Tahun 2019, Nyaris Sempurna! bloomberg.com

Prestasi Liverpool di tahun 2019 di tutup dengan gelar juara Piala Dunia antar klub setelah mengalahkan Flamengo di babak final. The Reds menang tipis dengan skor 1-0 melalui gol Roberto Firmino. Trofi ini juga melengkapi prestasi The Reds di kompetisi Eropa yang begitu sempurna. Hal ini semakin menegaskan Liverpool sebagai tim Inggris tersukses di ajang kompetisi Eropa.

Tahun 2019 bisa disebut sebagai tahunnya Liverpool. Lalu, mampukah mereka kembali bersinar di tahun 2020 ini?

Baca Juga: Bantah Pemain Kelelahan, Jurgen Klopp: Liverpool Siap Hadapi Leicester

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya