Comscore Tracker

5 Klub yang Berpotensi Jadi Tim Kuda Hitam di EPL Musim 2022/2023

Mereka memiliki skuad baru yang kompetitif

English Premier League (EPL) telah resmi dibuka. Pekan pertama menghasilkan beberapa kejutan, seperti gagalnya Liverpool dan Manchester United meraih kemenangan. Sementara itu, tim-tim unggulan lainnya, seperti Manchester City, Chelsea, dan Tottenham Hotspur sukses meraih kemenangan.

Seperti musim-musim sebelumnya, Premier League selalu memunculkan tim kuda hitam yang menyulitkan klub-klub mapan. Untuk musim baru ini lima klub berikut ini berpotensi menempati posisi tersebut.

1. West Ham United

5 Klub yang Berpotensi Jadi Tim Kuda Hitam di EPL Musim 2022/2023Skuad West Ham United memasuki lapangan. (twitter.com/WestHam)

West Ham United memulai musim 2022/2023 dengan kekalahan 0-2 dari Manchester City. Meski demikian, ini tidak membuat mereka terpinggirkan sebagai tim kuda hitam. Apalagi, catatan dua musim terakhir cukup impresif dengan selalu finis di posisi tujuh besar.

Kualitas skuad musim ini pun lebih tangguh dengan hadirnya lima pemain baru, termasuk Gianluca Scamacca. Manajemen klub telah menggelontorkan dana kurang lebih 100 juta euro atau Rp1,5 triliun. Kunci mereka akan berada di tangan David Moyes untuk meracik skuad dengan tepat.

2. Leicester City

5 Klub yang Berpotensi Jadi Tim Kuda Hitam di EPL Musim 2022/2023Timothy Castagne (premierleague.com)

Sejauh ini Leicester City menjadi satu-satunya tim yang belum mendatangkan satu pun pemain baru. Mereka justru kehilangan kapten mereka, Kasper Schmeichel, yang hengkang ke OGC Nice. Ini tidak lepas dari krisis finansial yang sedang dihadapi klub.

Kendati demikian, The Foxes masih layak dijuluki tim kuda hitam Premier League. Mereka masih memiliki skuad yang mumpuni dengan diisi nama-nama top, seperti Jamie Vardy, James Maddison, dan Wesley Fofana. Sejak mencetak sejarah menjadi juara Premier League musim 2015/2016, mereka selalu menjadi batu sandungan bagi klub-klub mapan dan itu tetap akan berlaku pada musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Pernah Dipinjam Leicester City, Bagaimana Kiprahnya?

3. Aston Villa

5 Klub yang Berpotensi Jadi Tim Kuda Hitam di EPL Musim 2022/2023Dany Ings (twitter.com/AVFCOfficial)

Aston Villa memulai musim ini dengan kekalahan 2-0 dari tim promosi, Bournemouth. Namun, The Villans tetap layak disebut sebagai calon tim kuda hitam musim ini. Pasalnya, Steven Gerrard memiliki skuad yang sangat mumpuni dengan diisi nama-nama top, seperti Philippe Coutinho, Danny Ings, dan Emiliano Buendia.

Mereka juga cukup aktif di bursa transfer musim panas dengan mendatangkan Diego Carlos dari Sevilla dan Boubacar Kamara dari Marseille. Mereka pun akan cukup diuntungkan karena tidak akan tampil di kompetisi Eropa sehingga bisa fokus di laga domestik.

4. Brighton & Hove Albion

5 Klub yang Berpotensi Jadi Tim Kuda Hitam di EPL Musim 2022/2023Pascal Gross (premierleague.com)

Brighton berpotensi mengulangi prestasi musim lalu sebagai klub penuh kejutan. Meski baru saja kehilangan Marc Cucurella dan Yves Bissouma, Brighton justru tampil lebih solid. Pada pekan pertama mereka barhasil mengalahkan Manchester United di Old Trafford lewat brace Pascal Grosss.

Kunci mereka sebenarnya ada pada diri Graham Potter sebagai manajer klub. Sejak ditunjuk menjadi manajer pada musim panas 2019, prestasi Brighton terus mengalami peningkatan. Prestasi terbaiknya terjadi pada musim 2021/2022 dengan finis di urutan ke-9. Dia adalah sosok pelatih yang dinamis dan memiliki filosofi sepak bola menyerang.

5. Newcastle United

5 Klub yang Berpotensi Jadi Tim Kuda Hitam di EPL Musim 2022/2023Fabian Schar (premierleague.com)

Musim lalu Newcastle United hampir saja terdegradasi jika tak diselamatkan oleh akusisi yang dilakukan Pangeran Arab Saudi. Mereka kemudian menunjuk Eddie Howe sebagai pelatih utama dan mempebaiki skuad dengan sederet pemain baru berkualitas.

Strategi ini terbukti ampuh karena The Maghpies bangkit pada paruh kedua dan mengakhiri musim di posisi ke-11. Musim 2022/2023 mereka mulai dengan impresif. Newcastle United meraih kemenangan atas Nottingham Forrest dengan skor 2-0.

Skuad musim ini juga lebih mapan dengan kehadiran Sven Botman dan Matt Target. Mereka bahkan masih berpotensi mendatangkan pemain baru dan ini akan menjadi kabar buruk bagi lawan-lawannya.

 

Tidak semua tim di atas memulai Premier League musim ini dengan kemenangan. Namun, tak berarti performa mereka akan terus berlanjut seperti ini. Mereka memiliki semua faktor untuk menjadi tim kuda hitam seperti pelatih top, pemain berkualitas, dan jejak rekam apik. Kita hanya perlu menanti mereka bangkit dan menciptakan kejutan.

Baca Juga: Newcastle Curi Poin Penuh Atas Nottingham Forest

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya