Kualifikasi Euro: Sterling Cetak Hat-trick, Inggris Bantai Ceko

Tiga pemain muda inggris jalani debut perdananya

Inggris membuka kampanye kualifikasi Euro 2020 dengan hasil yang sangat sempurna dan mengesankan. Menurunkan skuat muda, The Three Lions berhasil membantai sang tamu, Republik Ceko dengan skor telak 5-0 pada Sabtu dinihari (23/03). Raheem Sterling menjadi pemain yang paling bersinar dengan mencetak tiga gol dalam laga itu. Dua gol lainnya lahir dari tendangan penalti Harry Kane dan gol bunuh diri Tomas Tomas Kalas.

Dengan hasil ini, untuk sementara Inggris puncaki klasemen grup A dengan 3 poin, disusul Bulgaria dan Montenegro di bawahnya yang hanya bermain imbang.

1. Superior, Inggris cetak dua gol di babak pertama

Kualifikasi Euro: Sterling Cetak Hat-trick, Inggris Bantai Cekotwitter.com/England

The Three Lions hadir dengan skuat mudanya saat hadapi Republik Ceko di Wembley Stadium. Jadon Sancho jalani debut perdananya bermain di level internasional usai tampil sebagai starter menggantikan Marcus Rashford yang alami cedera. Sejak menit awal, Harry Kane dkk langsung tampil offensif. Namun mereka harus kehilangan Eric Dier sejak menit ke-17 usai alami cedera, dan digantikan Ross Barkeley.

Wembley Stadium akhirnya bergemuruh di menit ke-24 saat Raheem Sterling ukir gol pembuka setelah menerima umpan Jadon Sancho. Tim tamu tak berkutik di babak pertama, tak banyak serangan berbahaya yang mampu mereka hadirkan.

Jelang babak pertama usai, Inggris mampu menggandakan keunggulan melalui titik penalti setelah Sterling dijegal di dalam kotak terlarang. Harry Kane, yang maju sebagai eksekutor, sempurna menuntaskan tugasnya. Inggris pun menutup paruh pertama dengan keunggulan 2-0.

2. Moncer, Raheem Sterling torehkan hat-trick perdana di laga Internasional

Kualifikasi Euro: Sterling Cetak Hat-trick, Inggris Bantai Cekotwitter.com/England

Paruh kedua dimulai, Ceko mengubah strategi dengan memasukkan Matej Vydra menggantikan Jakub Jankto. Mereka pun sempat beberapa kali membahayakan gawang Jordan Pickford. Namun tak ada satu pun yang berbuah gol. Laga berjalan satu jam, Inggris berhasil semakin menjauh. Sterling berhasil cetak gol keduanya melalui sepakan melengkung dari dalam kotak penalti.

Pemain Man City tersebut benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Republik Ceko. Di menit ke-68, Sterling berhasil cetak hat-trick perdananya di level internasional. Penderitaan tim tamu semakin sempurna setelah Tomas Kalas melakuka gol bunuh diri di menit ke-84. Hingga laga usai, The Three Lions menang mutlak dengan skor 5-0.

Tak hanya menjadi laga spesial bagi Sterling yang cetak tiga gol, laga ini juga menjadi debut internasional bagi tiga punggawa muda Inggris. Jadon Sancho, Hudson-Odoi dan Declan Rice, yang baru berpindah kewarganegaraan dari Irlandia.

Baca Juga: Belanda Sukses Tundukkan Belarusia di Laga Perdana Kualifikasi Euro

3. Harry Kane: Kami percaya diri, muda dan lapar

Kualifikasi Euro: Sterling Cetak Hat-trick, Inggris Bantai Cekotottenhamhotspur.com

Kapten Ingris, Harry Kane mengungkapkan rasa takjubnya usai laga. Dia menyatakan jika timnya saat ini masih dalam kondisi sangat percaya diri usai raihan membanggakan di Piala Dunia 2018. Satu golnya ke gawang Ceko pun menggenapkan koleksinya menjadi 20 gol dari 35 laga bersama timnas.

Anak asuh Gareth Southgate memang terus melanjutkan performa impresifnya saat ini dengan skuat muda. Sebelumnya, mereka berhasil singkirkan Spanyol dan Kroasia di UEFA Nations League, dan lolos ke semifinal untuk berhadapan dengan Belanda. Kane mengungkapkan jika kunci kemenangan mereka malam tadi adalah menikmati pertandingan dan kepercayaan diri para pemain yang lapar kemenangan dalam setiap laga.

"Itu adalah kinerja tim yang brilian, kami menekan, kami membuat mereka kesulitan dan mencetak gol penting. Kami menikmatinya, kami tim yang percaya diri datang kembali musim panas lalu dari UEFA Nations League."

"Kami memainkan sepak bola yang bagus, semua orang mengekspresikan diri mereka sendiri, kami memiliki pemain muda yang lapar dan itu terlihat malam ini."

4. Bakal bertandang ke Montenegro di matchday ke-2

Kualifikasi Euro: Sterling Cetak Hat-trick, Inggris Bantai Cekotwitter.com/England

Tiga hari kemudian Inggris akan bertandang ke Montenegro untuk jalani matchday ke-2. Montenegro sendiri bermain imbang 1-1 di laga perdananya melawan Bulgaria. Meski Montenegro merupakan salah satu negara baru di Euro usai lepas dari Serbia, Inggris tak bisa meremehkan kemampuannya. Dari 4 pertemuan kedua tim, Inggris hanya mampu menang sekali, dan tiga laga lainnya berakhir imbang.

Inggris tergabung di grup A bersama Montenegro, Bulgaria, Republik Ceko dan Kosovo. Melihat statistik dan kualitas pemain, Inggris diunggulkan untuk bisa dengan mudah lolos ke babak final Euro 2020 yang akan digelar di beberapa kota di Eropa, termasuk Wembley, London yang akan menjadi venue babak final.

Baca Juga: Kualifikasi Euro: Hazard Jadi Inspirasi Kemenangan Belgia Atas Rusia

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya