Comscore Tracker

5 Klub dengan Rata-rata Usia Termuda di EPL 2022/2023, Penuh Talenta!

Ada yang nyaman di puncak klasemen

Dianggap sebagai liga terbaik dunia, English Premier League (EPL) dihuni banyak pemain berkelas dunia. Klub-klub Inggris bahkan sangat royal dalam menggelontorkan dana besar demi datangkan pemain top.

Di sisi lain kondisi ini membuat para pemain muda kerap tersisihkan dari tim utama. Namun, lima klub melawan arus dengan mengandalkan pemain muda bertalenta. Mereka menjadi klub dengan rata-rata usia termuda di EPL musim 2022/2023.

1. Arsenal - 23,6 tahun

5 Klub dengan Rata-rata Usia Termuda di EPL 2022/2023, Penuh Talenta!Gabriel Jesus (premierleague.com)

Di bawah asuhan Mikel Arteta, Arsenal melakukan revolusi pemain dengan mendatangkan sederet pemain muda bertalenta. Strategi ini mulai membuahkan hasil pada musim 2022/2023. The Gunnners melakukan start apik dengan memuncaki klasemen EPL hingga pekan ke-9.

Hanya ada tiga pemain berusia 30-an di dalam skuad Mikel Arteta musim ini. Pemain termuda Arsenal dipegang Marquinhos dengan usia 19 tahun. Usia rata-rata skuad Arsenal musim ini 23,6 tahun. Bahkan, kapten tim pun dipegang oleh Martin Odegaard yang baru berusia 23 tahun.

2. Southampton - 24,1 tahun

5 Klub dengan Rata-rata Usia Termuda di EPL 2022/2023, Penuh Talenta!selebrasi gol pemain Southampton (premierleague.com)

Southampton berada di urutan kelima dengan skuad termuda pada musim 2021/2022 dengan rata-rata usia 25,6 tahun. Peringkat mereka naik ke urutan kedua pada musim ini dengan skuad berusia 24,1 tahun.

Ini tidak lepas dari hadirnya tiga pemain muda Manchester City pada musim panas 2022 yang berusia di bawah 20 tahun. Mereka adalah Gavin Bazunu, Juan Larois, dan Romeo Lavia. Skuad asuhan Ralph Hasenhüttl sejauh ini belum menunjukkan performa yang mengejutkan. Mereka duduk di urutan ke-14 dengan torehan 7 poin dari 7 pertandingan EPL.

Baca Juga: 9 Fakta Romeo Lavia, Pemain Potensial Southampton FC asal Belgia

3. Leeds United - 25 tahun

5 Klub dengan Rata-rata Usia Termuda di EPL 2022/2023, Penuh Talenta!selebrasi gol pemain Leeds United (premierleague.com)

Leeds United hampir saja terdegradasi dari EPL pada musim 2021/2022 dengan bertengger di urutan ke-17 di akhir musim. Mereka menjadi skuad termuda keempat pada musim tersebut. Kendati demikian, The Whites tampaknya tak menyerah mengandalkan pemain muda.

Di bawah asuhan Jesse Marsch Leeds United mencoba bangkit pada musim ini. Mereka menghabiskan dana 110 juta euro atau Rp1,6 triliun untuk mendaratkan tujuh pemain baru. Menariknya, mereka berusia di bawah 24 tahun. Strategi ini tampak menjanjikan. Leeds United bertengger di peringkat ke-11 hingga pekan ke-9 dengan torehan delapan poin.

4. Brentford - 25,2 tahun

5 Klub dengan Rata-rata Usia Termuda di EPL 2022/2023, Penuh Talenta!selebrasi gol pemain Brighton (premierleague.com)

Brentford tampil sangat mengejutkan pada musim perdananya di EPL pada musim 2021/2021. Berstatus tim promosi, mereka berhasil finis di urutan ke-13 pada musim tersebut. Menariknya adalah mereka merupakan tim dengan rata-rata usia termuda kedua saat itu.

Tim asuhan Thomas Frank melakukan penguatan skuad pada musim panas 2022 dengan mendatangkan pemain bertalenta dari Serie A, yaitu Thomas Strakosha, Aaron Hickey, dan Mikkel Damsgaard. Dengan skuad lebih mapan, Brentford sejauh ini tampil stabil dan menjanjikan.

Mereka berada di urutan ke-9 EPL dengan torehan delapan poin. Skuad Thomas Frank memiliki rata-rata usia 25,2 tahun pada musim ini.

5. Everton - 25,3 tahun

5 Klub dengan Rata-rata Usia Termuda di EPL 2022/2023, Penuh Talenta!selebrasi gol pemain Everton (premierleague.com)

Di bawah asuhan Frank Lampard Everton terpaksa melakukan perombakan skuad. Ini merupakan dampak dari krisis finansial yang dihadapi klub saat ini. Sang pelatih kehilangan pemain bintangnya pada musim panas 2022, yaitu Richarlison yang hengkang ke Tottenham Hotspur.

Di sisi lain, kondisi ini memberikan dampak positif untuk para pemain muda Everton. Mereka dipromosikan ke tim utama dua musim terakhir. Salah satu yang paling bersinar adalah Anthony Gordon. Skuad Everton memiliki rata-rata usia 25,3 tahun dan saat ini bertengger di urutan ke-13.

 

Akan sangat menarik melihat bagaimana penampilan tim-tim muda ini mengarungi sisa musim EPL 2022/2023. Konsistensi dan pengalaman akan sangat berperan penting dalam menciptakan prestasi. Dua hal ini yang juga terkadang terkadang belum dimiliki tim dengan skuad muda. Namun, bisakah mereka menciptakan keajaiban?

Baca Juga: Jadi Korban Rasisme, Richarlison Dilempari Pisang

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya