Comscore Tracker

5 Klub dengan Pertahanan Terbaik di Liga Top Eropa pada 2022/2023

Tak ada perwakilan dari klub English Premier League

Liga top Eropa saat ini bakal menjalani jeda internasional cukup panjang. Kondisi ini sebagai dampak digelarnya Piala Dunia 2022 di tengah berjalannya kompetisi. Masa jeda ini bakal dimanfaatkan klub-klub Eropa untuk berbenah dan mengevaluasi performa tim sejauh ini.

Beberapa tim tampil sangat impresif sejauh ini. Mereka tidak hanya memiliki lini serang mematikan, tetapi juga lini pertahanan yang kokoh. Nah, berikut adalah lima tim dengan pertahanan terbaik di Liga top Eropa pada 2022/2023.

1. Barcelona 

5 Klub dengan Pertahanan Terbaik di Liga Top Eropa pada 2022/2023selebrasi kemenangan Barcelona di UCL (uefa.com)

Barcelona belanja besar-besaran pada musim panas 2022. Salah satu sektor yang diperbaiki adalah lini pertahanan. Mereka mendatangkan sederet bek top, seperti Jules Kounde, Andreas Christensen, Marcos Alonso, dan Hector Bellerin.

Strategi tersebut cukup berhasil. Barcelona menjadi klub dengan kebobolan paling sedikit di liga top Eropa. Mereka baru kebobolan 5 gol dari 14 laga LaLiga. Blaugrana pun menutup tahun 2022 sebagai pemuncak klasemen. Sayangnya, hal ini tidak berlaku di Liga Champions karena mereka tersingkir di fase grup.

2. Juventus

5 Klub dengan Pertahanan Terbaik di Liga Top Eropa pada 2022/2023selebrasi gol pemain Juventus (twitter.com/juventusfcen)

Nasib Juventus tidak jauh berbeda dengan Barcelona. Mereka tersingkir di Liga Champions, tetapi menunjukkan performa apik di liga domestik. Bianconeri baru kebobolan 7 gol dari 15 laga di Serie A. Hebatnya lagi, mereka baru saja menorehkan enam kemenangan beruntun tanpa kebobolan satu pun gol.

Performa menanjak ini terjadi setelah Massimiliano Allegri mengubah formasi menggunakan skema tiga bek. Juventus pun menutup tahun 2022 di posisi ketiga dengan selisih 10 poin dari pemuncak klasemen, Napoli.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Juventus Vs. Lazio pada GW15 Serie A

3. Paris Saint-Germain

5 Klub dengan Pertahanan Terbaik di Liga Top Eropa pada 2022/2023selebrasi gol para pemain PSG (twitter.com/PSG_English)

Paris Saint-Germain menjadi satu dari dua klub yang belum terkalahkan di liga top Eropa sejauh ini. Anak asuh Christophe Galtier mendominasi Ligue 1 dengan keunggulan lima poin dari rival terdekat, Lens.

Les Parisiens juga mencatatan statistik luar biasa. Mereka menjadi tim tersubur dengan mencetak 43 gol dari 15 laga Ligue 1. Sergio Ramos dkk. pun menjadi tim dengan  pertahanan terbaik Prancis dengan kebobolan sembilan gol sejauh ini.

4. Lens

5 Klub dengan Pertahanan Terbaik di Liga Top Eropa pada 2022/2023selebrasi gol pemain RC Lens (twitter.com/RCLens)

Lens mampu menjadi tim paling mengejutkan di Ligue 1 pada 2022/2023. Mereka menjadi rival terkuat Paris Saint-Germain dalam memperebutkan gelar juara. Salah satu kunci klub adalah lini pertahanan. Mereka baru kebobolan 10 gol dari 15 pertandingan Ligue 1.

Formasi 3-4-3 menjadi andalan pelatih Lens, Franck Haise. Catatan ini sangat luar biasa karena Lens baru promosi ke kasta tertinggi sepak bola Prancis pada musim 2020/2021.

5. Villarreal

5 Klub dengan Pertahanan Terbaik di Liga Top Eropa pada 2022/2023Gerónimo Rulli melakukan aksi penyelamatan. (twitter.com/VillarrealCFen)

Villarreal menjadi tim yang paling unik dalam daftar ini. Pasalnya mereka tidak bertengger di papan atas. The Yellow Submarine menutup tahun 2022 dengan menduduki peringkat ke-9. Kendati demikian, mereka menjadi tim LaLiga kedua dengan pertahanan terbaik.

Villarreal baru kebobolan 10 gol dari 14 pertandingan LaLiga. Villareal sendiri baru ditinggal Unai Emery yang hijrah ke Aston Villa. Posisinya kini digantikan mantan pelatih Barcelona, Quique Setién.

 

Di era sepak bola modern pertahanan sama pentingnya dengan lini serang. Mayoritas tim di atas pun menjadi klub terfavorit untuk meraih gelar domestik. Namun, perjalanan kompetisi masih cukup panjang. Mereka perlu menjaga konsistensi ini jika ingin keluar sebagai juara.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Diandalkan Unai Emery sebagai Pelatih Villarreal

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya