5 Klub Top Eropa dengan Performa Anjlok pada Januari 2023

AC Milan dibantai Sassuolo 2-5

Klub-klub top Eropa mengarungi paruh kedua musim pada Januari 2023. Beberapa klub top mulai kehabisan bahan bakar.

Performa mereka anjlok. Peluang untuk meraih gelar juara pun mulai terancam. Padatnya jadwal dan faktor cedera menjadi salah satu penyebab penurunan performa.

Berikut ini klub top Eropa dengan performa anjlok pada Januari 2023.

1. Liverpool

5 Klub Top Eropa dengan Performa Anjlok pada Januari 2023Liverpool vs Brighton (twitter.com/LFC)

Penampilan Liverpool pada 2022/2023 menurun drastis. Mereka terpuruk di peringkat ke-9 di English Premier League (EPL) hingga pekan ke-21. Performa Mohamed Salah dkk makin memburuk memasuki tahun 2023. Mereka baru saja tersingkir di FA Cup.

The Reds hanya meraih 1 kemenangan, 3 kalah, dan 2 imbang sepanjang Januari tahun ini. Anak asuh Jurgen Klopp bahkan dikalahkan Brighton & Hove Albion dua kali. Salah satunya di putaran keempat FA Cup. Brighton menang dengan skor 2-1.

Rentetan hasil buruk ini membuat Liverpool terancam tanpa gelar. Harapan satu-satunya hanyalah Liga Champions Eropa.

2. Chelsea

5 Klub Top Eropa dengan Performa Anjlok pada Januari 2023selebrasi gol pemain Chelsea (twitter.com/ChelseaFC)

Nasib Chelsea tidak jauh berbeda dari Liverpool. Mereka hanya meraih 1 kemenangan dari 6 laga sepanjang Januari 2023. Itu diraih kala mengalahkan Crystal Palace 1-0 pada pekan ke-20 Premier League.

The Blues sebelumnya sempat menelan tiga kekalahan beruntun. Salah satunya disingkirkan Manchester City pada putaran ketiga FA Cup dengan skor telak 0-4.

Anak asuh Graham Potter kini menduduki peringkat ke-10 di EPL. Liga Champions menjadi satu-satunya peluang juara bagi Chelsea musim ini, tetapi itu sangat berat.

Baca Juga: Liverpool Kalah Lagi dari Brighton, Ini 3 Fakta Menariknya

3. Paris Saint-Germain

5 Klub Top Eropa dengan Performa Anjlok pada Januari 2023Achraf Hakimi dan Kylian Mbappe (psg.fr)

Paris Saint-Germain mengakhiri tahun 2022 dengan rekor tak terkalahkan di Ligue 1 Prancis. Les Persiens sendiri kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan cukup jauh dari para rivalnya. Namun, mereka mengalami penurunan performa memasuki tahun 2023.

PSG langsung menelan dua kekalahan di Ligue 1 sepanjang Januari 2023. Mereka kalah saat melawan Lens dan Rennes.

Anak asuh Christophe Galtier total meraih 3 kemenangan, 1 imbang, dan 2 kekalahan sepanjang Januari ini. Kendati masih duduk di puncak klasemen, PSG kini hanya terpaut tiga poin dari Lens sebagai rival terdekat.

4. Juventus 

5 Klub Top Eropa dengan Performa Anjlok pada Januari 2023Juventus vs AC Monza (twitter.com/juventusfcen)

Sempat terseok-seok pada awal musim, Juventus mulai menemukan kembali performa terbaiknya di bawah asuhan Massimiliano Allegri. Mereka sempat menjadi pesaing terdekat Napoli di papan atas Serie A Italia. Namun, skandal pemalsuan laporan keuangan membuat Bianconerri menuju kehancuran.

Mereka dihukum FIGC dengan pengurangan 15 poin. Posisi Juventus pun terlempar ke papan tengah.

Kondisi ini membuat performa tim menurun sepanjang Januari 2023. Juventus menelan 2 kekalahan, 1 imbang, dan 3 kemenangan. Mereka juga dipermalukan AC Monza 0-2 di Allianz Stadium pada pekan ke-20 Serie A.

5. AC Milan 

5 Klub Top Eropa dengan Performa Anjlok pada Januari 2023OLivier Giroud (acmilan.com)

AC Milan mengalami masa terburuk pada era kepelatihan Stefano Pioli saat ini. Rossoneri hanya meraih 1 kemenangan dari 7 laga di semua ajang sepanjang Januari 2023. Akibatnya, mereka terlempar dari peringkat empat besar Serie A.

Tidak hanya itu, AC Milan juga disingkirkan Torino pada babak 16 besar Coppa Italia dan kalah dari Inter Milan di Piala Supercoppa Italia. Lebih buruk lagi, lini pertahanan mereka kebobolan 19 gol dari 7 laga tersebut.

Cederanya Mike Maignan membuat posisi kiper AC Milan sangat rentan. Sementara penggantinya tidak sepadan.

Status sebagai klub raksasa dan dihuni banyak pemain bintang bukan jaminan sebuah kesuksesan. Dibutuhkan konsistensi dan kedalaman skuad yang mumpuni untuk bersaing memperebutkan gelar juara. Lima klub di atas harus segera bangkit jika tak ingin terpuruk lagi pada akhir musim.

Baca Juga: 5 Klub dengan Hukuman Pengurangan Poin Terbesar, Juventus Lewat!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya