5 Klub Top yang Berpotensi Raih Gelar Liga Europa Musim 2021/2022

Akankah Barcelona juarai Liga Europa untuk pertama kalinya?

Liga Europa telah memasuki babak 16 besar, dan mulai mengerucut klub mana saja yang berpotensi menjadi juara musim 2021/2022. Meski merupakan kasta kedua setelah Liga Champions, Liga Europa tetap memiliki kebanggaannya sendiri.

Apalagi ajang ini pun bisa menjadi tangga bagi pemenang untuk tampil di Liga Champions musim depan secara otomatis. Babak final sendiri bakal digelar di Ramon Sanchez-Pizjuan Stadium, yang merupakan kandang Sevilla. Berikut ini lima klub yang berpotensi menjadi juara Liga Europa musim ini.

1. Sevilla

5 Klub Top yang Berpotensi Raih Gelar Liga Europa Musim 2021/2022potret para pemain Sevilla menyapa fans pasca laga. (twitter.com/SevillaFC_ENG)

Musim ini, Sevilla kembali ke Liga Europa setelah tersingkir di fase grup Liga Champions. Ajang ini adalah habitat asli klub LaLiga tersebut. Mereka adalah rajanya dengan koleksi enam gelar, dan terakhir kali menjuarainya pada musim 2019/2020 dengan skema yang sama seperti saat ini.

Mereka pun melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan Dynamo Zagreb. Bakal digelarnya final di kandang sendiri, ini bakal menjadi dorongan besar bagi Sevilla untuk lolos ke final. Peluang ini cukup besar setelah mereka menang 1-0 pada leg pertama menghadapi West Ham United.

2. Barcelona 

5 Klub Top yang Berpotensi Raih Gelar Liga Europa Musim 2021/2022Pemain Barcelona melakukan selebrasi gol. (fcbarcelona.com)

Barcelona menjadi wakil Spanyol lainnya yang terlempar ke Liga Europa. Mereka lolos ke babak 16 besar dengan meyakinkan usai menyingkirkan Napoli. Ajang ini menjadi satu-satunya trofi yang tersisa bagi anak asuh Xavi Hernandez.

Tentunya mereka tak ingin puasa gelar berlanjut lebih lama lagi. Dengan skuad yang lebih mumpuni, mereka berpeluang besar untuk bisa menjuarai Liga Europa. Barcelona sendiri berhadapan dengan Galatasaray di babak 16 besar.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol yang Pernah Juara Liga Champions dan Europa League

3. Atalanta 

5 Klub Top yang Berpotensi Raih Gelar Liga Europa Musim 2021/2022potret pemain Atalanta melakukan selebrasi gol (twitter.com/Atalanta_BC)

Atalanta menjadi satu-satunya wakil Italia tersisa di babak 16 besar Liga Europa. Beberapa musim terakhir mereka telah bertransformasi menjadi klub papan atas Serie A. Lewat permainan menyerang dan atraktif, Atalanta memiliki skuad potensial untuk membuat kejutan di Liga Europa musim ini.

Dalam sejarah klub, mereka belum sekali pun meraih gelar berlevel Eropa. Ini bisa menjadi motivasi yang kuat untuk menciptakan sejarah baru. Di babak 16 besar, Atalanta berhadapan dengan lawan cukup tangguh, Bayer Leverkusen.

4. Lyon

5 Klub Top yang Berpotensi Raih Gelar Liga Europa Musim 2021/2022Olympique Lyon (tellerreport.com)

Terlepas dari performa buruk Lyon di Ligue 1, mereka tampil impresif di Liga Europa. Lyon lolos sebagai juara grup A, sehingga berhak lolos langsung ke babak 16 besar, dan berhadapan dengan Porto.

Di ajang ini mereka belum terkalahkan, dan menjadi klub tertajam dengan torehan 17 gol dari 7 pertandingan. Catatan impresif ini menjadi sedikit gambaran jika mereka tak bisa diremehkan di ajang ini.

5. Real Betis

5 Klub Top yang Berpotensi Raih Gelar Liga Europa Musim 2021/2022Real Betis (thenationalnews.com)

Performa Real Betis di bawah asuhan Manuel Pellegrini sangat impresif sejak musim 2020/2021. Dia berhasil membawa anak asuhnya bersaing di papan atas LaLiga. Tidak hanya itu, mereka juga berhasil lolos ke final Copa del Rey, dan bakal berhadapan dengan Valencia.

Catatan apik ini bisa menjadi momentum untuk menciptakan sejarah baru di turnamen Eropa. Real Betis sendiri berhadapan dengan klub Jerman, Eintracht Frankfurt di babak 16 besar.

 

Meskipun kerap dicap sebagai kompetisi Eropa kasta kedua, Liga Europa tetap kompetisi yang bergengsi. Tim-tim asal Spanyol berhasil mendominasi kompetisi ini sedekade terakhir.

Musim 21/22 ini, tiga wakil mereka tampil di babak 16 besar. Akankah klub Spanyol kembali juara pada musim 2021/2022?

Baca Juga: 5 Klub Juara Liga Champions yang Tak Pernah Menjuarai Europa League

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya