5 Klub Jerman Paling Sering Dihadapi Manchester City di UCL

Anak asuh Pep Guardiola mendominasi

Matchday kedua fase grup UEFA Champions League (UCL) bakal menyajikan laga akbar antara Manchester City dan Borussia Dortmund pada Kamis dini hari (15/9/2022). Laga ini menjadi pusat perhatian. Bukan hanya karena perebutan puncak klasemen sementara Grup G, tetapi juga reuni Erling Haaland dengan mantan klubnya.

Bagi The CityzensDortmund bukanlah lawan asing. Mereka sudah cukup sering bertemu klub asal Jerman itu dalam sedekade terakhir. Termasuk Dortmund, berikut klub Jerman paling sering dihadapi Manchester City di UCL.

1. Bayern Munich (6)

5 Klub Jerman Paling Sering Dihadapi Manchester City di UCLduel Bayern Munich vs Man City di UCL musim 2014/2015 (uefa.com)

Bayern Munich adalah salah satu lawan Manchester City paling tangguh di UEFA Champions League. Mereka sudah berhadapan sebanyak enam kali dengan rincian sama-sama meraih tiga kemenangan.

Menariknya, mereka selalu berhadapan pada fase grup. Terakhir kali keduanya berhadapan pada 2014/2015, di mana Bayern Munich keluar sebagai juara  grup. Sedangkan, Manchester City berada di posisi runner-up. Musim ini, kedua tim menjadi favorit juara dan berpotensi berjumpa pada babak gugur.

2. Borussia Moenchengladbach (6)

5 Klub Jerman Paling Sering Dihadapi Manchester City di UCLMan City vs Monchengladbach (uefa.com)

Anak asuh Pep Guardiola berhadapan dengan Borussia Moenchengladbach sebanyak 6 kali dalam 5 musim terakhir di UCL. Manchester City tampil dominan dengan meraih 5 kemenangan, berbanding 1 milik Moenchengladbach.

Kedua tim terakhir kali bertemu pada babak enam belas besar pada 2020/2021. The Cityzens keluar sebagai pemenang dengan agregat 4-0. Mereka bahkan mampu melaju hingga babak final. Sayangnya, harus kalah 0-1 dari Chelsea.

Baca Juga: 5 Klub Jerman Paling Sering Dihadapi Real Madrid di UCL, Dominan!

3. Borussia Dortmund (4)

5 Klub Jerman Paling Sering Dihadapi Manchester City di UCLKevin De Bruyne berduel dengan Emre Can (uefa.com)

Manchester City sudah berhadapan dengan Borussia Dortmund sebanyak empat kali di UEFA Champions League. Kevin De Bruyne cs mengoleksi 2 menang, 1 imbang, dan 1 kalah. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada babak perempat final musim 2020/2021.

The Cityzens keluar sebagai pemenang dengan agregat 4-2. Dortmund berpeluang membalaskan dendam pada 2022/2023 ini. Kedua tim tergabung di Grup G bersama dua tim lainnya, yaitu Copenhagen dan Sevilla.

4. RB Leipzig (2)

5 Klub Jerman Paling Sering Dihadapi Manchester City di UCLMan City vs RB Leipzig (uefa.com)

Manchester City berhadapan dengan RB Leipzig untuk pertama kalinya pada 2021/2022. Kedua tim tergabung di Grup A dan saling mengalahkan. Manchester City menang dengan skor telak 6-3 pada pertemuan pertama di Etihad Stadium.

RB Leipzig kemudian membalaskan dendam pada pertemuan kedua dengan skor 2-1. Kendati demikian, mereka tersingkir pada fase grup karena finis di urutan ketiga. Sedangkan, Manchester City keluar sebagai juara grup diikuti Paris Saint-Germain (PSG).

5. FC Schalke (2)

5 Klub Jerman Paling Sering Dihadapi Manchester City di UCLMan City vs FC Schalke di UCL musim 2018/2019 (uefa.com)

Manchester City berhadapan dengan Schalke 04 untuk pertama kalinya di UCL pada 2018/2019. Mereka bertemu pada babak enam belas besar, di mana The Cityzens keluar sebagai pemenang.

Anak asuh Pep Guardiola menang dengan agregat 10-2. Sergio Aguero tampil impresif dengan mencetak 3 gol dari 2 pertemuan tersebut. Sayangnya, Manchester City kemudian tersingkir pada babak perempat final usai kalah gol tandang dari Tottenham Hotspur dengan skor akhir 4-4.

Jelang melawan Borussia Dortmund di UCL 2022/2023, Manchester City sangat diunggulkan untuk meraih kemenangan. Mereka tidak hanya unggul kualitas pemain, tetapi juga memiliki catatan apik saat melawan tim asal Jerman.

Baca Juga: 5 Klub Italia Paling Sering Dihadapi Liverpool di UCL, Ada Napoli!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya