Comscore Tracker

Jelang Hadapi Lyon, Ernesto Valverde: Kami Belajar dari AS Roma

Masih trauma nih kayaknya!

Juara lima kali UCL, Barcelona akan bertandang ke Parc Olympique Lyonnais pada Rabu dini hari (20/02) untuk hadapi Lyon di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Lionel Messi dkkhadir dengan bekal positif usai raih kemenangan 1-0 atas Valladolid di La Liga.

Meski bermain di kandang lawan, Barcelona lebih diunggulkan atas Lyon dengan kualitas dan pengalaman yang dimilikinya. Namun pelatih El Barca, Ernesto Valverde tak ingin gegabah begitu saja. Mereka tak ingin kesalahan musim lalu terulang saat disingkirkan AS Roma.

Diungkap Valverde, laga itu menjadi pelajaran bagi mereka untuk hadapi Lyon. Kenapa ya?

1. Belajar dari kegagalan musim lalu

Jelang Hadapi Lyon, Ernesto Valverde: Kami Belajar dari AS Romasportsnet.ca

Kegagalan di Liga Champions musim lalu memberikan pelajaran kepada Barca untuk tidak jumawa melawan Lyon. Saat itu Barcelona bertemu AS Roma, yang notabene kualitasnya di bawah mereka di babak perempat final. Di leg pertama Barcelona unggul telak dengan skor 4-1. Namun, secara luar biasa AS Roma berhasil comeback dengan kemenangan 3-0, sehingga lolos dengan keunggulan gol tandang.

Musim ini Barcelona kembali hadir di babak knock out dengan menghadapi Lyon yang berstatus kuda hitam. Namun Valverde memastikan kini tidak ada rasa jumawa di antara anak asuhnya. Kekalahan dari AS Roma di musim lalu telah memberikan mereka pelajaran penting untuk terus waspada siapa pun lawannya.

“Pelajaran dari Roma adalah Anda tidak boleh lengah. Di leg pertama, Anda harus waspada – kami akan mempertimbangkan ini.” tegas Valverde dalam konferensi pers jelag laga.

“Ketika kami melawan Roma semua orang mengatakan mereka lawan lemah, yang mana tidak membantu kami. Kami ingin bermain karena kami sudah menunggu lama untuk pertandingan ini, dan kami berada di bawah tekanan karena kami tahu antusiasme fans.”

Baca Juga: Barcelona Akhirnya Resmi Perpanjang Kontrak Ernesto Valverde

2. Waspadai serangan berbahaya Lyon

Jelang Hadapi Lyon, Ernesto Valverde: Kami Belajar dari AS Romauefa.com

Dinilai dari segi kualitas apapun, Barcelona memang lebih diunggulkan dari lawannya, Lyon. Namun satu hal yang tak boleh dianggap remeh adalah kualitas serangan Lyon yang diisi oleh Nabil Fekir dan Memphis Depay. Apalagi Lyon merupakan tim pertama yang berhasil mengalahkan PSG di Ligue 1 musim ini.

Tak hanya itu, Lyon pun lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan catatan impresif. Mereka berhasil mengalahkan Manchester City di Etihad Stadium dengan skor 1-2 dan imbang 2-2 saat berlaga di kandang sendiri. Di sisi lain, mereka juga memiliki deretan pemain muda yang sangat bertalenta seperti Bertrand Traoure, Moussa Dembele, dan Maxwel Cornet yang dipastikan akan tampil all out dalam laga tersebut.

Hal ini tentunya akan mengingatkan kita akan kiprah klub Prancis lainnya di Liga Champions musim 2016/17 yang diisi para pemain muda seperti Thomas Lemar, Benjamin Mendy, Kylian Mbappe,Thomas Lemar, Benjamin Mendy, Kylian Mbappe dan Bernardo Silva. Saat itu mereka berhasil kalahkan tim-tim besar dan lolos ke babak semifinal.

Bukan tak mungkin hal tersebut mampu diulang kembali oleh Lyon di musim ini.

3. Head to head kedua tim

Jelang Hadapi Lyon, Ernesto Valverde: Kami Belajar dari AS Romalasexta.com

Duel Lyon dan Barcelona bukanlah hal yang asing lagi. Kedua tim telah bertemu sebanyak enam kali di ajang Liga Champions. Lyon memiliki catatan buruk karena tak pernah sekali pun raih kemenangan dengan catatan empat kali kalah dan hanya dua kali imbang.

Kedua tim akan tampil dengan skuat terbaiknya. Barcelona mendapat kabar baik setelah sembuhnya Ousmane Dembele dan Samuel Umtiti dari cedera. Valverde pun dipastikan bisa memainkan trio mautnya Messi-Suarez-Dembele di lini serang. 

Sang lawan, Lyon pun akan tampil dengan skuad terbaiknya. Mantan pemain Manchester United, Memphis Depay dipastikan fit setelah pada laga sebelumnya diisitirahatkan sang pelatih. Lyon pun sedang dalam tren positif setelah raih empat kemenangan dari lima laga terakhirnya, sedangkan Barcelona hanya meraih satu kemenangan dari empat laga terakhir.

Catatan 6 pertemuan terakhir antara Barcelona vs Lyon:

11/03/2009      Barcelona 5-2 Lyon

24/02/2009      Lyon 1-1 Barcelona

27/11/2007      Lyon 2-2 Barcelona

19/09/2007      Barcelona 3-0 Lyon

23/10/2001      Lyon 2-3 Barcelona

10/10/2001      Barcelona 2-0 Lyon

Mampukah Lyon mengejutkan Barcelona pada laga dini hari nanti?

Baca Juga: Ditundukkan Lyon, PSG Alami Kekalahan Pertamanya di Liga Prancis

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya