Comscore Tracker

Kalahkan Kroasia, Inggris Lolos Ke Semifinal UEFA Nations League

Ingggris berhasil comeback!

The three lions secara dramatis mampu membalaskan kekalahan mereka di semifinal Piala Dunia 2018 atas Kroasia. Minggu malam (18/11/2018) Inggris mampu mengalahkan Kroasia dengan skor 2-1 di Wembley Stadium melalui aksi comeback Jesse Lingard (78') dan Harry Kane (85'), setelah terlebih dahulu tertinggal oleh gol Andrej Kramarik di menit ke-57.

Hasil ini pun membuat Inggris menjadi tim di grup 4 Liga A yang lolos ke babak semifinal UEFA Nations League di musim perdananya.

1. Laga berlangsung sengit

Kalahkan Kroasia, Inggris Lolos Ke Semifinal UEFA Nations Leaguetwitter.com/rubey_lcheek

Menjadi laga penentu, kedua tim mengeluarkan kemampuan terbaik mereka sepanjang pertandingan. Inggris turun dengan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan Sterling-Kane-Rashford di lini depan. Sedangkan Kroasia menggunakan formasi 4-2-3-1, minus Ivan Rakitic yang mengalami cedera.

Kedua tim sudah bermain dengan tempo tinggi dan terbuka semenjak awal laga. Inggris mampu menguasai laga dengan penguasaan bola 62 persen dan Kroasia hanya mampu mengandalkan serangan-serangan balik berbahaya melalui Luca Modric dan Ivan Perisic.

Drama seru terjadi di babak kedua saat serangan balik cepat Kroasia mampu dimaksimalkan Andrej Kramaric di menit 57 menjadi sebuah gol berkat aksi individunya di muka gawang Inggris.

Garet Southgate merespon dengan memasukan tiga pemain berkarakter cepat, Dele Alli, Jesse Lingard dan Jadon Sancho untuk meningkatkan serangan. Hasilnya baru terlihat di menit ke-78 saat sontekan Jesse Lingard berhasil menjebol gawang Kroasia. Tujuh menit kemudian mimpi buruk menimpa Kroasia saat Harry Kane mampu mencetak gol kemenangan Inggris.

Kroasia sempat menciptakan peluang-peluang emas di sisa pertandingan, sayangnya tak ada satu pun yang bisa menjadi gol. Kedudukan 2-1 bertahan hingga akhir laga dan Inggris berhasil membalaskan dendam kekalahan mereka di semifnal Piala Dunia 2018 kemarin dengan skor yang sama 2-1.

Baca Juga: UEFA Nations League: Tahan Imbang Italia, Portugal Lolos Ke Semifinal

2. Dukungan luar biasa di Wembley Stadium

Kalahkan Kroasia, Inggris Lolos Ke Semifinal UEFA Nations Leaguetwitter.com/J_Gomez97

Dengan hasil ini maka Inggris dipastikan lolos ke babak semifinal setelah mampu mengumpulkan 7 poin, unggul satu angka dari Spanyol di urutan kedua. Sedangkan Kroasia hanya memiliki 4 angka dan harus rela turun kasta ke Liga B.

Laga di Wembley Minggu malam kemarin (19/11/18) menjadi laga yang menegangkan bagi kedua tim karena menjadi laga penentu hidup dan mati kedua tim di ajang Nations League. Namun dukungan fans yang bergemuruh di stadion menjadi salah satu penyemangat yang luar biasa bagi timnas Inggris dan hal ini diakui oleh Harry Kane dan Garreth Southgate.

Saya belum pernah melihat (Wembley) seperti ini sepanjang mengenakan jersey timnas Inggris. Kami sangat menikmatinya dan kuharap begitu juga para fans.
Yang paling penting adalah hubungan dengan para fans. Energi yang kembali ke tubuh tim pada masa-masa sulit sangat mampu membantu kami menang.

3. Inggris Menuju semifinal, footbal's coming home

Kalahkan Kroasia, Inggris Lolos Ke Semifinal UEFA Nations Leaguetwitter.com/JesseLingard

Kemenangan ini pun menjadikan Inggris negara kedua yang berhasil lolos ke babak semifinal setelah Portugal. Swiss pun menyusul setelah dinihari tadi juga berhasil mengalahkan Belgia dengan skor 5-2. Satu tempat tersisa akan diperebutkan Belanda dan Prancis di grup 1.

Kemenangan Inggris ini pun mengembalikan slogan 'footbal's coming home' bergema di tanah Inggris. Pelatih Kroasia, Zlatco Dalic percaya bahwa hal tersebut akan segera terjadi. Kemenangan ini pun membuka peluang Inggris untuk meraih trofi bergengsi pertamanya sejak Piala Dunia 1966.

Babak semifinal sendiri akan digelar di bulan Juni 2019 setelah liga-liga Eropa usai. Hal ini tentunya membuat tim-tim semifinalis memiliki waktu yang cukup banyak untuk kembali melakukan persiapan.

4. Cuplikan laga

https://www.youtube.com/embed/-ie_y0QVsr0

Inggris (4-3-3): 1-Jordan Pickford; 2-Kyle Walker, 6-John Stones, 5-Joe Gomez, 3-Ben Chilwell; 8-Fabian Delph (14-Jesse Lingard 73'), 10-Raheem Sterling, 11-Marcus Rashford (17-Jadon Sancho 73'), 4-Eric Dier; 7-Ross Barkley (20-Dele Alli 63'); 9-Harry Kane

Pelatih: Gareth Southgate

Kroasia (4-2-3-1): 12-Lovre Kalinic; 21-Domagoj Vida, 6-Dejan Lovren, 2-Sime Vrsaljko (3-Antonio Milic 26'), 16-Tin Jedvaj; 10-Luka Modric, 11-Marcelo Brozovic; 4-Ivan Perisic, 8-Nikola Vlasic (17-Marko Rog 79'), 18-Ante Rebic (7-Josip Brekalo 46'); 9-Andrej Kramaric

Pelatih: Zlatko Dalic.

Baca Juga: Rekap UEFA Nations League A: Jerman yang Merana, Auman Inggris Muda

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You