5 Klub Kuda Hitam yang Layak Diwaspadai di Liga Champions 2022/2023

Mereka memiliki skuad yang cukup berbahaya

Fase grup Liga Champions Eropa 2022/2023 telah resmi dibuka. Laga pembuka langsung melahirkan beberapa kejutan. Salah satunnya adalah kekalahan yang diderita oleh Liverpool dan Napoli, sedangkan tim-tim unggulan meraih kemenangan cukup mudah.

Seperti biasanya UCL akan selalu menghadirkan tim-tim kuda hitam yang siap memberikan kejutan. Musim lalu Villarreal menjadi klub tersebut dengan lolos hingga babak semifinal. Sementara itu, untuk musim ini tim-tim berikut ini yang layak diwaspadai.

1. Benfica

5 Klub Kuda Hitam yang Layak Diwaspadai di Liga Champions 2022/2023selebrasi gol para pemain Benfica (uefa.com)

Benfica kehilangan mesin golnya pada musim panas 2022 ini, yaitu Darwin Nunez. Namun, kepergiannya tak memberikan dampak signifikan. Benfica memulai musim 2022/2023 dengan lima kemenangan sempurna di Liga Portugal. Mereka juga memiliki mesin gol baru pada diri Joao Mario yang telah mengoleksi empat gol dari lima laga.

Benfica kembali tergabung di grup berat di UCL musim ini bersama PSG, Juventus, dan Maccabi Haifa. Namun, mereka bisa berkaca pada musim sebelumnya saat berhasil menyingkirkan Barcelona di fase grup dan lolos hingga babak perempat final dengan mengalahkan Ajax. 

2. Napoli

5 Klub Kuda Hitam yang Layak Diwaspadai di Liga Champions 2022/2023Piotr Zielinski (uefa.com)

Napoli melakukan perombakan skuad cukup signifikan pada musim panas 2022. Hebatnya, para pemain baru langsung nyetel dengan gaya bermain Luciano Spaletti. Il Partinope sejauh ini belum terkalahkan di semua ajang.

Mereka bahkan sukses menciptakan kejutan pada laga pembuka UCL dengan membantai Liverpool 4-1. Dengan lini serang lebih tajam yang diisi Victor Osimhen, Piotr Zielinski, dan Khvicha Kvaratskhelia, Napoli tidak boleh disepelekan pada musim ini.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Napoli Atas Liverpool, Hujan Gol!

3. AC Milan

5 Klub Kuda Hitam yang Layak Diwaspadai di Liga Champions 2022/2023selebrasi gol para pemain AC Milan (twitter.com/acmilan)

AC Milan memang tim kedua dengan trofi UCL terbanyak, tetapi era keemasan mereka di kompetisi Eropa sempat mati. Ini menjadi kali kedua penampilan mereka di UCL dalam satu dekade terakhir. Musim ini mereka datang dengan kekuatan lebih baik dan pengalaman berharga musim lalu.

Berstatus juara bertahan Serie A, target Rossoneri musim ini pastinya melangkah sejauh mungkin di UCL. Potensi ini cukup terbuka karena mereka berada di grup yang terbilang mudah. Skuad musim ini pun telah matang secara permainan dan mentalitas. Dengan modal ini, Rossoneri sangat mungkin menciptakan kejutan dan mengembalikan nama besar mereka di UCL.

4. Atletico Madrid

5 Klub Kuda Hitam yang Layak Diwaspadai di Liga Champions 2022/2023Antoine Griezmann (uefa.com)

Skuad Atletico Madrid musim ini tidak begitu banyak perubahan. Mereka berhemat pada bursa transfer musim panas 2022 karena sedang mengalami krisis finansial.  Hal ini cukup berdampak pada performa mereka di LaLiga. Sejauh ini anak asuh Diego Simeone berada di urutan ketujuh klasemen.

Kendati demikian, Atletico Madrid kerap tampil garang jika bermain di UCL. Mereka selalu merepotkan tim-tim mapan Eropa. Dalam empat penampilan terakhirnya di UCL, Atletico Madrid lolos hingga babak perempat final sebanyak dua kali. Mereka sudah cukup berpengalaman di ajang ini dengan tampil beruntun sejak musim 2013/2014.

5. Tottenham Hotspur

5 Klub Kuda Hitam yang Layak Diwaspadai di Liga Champions 2022/2023Richarlison (uefa.com)

Musim ini menjadi ajang comeback Tottenham Hotspur ke UCL usai absen dua musim terakhir. Di bawah arahan Antonio Conte, Spurs membentuk skuad dengan kedalaman yang mumpuni. Usaha tersebut berbuah manis dengan belum terkalahkan dalam tujuh laga terakhir di semua ajang.

Mereka sendiri tergabung di grup yang tidak begitu sulit di UCL bersama Sporting Lisbon, Marseille, dan Frankfurt. Spurs difavoritkan bisa lolos dari fase grup in, bahkan berpotensi melangkah lebih jauh. Hadirnya pemain baru, seperti Richarlison, Ivan Perisic, dan Clement Lenglet, mengokohkan setiap lini Spurs pada musim ini.

 

Pengalaman dan kedalaman skuad menjadi modal terpenting bagi setiap tim bisa menjuarai Liga Champions Eropa. Namun, ajang ini sangat unik karena sering muncul kejutan dari tim kuda hitam. Di luar dugaan mereka kerap berhasil menyingkirkan tim-tim lebih berpengalaman dan hal itu sangat mungkin dilakukan tim-tim di atas pada musim 2022/2023.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Tinggalkan Tottenham Hotspur Musim Panas 2022

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya