Comscore Tracker

Kalah dari Levante, Peluang Barcelona untuk Lolos Masih Terbuka Lebar

Leg kedua akan berlangsung di Nou Camp

Babak 16 besar Copa del Rey kembali menciptakan sebuah kejutan. Setelah Real Madrid tumbang di tangan Real Sociedad, kini giliran Barcelona yang harus menyerah dari Levante dengan skor 2-1 Jumat dinihari (11/01)

Levante mampu membuat dua gol cepat di babak pertama melalui gol Erick Cabaco (4') dan Borja Mayoral (18'). Sedangkan satu gol Barceloona dicetak oleh Phillipe Coutinho di menit ke-85 melalui titik penalti.

Meski kalah, peluang anak asuh Ernesto valverde masih terbuka lebar karena leg kedua akan berlangsung di kandang kebesaran mereka, Nou Camp.

1. Gol cepat Levante langsung runtuhkan mental Barcelona

Kalah dari Levante, Peluang Barcelona untuk Lolos Masih Terbuka LebarGetty Image

Bertandang ke Ciutat de Valencia, Barcelona tampil tanpa punggawa andalannya seperti Luis Suarez, Gerard Pique dan Lionel Messi. Valverde lebih memilih untuk merotasi hampir separuh skuadnya dan mengandalkan trio Coutinho-Dembele-Malcolm sebagai ujung tombaknya.

Hal ini harus dibayar mahal saat Levante berhasil menjebol gawang Jasper Cillesen dua kali hanya dalam kurun waktu 20 menit. Gol pertama Levante berhasil diciptakan di menit ke-4 saat Erick Cabaco berhasil menyundul bola hasil umpan free kick Rochina. Belum sempat bangkit, Barcelona justru dikejutkan oleh gol kedua Levante yang diciptakan oleh tendangan pendek Borja Mayoral di menit ke-18.

Barcelona mencoba memperkecil keadaan namun hingga babak pertama selesai tak ada satu pun gol tercipta. El Barca mencoba bangkit dengan memasukan Sergio Roberto, Clement Lenglet dan Denis Suarez di babak kedua. Meski mampu menguasai bola hingga 63 persen, Barcelona tetap kesulitan untuk mencetak gol hingga Denis Suarez kemudian dijatuhkan pemain bertahan Levante di kotak penalti pada menit ke-84.

Coutinho yang maju sebagai eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya. Levante sendiri bermain cukup impresif dengan melakukan 12 tendangan ke gawang Barcelona, terpaut dua angka dari Barcelona yang menciptakan 14 peluang. Hingga peluit akhir laga, Levante mampu mempertahankan keunggulannya.

Baca Juga: Rangkuman La Liga Pekan 18, Barcelona Berhasil Jauhi Para Pesaingnya

2. Peluang lolos ke perempat final masih terbuka lebar

Kalah dari Levante, Peluang Barcelona untuk Lolos Masih Terbuka Lebar.fcbarcelona.com

Meski kalah, peluang Barcelona untuk lolos ke babak perempat final Copa del Rey masih terbuka lebar di leg kedua nanti. El Barca minimal butuh kemenangan dengan skor 1-0 untuk bisa melenggang lolos.

Leg kedua sendiri akan berlangsung di Camp Nou tanggal 18 Januari nanti. Barcelona tentunya akan bermain dengan kekuatan penuh untuk membalaskan kekalahan malam tadi. Blaugrana sendiri sebelumnya berhasil membungkam Levante di kandangnya sendiri di ajang La Liga dengan skor 0-5.

Lionel Messi menjadi bintang dalam laga tersebut dengan mencetak hat-trick. Valverde tentunya akan mengeluarkan permainan terbaiknya demi mengejar treble winner  di musim ini. Saat ini Barcelona sendiri masih berdiri kokoh di puncak klasemen La Liga dengan keunggulan lima poin dari Atletico Madrid. Sedangkan di ajang UCL mereka telah memastikan lolos ke babak 16 besar dan akan melawan Olympique Lyon.

3. Akan hadapi Eibar di pekan ke-19 La Liga tiga hari kemudian

Kalah dari Levante, Peluang Barcelona untuk Lolos Masih Terbuka Lebarfcbarcelona.com

Usai kekalahan ini, Barcelona harus segera fokus kembali demi menghadapi pekan ke-19 La Liga yang akan dihelat akhir pekan ini. Upaya Barcelona untuk terus mempertahankan posisinya di puncak tampaknya tak akan terlalu sulit, karena mereka hanya akan menjamu Eibar yang berada di posisi ke-13 di Camp Nou.

Apalagi Barcelona hampir mengisitirahatkan sebagian besar pemain intinya di laga Cop del Rey tadi malam. Duet Lionel Messi dan Luis Suarez akan kembali meneror para lawannya dimana kedua pemain total telah mencetak 28 gol di ajang La Liga musim ini.

4. Cuplikan laga

https://www.youtube.com/embed/PwzNel--684

Susunan pemain:

Levante (3-4-1-2): Aitor; Cabaco, Postigo, Chema (Jason 69'); Coke, Prcic, Campana, Simon; Rochina (Doukoure 75'); Boateng (Morales 62'), Mayoral.

Barcelona (3-4-3): Cillessen; Semedo, Murillo, Brandariz (Lenglet 58'), Miranda (Sergi Roberto 46'); Vidal, Busquets, Alena; Malcom (Denis Suarez 67'), Dembele, Coutinho.

Baca Juga: Real Madrid Menang di Copa del Rey, Bernabeu Malah Sepi Penonton

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You