Kalah dari Southampton, Rekor Tak Terkalahkan Arsenal Pun Pupus

Berhenti di angka 22 laga

Rekor tak terkalahkan Arsenal dalam 22 laga beruntun akhirnya harus terhenti di pekan ke-17. Anak asuh Unay Emery harus menyerah di tangan tim papan bawah Southampton dengan skor 3-2 pada Minggu malam (16/12)

Tiga gol tim tuan rumah dicetak oleh Danny Ings (20', 44') dan Charlie Austin (85') sedangkan dua gol Arsenal tercipta dari gol Henrikh Mkhitaryan (28', 53'). Akibat kekalahan ini Arsenal pun harus tertahan di posisi ke-5 dengan 34 poin, tertinggal tiga angka dari Chesea yang berada satu peringkat diatasnya.

1. Dany Ings cetak brace di babak pertama bagi Southamtpon

Kalah dari Southampton, Rekor Tak Terkalahkan Arsenal Pun Pupustwitter.com/premierleague

Southamtpon yang ingin keluar dari jerat degradasi bermain militan sejak awal laga, terbukti mereka berhasil tampil efektif di babak pertama. Soton berhasil membuka keran gol setelah Dany Ings berhasil mencetak gol melalui sundulan kepala di menit ke-20.

Arsenal tak tinggal diam, delapan menit kemudian mereka berhasil membalas gol lawan juga melalui sundulan yang dicetak oleh Henrikh Mkhitaryan setelah mendapatkan umpan cantik dari Nacho Monreal.

Namun sebelum istirahat babak pertama, Soton kembali unggul melalui gol kedua Dany Ings yang lagi-lagi tercipta melalui sundulan kepala. Soton pun unggul 2-1 di babak pertama.

Baca Juga: Tahan Imbang Arsenal, Mourinho: Para Pemain Tunjukkan Sikap Fantastis

2. Arsenal coba bangkit, namun Southamtpon lebih bermain efektif

Kalah dari Southampton, Rekor Tak Terkalahkan Arsenal Pun Pupustwitter.com/premierleague

Usai jeda, Arsenal mencoba meningkatkan serangan untuk menyamakan kedudukan. Delapan menit babak kedua berjalan, Henrikh Mkhitaryan berhasil mencetak brace, kali ini Alexandre Lacazette yang berhasil memberikan umpan bagi mantan pemain Manchester United tersebut.

Penguasaan bola sepanjang laga tak menjamin sebuah kemenangan. Arsenal yang menguasai 67 persen bola justru harus kecolongan pada menit ke-85 setelah Charlie Austin tampil sebagai pahlawan Soton melalui gol yang dia cetak.

Di sisa laga kedudukan 3-2 pun berakhir untuk kemenangan Southamtpon. Dengan hasil ini Soton berhasil keluar dari jurang degradasi dan menghuni posisi ke-17. Sedangkan Arsenal tetap tertahan di posisi 5.

3. Rekor tak terkalahkan The Gunners terhenti

Kalah dari Southampton, Rekor Tak Terkalahkan Arsenal Pun Pupustwitter.com/premierleague

Rekor Arsenal yang sebelumnya tak terkalahkan dalam 22 laga di semua kompetisi musim ini akhirnya sirna. Dengan kekalahan ini, selisih mereka dengan pemuncak klasemen, Liverpool pun semakin menjauh dengan 11 poin. Sedangkan dengan Chelsea yang beradaa di posisi ke-4 sebagai batas terakhir tiket Liga Champions menjadi 3 angka.

Kekalahan ini cukup mengecewakan bagi Arsenal, pasalnya mereka harus kalah dari tim yang notabene berada di zona degradasi dan baru mendapatkan pelatih baru. Meski begitu Arsenal harus segera melupakan kekalahan tersebut dan move on untuk berkonsentrasi dengan laga-laga selanjutnya yang masih tersisa setengah musim lagi. 

Hal ini pun diungkap oleh salah satu striker Arsenal Alex Iwobi dalam sebuah wawancara setelah laga.

"Saya kira kami tidak berkonsentrasi sepanjang 90 menit. Kami tidak bertahan dengan baik sebagai kelompok. Ini adalah sesuatu yang harus kami hilangkan dan terus berjalan. Kami tidak bisa membiarkan kepala kami tertunduk dari kekalahan ini. Kami harus menatap ke pertandingan berikutnya."

4. Emery: Jika kami seperti ini, kami tak akan bisa finish di posisi empat besar

Kalah dari Southampton, Rekor Tak Terkalahkan Arsenal Pun Pupustwitter.com/Arsenal

Kekecewaan pun tampak pada pelatih The Gunners, Unay Emery. Menurutnya Arsenal seharusnya tak mengalami kekalahan pada laga melawan Soton. Padahal sebelumnya mereka berhasil menang atas tim papan atas Tottenham dan berhasil menahan imbang Liverpool dan Man United.

Jika mereka terus tampil seperti laga semalam, menurutnya akan sangat sulit untuk bisa finish di posisi 4 besar di akhir musim, apalagi tim-tim diatasnya bermain dengan level tertinggi.

"Levelnya sangat tinggi dengan tim-tim lain. Jika kami gagal menang dalam pertandingan seperti hari ini, kami tak akan bisa berada di empat besar karena tim-tim lain biasanya menang," cetus Emery.

"Kami harus terus melangkah dengan cara kami sendiri, tapi tak akan mudah mencapai empat besar. Tim lain bermain dengan level tinggi dan kami harus sangat-sangat bekerja keras," 

5. Cuplikan laga

https://www.youtube.com/embed/svt8ZoKXtZY

Arsenal (4-3-3): Bernd Leno; Hector Bellerin (Alexandre Lacazette 46'), Stephan Lichtsteiner (Ainsley Maitland-Niles 74'), Laurent Koscielny, Nacho Monreal; Lucas Torreira, Granit Xhaka, Matteo Guendouzi; Henrikh Mkhitaryan, Pierre-Emerick Aubameyang, Alex Iwobi (Mesut Ozil 70').

Southampton (3-4-3): Alex McCarthy; Maya Yoshida, Jannik Vestergaard, Jan Bednarek; Matt Targett, Oriol Romeu, Per-Emile Hojbjerg, Yan Valery; Stuart Armstrong (Tyreke Johnson 90'), Danny Ings (Charlie Austin 71'), Nathan Redmond (Shane Long 63').

Baca Juga: Cedera Parah, Bek Arsenal Absen Hingga Akhir Musim

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya