Comscore Tracker

5 Kiper Terbaik Dunia yang Paling Sering Dibobol Ronaldo

CR7 jadi mimpi buruk semua kiper

Hampir dua dekade terakhir, sepak bola dunia selalu menyorot sepak terjang Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal itu dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah ada. Ini memang tidak bisa dimungkiri karena deretan prestasi dan rekor yang sudah dia pecahkan selama ini.

Kini, di usianya yang telah menginjak 36 tahun, sang pemain bahkan tak kehilangan insting golnya. Sudah banyak penjaga gawang yang menjadi korban ketajamannya, termasuk mereka yang dianggap terbaik di dunia. Berikut ini adalah 5 kiper terbaik dunia paling sering dibobol Cristiano Ronaldo.

1. Gianluigi Buffon - 10 gol

5 Kiper Terbaik Dunia yang Paling Sering Dibobol Ronaldopotret Cristiano Ronaldo dan Gianluigi BUffon (bleacherreport.com)

Gianluigi Buffon dihormati secara luas sebagai salah satu penjaga gawang terhebat dalam sejarah. Di usianya yang telah 43 tahun, dia tetap kuat hingga hari ini meskipun hari-hari terbaiknya telah lama berlalu. Ini merupakan pencapaian yang cukup besar mengingat sebagian besar pemain telah pensiun di akhir usia 30-an. Pencapaian terbaik Buffon adalah gelar Piala Dunia 2006.

Telah banyak pemain berkelas dunia yang dihadapi Buffon, namun Cristiano Ronaldo adalah mimpi terburuk. Keduanya telah berhadapan sebanyak 8 kali baik di level klub atau timnas, dan Buffon sudah 10 kali dibobol  Ronaldo. Gol yang paling ikonik tentu tendangan salto Ronaldo di babak final Liga Champions 2018.

2. Thibaut Courtois - 10 gol

5 Kiper Terbaik Dunia yang Paling Sering Dibobol Ronaldopotret Cristiano Ronaldo dan Thibaut Courtois (twitter.com/TeamCRonaldo)

Dari bukan siapa-siapa di Genk pada 2011, Courtois kini menjadi salah satu kiper terbaik di Eropa. Dia membuat kesan luar biasa saat berkostum Atletico Madrid, Chelsea dan kini Real Madrid. Tetapi kiper 29 tahun itu benar-benar impresif saat tampil di Piala Dunia 2018 dengan hanya kebobolan 6 gol saat Belgia finis sebagai juara ketiga. Dia memiliki tingkat penyelamatan 76 persen dan memenangkan penghargaan Golden Glove.

Meski sempat satu tim saat membela Real Madrid, Cristiano Ronaldo menjadi momok menakutkan bagi Courtois. Keduanya saling berhadapan sebanyak 10 kali, dan 10 gol juga bersarang di gawangnya. Tak hanya itu Courtois pun mengalami 6 kekalahan ketika harus berhadapan dengan klub yang dibela Cristiano Ronaldo.

Baca Juga: 10 Potret Thibaut Courtois, Kiper Andalan Belgia yang Sarat Prestasi

3. Manuel Neuer

5 Kiper Terbaik Dunia yang Paling Sering Dibobol Ronaldopotret Cristiano Ronaldo dan Manuel Neuer (sport1.de)

Neuer adalah seorang kiper terhebat abad ke-21 yang telah melakukan banyak penyelamatan impresif untuk Jerman dan Bayern Munchen. Eksploitasinya telah membuatnya menjadi pemenang Piala Dunia dan Liga Champions selama kariernya. Juara Bundesliga tujuh kali itu bahkan menempati posisi ketiga yang di Ballon d'Or 2014 di belakang Lionel Messi dan Ronaldo.

Pertama kali Ronald dan Neuer bertemu dalam pertandingan semi final 2012 di Liga Champions, di mana Bayern Munchen mengalahkan Real Madrid meskipun Ronaldo mencetak dua gol di leg kedua. Sepanjang kariernya, Ronaldo total telah mencetak 9 gol dari 9 pertemuan, dimana timnya meraih 4 kemenangan dan menderita 5 kekalahan.

4. David de Gea

5 Kiper Terbaik Dunia yang Paling Sering Dibobol Ronaldopotret Cristiano Ronaldo dan David De Gea (twitter.com/TeamCRonaldo)

Meski penampilannya belum maksimal akhir-akhir ini, De Gea masih menjadi salah satu yang terbaik di Eropa saat sedang dalam performa terbaiknya. De Gea telah berkembang pesat sejak kehadirannya dari Atletico Madrid pada tahun 2011. Dia bahkan pernah mencetak rekor membuat 14 penyelamatan yang menakjubkan dalam satu pertandingan.

Namun, kiper MU ini selalu mengalami nasib kurang baik saat berhadapan dengan rekan setimnya saat ini, Cristiano Ronaldo. Salah satu yang paling diingat adalah duel mereka di Piala Dunia 2018 saat CR7 mencetak hat-trick, yang tidak hanya menggagalkan kemenangan Spanyol melawan Portugal tetapi juga menghancurkan De Gea. Dia tidak pernah menjadi penjaga yang sama sejak saat itu. Total keduanya berhadapan sebanyak 11 kali, dan Ronaldo sukses mencetak 8 gol dan meraih 8 kemenangan, dan sekali kalah.

5. Petr Cech  

5 Kiper Terbaik Dunia yang Paling Sering Dibobol Ronaldopotret gol Cristiano Ronaldo ke gawang Cech (si.com)

Cech adalah salah satu kiper terbaik Eropa pada masanya. Namanya mulai dikenal sejak didatangkan Jose Mourinho ke Chelsea pada 2004 silam. Sepanjang masa baktinya di Stamford Bridge, dia mempersembahkan 3 gelar Premier League, 1 Liga Europa, 1 Liga Champions dan 4 FA Cup.

Namun terdapat setitik noda dalam perjalanan kariernya, yaitu Cristiano Ronaldo, yang mencetak gol MU di final Liga Champions. Lewat adu penalti, Chelsea kemudian kalah di final pertamanya itu. Meski demikian, Cech adalah kiper tertangguh yang pernah dihadapi Ronaldo. Dari 12 pertemuan mereka, Ronaldo hanya mampu mencetak 3 gol saja, dimana dua gol lainnya dicetak Ronaldo saat membela Timnas Portugal.

Kemampuan Cristiano mencetak gol sudah tidak bisa diragukan lagi. Dia adalah top skor sepanjang masa Liga Champions, Real Madrid dan di level internasional. Ronaldo adalah mimpi buru bagi seorang kiper, termasuk bagi mereka yang dianggap sebagai kiper terbaik dunia selama ini. 

Baca Juga: Cech Pensiun, Arsenal Dikabarkan Incar Kiper Burnley

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya