Bergaji Tinggi, Inilah Jumlah Pajak yang Wajib Dibayar Alexis Sanchez

Banyak juga ya, tapi sebanding sih sama penghasilan yang didapat!

Transfer Liga Inggris masih dihebohkan dengan kepindahan pemain Arsenal, Alexis Sanchez menuju Manchester United. Sang pemain kini telah resmi berseragam MU dengan kontrak 4,5 tahun dan disana dia akan menggunakan nomor keramat 7 yang pernah digunakan David Beckham dan Cristiano Ronaldo yang menjadi ikon sepak bola modern.

Tak hanya itu saja, Sanchez pun akan mendapatkan gaji yang sangat tinggi di MU. Kini dia menjadi pemain yang mendapatkan gaji tertinggi Liga Inggris.

Namun disisi lain tentunya sang pemain pun diwajibkan membayar pajak kepada negara dan hal tersebut pun akan sama tingginya dengan pendapatannya. Berapakah pembayaran pajaknya? Yuk cari tahu.

1. Mendapatkan bayaran 600.000 Pound atau kurang lebih Rp 10 milliar per minggunya

Bergaji Tinggi, Inilah Jumlah Pajak yang Wajib Dibayar Alexis Sanchezskysports.com

Sanchez yang berasal dari Chile akan menjadi pemain pertama yang membela MU dari negara Amerika Selatan tersebut. Pemain yang ditukar dengan Henrikh Mkhitaryan ini menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Liga Inggris.

Dia mendapatkan gaji 600.000 Pound per minggunya. Jika 1 Pound sama dengan Rp. 18.000 tinggal dikalikan saja berapa yang dia dapat. Tinggi banget bukan?

Gajinya ini mengalahkan rekan barunya di MU, Paul Pogba yang dibayar 280.000 Pound per minggunya. Pogba sendiri sebelumnya merupakan pemain yang bergaji paling tinggi di Liga Inggris.

Namun para pemain sepak bola pun tak lepas dari pajak yang diwajibkan oleh negara dan terkadang inilah yang menjadi permasalahan bagi sebagian para pesepak bola. Bahkan Lionel Messi pun pernah tersandung urusan yang satu ini.

2. Inilah hitungan pendapatannya setelah dipotong pajak standar

Bergaji Tinggi, Inilah Jumlah Pajak yang Wajib Dibayar Alexis Sanchezjustgiving.com

Scott Gallacher yang merupakan penasihat Rowley Turton Private Wealth Management mencoba untuk merincikan tentang penghasilan Sanchez dari gajinya yang tinggi tersebut beserta pembayaran pajaknya. Dengan gaji 600.000 Pound per minggunya maka Sanchez akan mendapatkan 32,2 juta Pound per tahunnya setelah dipotong pajak sebesar 318,205 Pound per minggunya.

Dengan hitungan tersebut maka Sanchez dibayar sebesar 45.457 Pound atau kurang lebih  Rp.818.000.000 per harinya (£1.894 per jam, £31,56 per menit). Luar biasa bukan?

Mr. Gallacher mengasumsikan pendapatan tersebut setelah dipotong dengan pajak standar yang harus Sanchez bayar. Meski semakin sulit, mungkin ada cara-cara di mana dia bisa secara sah membatasi sebagian dari kewajibannya tersebut.

3. Perhitungan pembayaran pajaknya bikin geleng-geleng kepala

Bergaji Tinggi, Inilah Jumlah Pajak yang Wajib Dibayar Alexis Sanchezsportinglife.com

Pendapatan Sanchez memang sangat luar biasa, tapi begitu juga dengan jumlah pembayaran pajaknya. Jika kebanyakan dari warga negara di Inggris memiliki tunjangan bebas pajak sebesar £11.500, maka hal tersebut tidak berlaku bagi Sanchez.

Tunjangannya akan dikurangi £1 untuk setiap £2 dari pendapatannya yang lebih dari £ 100.000, yang berarti keseluruhan gajinya akan dikenakan pajak. Menurut perhitungan Gallacher, total pembayaran pajak yang akan dibayar oleh Alexis Sanchez adalah sebesar lebih dari 14 juta Pound tiap tahunnya.

Menurut situs ONE, sebuah kelompok kampanye, lebih dari sepertiga dari jumlah itu (£ 5 juta) akan digunakan untuk kesejahteraan dan pensiun. Sanchez juga akan memberikan kontribusi 18pc pajaknya, dengan total £ 2,5 juta, ke sistem perawatan kesehatan setiap tahun dan 13pc, atau £ 1.7m, untuk pendidikan. Sebesar £ 120,761 akan digunakan untuk bantuan luar negeri.

Sanchez juga akan membayar £ 627.524 per tahun untuk kontribusi asuransi nasional. Meskipun pengeluarannya besar, Sanchez tidak mungkin menerima dana pensiun dari negara Inggris - biasanya dipandang sebagai imbalan untuk membayar NI (National Insurance)

Hal ini dikarenakan seorang pekerja harus membayar asuransi nasional untuk jangka waktu minimal 10 tahun agar memenuhi syarat untuk pensiun negara. Sanchez masuk Arsenal pada 2014, jadi kecuali dia bermain untuk klub Inggris selama enam tahun lagi  maka dia bisa mendapatkan dana pensiun tersebut.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya