Kalah Dari Red Star Belgrade, Peluang Liverpool di UCL Semakin Tipis

Mampukah Liverpool lolos?

Secara mengejutkan, tim favorit juara Liga Champions musim ini, Liverpool harus kalah dari klub asal Serbia, Red Star Belgrade dengan skor 2-0 Rabu dinihari tadi (07/11/2018). Dua gol Milan Pavkov berhasil bersarang ke gawang The Reds di menit ke-22 dan ke-29.

Hasil ini pun membuat perjuangan Liverpool di grup C akan semakin sulit dengan dua laga tersisa.

1. Kejutan Milan Pavkov di babak pertama

Kalah Dari Red Star Belgrade, Peluang Liverpool di UCL Semakin Tipisuefa.com

Liverpool turun dengan formasi favoritnya 4-3-3 dengan menempatkan Salah-Sturridge-Mane sebagai ujung tombaknya, sedangkan Red Star memilih strategi memperkuat lini tengah dengan formasi 4-2-3-1.

Bermain di kandang sendiri, Rajko Mitic Stadium, Red Star mampu tampil spartan semenjak menit pertama. Kedua tim saling bertukar serangan, namun hingga menit ke-20 tak ada satu gol pun yang bersarang.

Kejutan baru terjadi di menit ke-22, saat Milan Pavkov berhasil memaksimalkan umpan Marin dari tendangan pojok melalui sundulannya. Kejutan belum selesai, tujuh menit kemudian, Milan Pavkov kembali mencetak gol indah dari luar kotak penalti yang gagal ditepis Alisson Becker. Red Star pun unggul 2-0 hingga peluit babak pertama berakhir.

Baca Juga: Hasil Lengkap Liga Champions Rabu Dini Hari

2. Upaya Liverpool mengejar ketertinggalan

Kalah Dari Red Star Belgrade, Peluang Liverpool di UCL Semakin Tipistheguardian.com

Di babak kedua, Jurgen Klopp langsung memasukan dua pemainnya, Roberto Firmino dan Joe Gomez untuk menggantikan Daniel Sturridge dan Alexander-Arnold yang tampil kurang maksimal.

Liverpool pun semakin garang memborbardir lini belakang Red Star Belgrade yang dijaga Vujadin Savić dkk. Sayangnya upaya Mohamed Salah untuk mencetak gol selalu berhasil diblok oleh penjaga gawang yang tampil luar biasa, Milan Borjan.

The Reds sendiri menguasai 72% jalannya pertandingan dan berhasi melepaskan 23 tendangan ke arah gawang lawan, namun tak ada satu pun yang berbuah gol. Hingga pertandingan berakhir, Liverpool tak mampu mencetak satu pun gol dan harus menerima kekalahan keduanya musim ini di Liga Champions.

3. Liverpool terlalu meremehkan Red Star Belgrade

Kalah Dari Red Star Belgrade, Peluang Liverpool di UCL Semakin Tipistheguardian.com

Pelatih Liverpool menyebutkan jika mereka terlalu menganggap remeh lawannya sebagai sebab kekalahan. Hasil ini menjadi kekalahan ketiga beruntun mereka dalam laga tandang di Liga Champions, setelah sebelumnya kalah di kandang Napoli dan AS Roma.

"Mereka tampil agresif. Kami terlalu menganggap remeh Belgrade. Inilah masalah utamanya. Mereka memang layak menang dengan passion bermain yang mereka tampilkan. Mereka mengeluarkan segala kemampuannya," ujar Jürgen Klopp

4. Peluang Liverpool untuk lolos semakin tipis

Kalah Dari Red Star Belgrade, Peluang Liverpool di UCL Semakin Tipistheguardian.com

Dengan hasil ini, Liverpool pun harus melorot ke posisi kedua klasemen grup C dengan 6 poin, karena di laga lainnya Napoli harus bermain imbang melawan PSG dengan skor 1-1. Semua tim masih berpeluang untuk lolos, termasuk Red Star Belgrade yang berada di posisi buncit dengan 4 poin.

Napoli sendiri berada di puncak klasemen dengan 6 poin, unggul head to head dari Liverpool, sedangkan PSG berada di posisi ketiga dengan mengumpulkan 5 angka.

Perjuangan Liverpool untuk bisa lolos dari fase grup pun akan semakin berat karena di dua laga terakhir mereka harus bertandang ke kandang PSG (29/11) dan menjamu Napoli di laga terakhir grup (12/12). Jika ingin lolos, tentunya anak asuh Jurgen Klopp harus mampu memenangkan dua laga berat tersebut.

5. Berikut cuplikan golnya

https://www.youtube.com/embed/MKFh3Emivpk

Hasil ini pun membuat persaingan di grup C semakin seru. Siapakah yang akan lolos ke babak selanjutnya?

Baca Juga: Liga Super Eropa, Bisa Jadi Akhiri Eksistensi Liga Champion

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya