5 Klub yang Berpotensi Jadi Destinasi Bernd Leno Musim Depan

Arsenal sudah mendapatkan calon pengganti Bernd Leno

Masa depan Bern Leno di Arsenal tampaknya semakin suram. Tidak hanya posisi kiper utama tergeser oleh Aaron Ramsdale, tetapi juga dengan bakal hadirnya kiper anyar asal Amerika Serikat, Matt Turner. Hal ini seolah menjadi signal jika Arsenal bakal melepas kiper asal Jerman pada musim depan.

Apalagi kontrak Leno akan berakhir pada 2023, sehingga melepasnya pada musim panas 2022 menjadi tindakan paling masuk akal. Jika benar ini terjadi, lima klub berikut ini berpotensi menjadi tujuan kiper 29 tahun ini.

1. Newcastle United

5 Klub yang Berpotensi Jadi Destinasi Bernd Leno Musim Depanpara pemain Newcastle United melakukan selebrasi kemenangan (twitter.com/NUFC)

Newcastle United telah bergerak cukup menjajikan pada bursa transfer musim dingin 2022. Mereka mendatangkan dua pemain bintang, Kieran Trippier dan Bruno Guimarães.

Transfer ini mulai berbuah hasil dengan keluarnya mereka dari zona degradasi. Kabar terbaru menyebutkan jika Bernd Leno menjadi target utama mereka musim depan jika bertahan di Premier League.

Saat ini, The Magpies sendiri diisi dua kiper yang telah dimakan usia, Martin Dubravka berusia 33 tahun dan Karl Darlow berusia 31 tahun. Dengan kekuatan uang yang dimiliki, tampaknya bukan hal sulit untuk mendatangkan Bernd Leno.

2. VFB Stuttgart

5 Klub yang Berpotensi Jadi Destinasi Bernd Leno Musim Depanselebrasi pemain Stuttgart (mibundesliga.com)

Pada Januari kemarin Bernd Leno sempat dirumorkan ingin pulang ke Jerman, di mana dia memulai karier profesionalnya. Salah satu klub yang tertarik untuk menampung sang kiper adalah VFB Stuttgart. Klub ini tidak asing bagi Bernd Leno, karena di klub ini dia menimba ilmu saat masih remaja.

Namun, kans ini cukup tipis mengingat Stuttgart saat ini sedang berjuang di zona degradasi. Bernd Leno sendiri belum sempat membela tim utama Stuttgart di awal kariernya, karena dia diboyong Bayer Leverkusen dari tim akademi Stuttgart.

Baca Juga: 5 Kiper yang Bisa Menggantikan Bernd Leno di Arsenal, Ada Siapa Saja?

3. Bayer Leverkusen

5 Klub yang Berpotensi Jadi Destinasi Bernd Leno Musim Depanpara pemain Bayer Leverkusen melakukan selebrasi gol (twitter.com/bayer04_en)

Klub Jerman lainnya yang dikabarkan berpotensi menjadi tujuan Bernd Leno adalah Bayer Leverkusen. Di klub inilah sang kiper memulai karier profesionalnya, dan tampil luar biasa. Dia mencatatakan 304 pertandingan dengan melakukan 100 clean sheets sebelum direkrut Arsenal pada 2018.

Saat ini, Bayer Leverkusen sendiri sangat kompetitif dengan bersaing di papan atas. Kehadiran kiper sekelas Bernd Leno akan menjadi sebuah keuntungan untuk bersaing di kompetisi Eropa musim depan.

4. Lazio 

5 Klub yang Berpotensi Jadi Destinasi Bernd Leno Musim Depanpara pemain Lazio melakukan selebrasi gol (twitter.com/OfficialSSLazio)

Musim ini, posisi penjagawa gawang utama Lazio diisi oleh kiper veteran Pepe Reina. Dia sudah berusia 39 tahun, dan sudah saatnya Lazio mencari kiper baru untuk musim depan.

Bernd Leno bisa menjadi pilihan utama dengan skill dan pengalaman yang dia miliki. Bermain di Lazio bisa menjadi pengalaman baru tersendiri bagi kiper berusia 29 tahun.

Serie A bakal menjadi kompetisi top ketiga yang dia rasakan jika hengkang dari Arsenal. Nilai pasar Bernd Leno sendiri saat ini cukup ekonomis di angka 16 juta euro atau Rp261 miliar.

5. Borussia Dortmund

5 Klub yang Berpotensi Jadi Destinasi Bernd Leno Musim Depanpemain Dortmund melakukan selebrasi gol (twitter.com/BlackYellow)

Musim panas kemarin, Borussia Dortmund memboyong kiper Stuttgart, Gregor Kobel. Dia pun langsung menjadi kiper utama menggeser Roman Burki.

Sayang, performa kiper baru tersebut belum memuaskan. Dortmund telah kebobolan 36 gol dari 21 pertandingan, yang terburuk di antara 10 tim teratas.

Catatan ini cukup mengkhawatirkan jika Dortmund ingin bisa bersaing dengan Bayern Munchen. Bernd Leno bisa menjadi solusi untuk musim depan. Dia sudah tidak asing dengan kompetisi Bundesliga, dan memiliki pengalaman cukup panjang.

 

Bernd Leno masih berada dalam usia terbaiknya, 29 tahun, dan bisa memberikan perbedaan untuk tim yang dibela. Namun, kariernya di Arsenal tampaknya sudah habis, dan sudah saatnya bagi kiper asal Jerman itu untuk melakukan petualangan baru. Lima klub di atas bisa menjadi destinasi yang tepat.

Baca Juga: 5 Kiper Top asal Jerman Saat Ini, dari Bernd Leno hingga Manuel Neuer

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya