Jika Coutinho Gabung MU, Liverpool Akan Rugi Secara Finansial

The Reds bakal kehilangan uang sebesar Rp. 331 miliar

Masa depan Philippe Coutinho di Barcelona kini menjadi sorotan usai performanya yang tak sesuai dengan harapan. Dalam laga terakhir Barca di La Liga melawan Rayo Vallecano, ia bahkan mendapatkan cemoohan dari fans akibat performanya yang dinilai buruk. Hal ini pun tak lepas dari statusnya sebagai pemain termahal Barcelona saat didatangkan dari Liverpool.

Kini sang pemain santer dikabarkan sudah tak lagi betah di Camp Nou dan ingin kembali ke Liga Inggris. Namun bukan kembali reuni dengan Liverpool, melainkan ke Manchester United. Klub asuhan Ole Gunnar Solksjaer tersebut dikabarkan menginginkan jasa pemain asal Brasil tersebut. Jika transfer ini kemudian terealisasikan, Liverpool justru yang akan mengalami kerugian. Kenapa? Berikut ulasannya.

1. Liverpool bakal kehilangan Rp331 miliar

Jika Coutinho Gabung MU, Liverpool Akan Rugi Secara Finansialliverpoolecho.co.uk

Coutinho bergabung dengan Barcelona pada tahun 2018 lalu dengan banderol 120 juta euro, dan tercatat sebagai pemain termahal yang pernah didatangkan Blaugrana. Sayangnya, performanya akhir-akhir ini justru mengalami penurunan. Ia telah puasa gol di La Liga sejak bulan Oktober lalu. Masa depannya pun kini semakin diragukan dan berpotensi hengkang di akhir musim ini.

MU dikabarkan menjadi klub yang paling berpotensi untuk menjadi tujuan karier selanjutnya bagi Coutinho. Jika benar adanya transfer ini terjadi, The Mirror melaporkan Liverpool akan merugi secara finansial. Tidak tanggung-tanggung, The Reds bakal kehilangan dana sebesar 17,6 juta euro (Rp. 331 miliar).

Hal itu merupakan pembayaran bonus dari klausul kontrak yang membawa Coutinho ke Barcelona. Klausul tersebut berisi bahwa Liverpool akan mendapatkan bonus sebesar 4,2 juta untuk setiap 25 penampilan Coutinho di La Liga, tambahan bonus sebesar 4,4 juta paun jika Barcelona mampu menjuarai Liga Champions dan 4,4 juta paun lagi jika Barca juara La Liga atau berada di posisi empat besar.

Namun semua klausul ini bakalan tidak berlaku jika kemudian Coutinho hengkang musim depan ke MU.

Baca Juga: Dicemooh Publik Camp Nou, Coutinho Bakal Tinggalkan Barcelona?

2. MU berani tebus mahal Coutinho dari Barcelona

Jika Coutinho Gabung MU, Liverpool Akan Rugi Secara Finansialsportbible.com

Coutinho sebenarnya sudah menjadi incaran MU sejak dirinya masih berseragam Liverpool. Namun mereka gagal memboyongnya dan lebih memilih Barcelona. Kini peluang untuk mengembalikannya ke liga Inggris kembali terbuka dan MU dikabarkan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Mereka bahkan siap untuk menggelontorkan dana besar demi membawa sang pemain ke Old Trafford. Barcelona sendiri kabarnya tak keberatan untuk melepas Coutinho, asalkan ada klub yang mau membayarnya sebesar 105 juta paun. The Red Devil sendiri tidak mempermasalahkan harga tersebut dan siap memboyongnya di jendela transfer musim depan.

3. Statistik performa Philippe Coutinho

Jika Coutinho Gabung MU, Liverpool Akan Rugi Secara Finansialscorenga.co.uk

Sejak hijrah ke Camp Nou pada tahun 2018, Coutinho telah bermain dalam 61 laga bersama Barcelona dengan catatan 18 gol dan 11 assist. Sayangnya, ia kini kalah bersaing dengan Ousmane Dembele di lini serang Blaugrana. Sehingga lebih sering tampil dari bangku cadangan.

Liga Inggris sendiri sudah tidak asing bagi Coutinho karena pernah membela Liverpool selama lima musim. Sepanjang waktu tersebut, dia telah bermain dalam 152 laga di Liga Inggris dengan catatan 41 gol dan 37 assist. Jika bergabung dengan MU, ia akan diplot sebagai pengganti Alexis Sanchez yang gagal bersinar. Akankah transfer ini terealisasikan?

Baca Juga: Arsenal vs Manchester United: Tuan Rumah Tidak Dalam Kondisi Baik

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya