Kalahkan Chelsea, Manchester United Lolos ke Perempat Final FA Cup

Akan hadapi Wolves di babak perempat final FA Cup

Klub asal Manchester lagi-lagi menjadi mimpi buruk bagi Chelsea. Usai dikalahkan telak dengan setengah lusin gol oleh Man City, kini Chelsea dibungkam Man United dengan skor 0-2 di Stamford Bridge di babak kelima FA Cup pada Selasa dinihari (19/02). 

Dua gol The Red Devils tercipta di babak pertama melalui Ander Herrera (31') dan Paul Pogba (45'). Dengan hasil ini, Man United dipastikan lolos ke babak perempat final menyeusul tim tetangganya, Man City yang telah lolos lebih dulu. Sedangkan langkah Chelsea harus terhenti dan menjadi kabar buruk bagi Maurizio Sarri.

1. Usai kecewa di Liga Champions, Paul Pogba buktikan diri di Stamford Bridge

Kalahkan Chelsea, Manchester United Lolos ke Perempat Final FA Cuptwitter.com/ManUtd

Man United datang ke Stamford Bridge dengan bekal kekalahan dari PSG di Liga Champions. Di sisi lain, Chelsea menjamu MU dengan rasa optimistis usai raih kemenangan di Liga Eropa. Meski begitu, MU tampil dominan sejak menit awal.

Deretan serangan beruntun melalui tembakan Chris Smalling, Ander Herrera, dan Marcus Rashford berhasil digagalkan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. Chelsea nyaris mencetak gol setelah umpan silang dari Cesar Azpilicueta di menit ke-17 mengarah tepat kepada Gonzalo Higuain yang berdiri bebas di kotak penalti MU. Sayang, sundulannya justru melebar di samping gawang Romero.

MU akhirnya memecah kebuntunan di menit ke-31. Umpan silang Paul Pogba berhasil disundul Ander Herrera menjadi sebuah gol. Chelsea mencoba bangkit untuk samakan kedudukan melalui duet Hazard-Higuain, namun seranga keduanya selalu berhasil digagalkan barisan belakang MU.

Alih-alih mencetak gol, Chelsea justru kembali kebobolan di menit ke-44. Paul Pogba lagi-lagi menjadi aktor terlahirnya gol MU, kali ini sundulan pemain Prancis tersebut yang menjebol gawang Arrizabalaga. Hal ini menjadi pembukitan kebangkitan sang pemain usai tampil mengecewakan saat hadapi PSG akibat kartu merahnya.

Di babak kedua Chelsea terus menggempur gawang MU untuk ciptakan gol balasan. Sayangnya, hingga laga usai skor 0-2 untuk MU tetap bertahan dan menghentikan langkah Chelsea di ajang FA Cup.

Baca Juga: Arab Saudi Bantah Rencana Akuisisi Man United oleh Mohammad bin Salman

2. Solksjaer: Ini adalah kemenangan yang luar biasa!

Kalahkan Chelsea, Manchester United Lolos ke Perempat Final FA Cuptwitter.com/ManUtd

Hasil ini menjadi kemenangan kesebelas Solksjaer dari 13 laga yang telah dia jalani sebagai pelatih Man United. Satu pekan sebelumnya Solksjaer alami kekalahan perdananya usai ditekuk PSG dengan skor 0-2 di Old Trafford. Timnya sempat dikritik karena gagal mengeluarkan permainan seperti biasanya, bahkan dalam laga tersebut mereka kehilangan Jese Lingard dan Martial yang alami cedera, serta Paul Pogba yang diganjar kartu merah.

Namun Setan Merah berhasil langsung bangkit dari hasil mengecewakan tersebut. Solksjaer menyatakan jika kemenangan atas Chelsea ini sangatlah penting bagi mereka. Dia pun memuji anak asuhnya yang bermain fantastis. Juan Mata yang berhasil mematikan pergerakan Jorginho, Paul Pogba yang membuat satu assist dan satu gol dan Ander Herrera yang bermain apik, serta terpilih sebagai man of the match dalam laga tersebut.

"Kami mendapat kritik setelah pertandingan PSG dan semua pemain melakukan apa yang kami minta malam ini. Penampilan malam ini luar biasa, taktik kami berhasil."

"Kami meminta gelandang kami untuk menekan lebih tinggi dan masuk ke dalam kotak dan itu berhasil. Pertahanan di babak kedua sangat fantastis. Ini adalah hasil yang luar biasa," ungkap Solksjaer.

 

3. Akan hadapi Wolverhampton di babak perempat final FA Cup

Kalahkan Chelsea, Manchester United Lolos ke Perempat Final FA Cuptwitter.com/ManUtd

Hasil undian babak keenam atau perempat final FA Cup akan mempertemukan Man United dengan Wolverhampton, yang berhasil kalahkan Bristol di babak kelima kemarin. Man United memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi juara di ajang FA Cup musim ini.

Selain MU, tim besar yang lolos ke babak perempat final hanyalah Man City. Sisanya diisi oleh tim papan tengah EPL, Wolverhamtpon dan Watford,  dan tim kasta kedua Liga Inggris seperti Milwall dan Brighton.

Ini menjadi kesempatan besar, mengingat Solksjaer yang pernah menyuarakan jika targetnya musim ini adalah menjuarai salah satu ajang yang dilakoninya. Di Liga Inggris peluangnya sangatlah kecil. Saat ini mereka berada di posisi empat dengan selisih angka 14 poin dari Man CIty di puncak klasemen. Sedangkan perjuangan mereka di babak 16 besar Liga Champions tak kalah berat. MU harus menang dengan skor 3-0 di leg kedua nanti di kandang PSG jika ingin lolos ke babak selanjutnya.

Mampukah Man United meraih targetnya musim ini?

Baca Juga: Janggal! Kanal TV Iran Sensor Logo Setan Merah Manchester United

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya