Lolos ke Final, Inilah Kunci Kemenangan Prancis Kalahkan Belgia

#WorldCup2018 Selangkah lagi menjadi juara

Prancis akhirnya kembali lolos ke babak final Piala Dunia untuk yang ketiga kalinya setelah mengalahkan Belgia Rabu dini hari tadi (11/07/2018) dengan skor 1-0. Dalam laga yang digelar di Saint Petrersburg Stadium tersebut, gol tunggal dicetak oleh Samuel Umtiti di menit ke-51.

Gelar juara Piala Dunia pun kini ada di depan mata dan tinggal menunggu lawan antara Inggris dan Kroasia yang akan berhadapan Kamis dini hari nanti (12/07/2018). Kemenangan Prancis ini tak lepas dari peran beberapa pemain yang tampil menawan dan menjadi kunci permainan dalam laga tersebut.

1. Momen Umtiti, mengulang sejarah Thuram di Piala Dunia 1998

Lolos ke Final, Inilah Kunci Kemenangan Prancis Kalahkan Belgiatwitter.com/equipedefrance

Samuel Umtiti menjadi duet kokoh Raphael Varane di lini pertahanan Prancis. Berkat kesolidan mereka, Prancis hanya kebobolan 4 gol dari 6 pertandingan yang telah mereka jalani.

Hal tersebut menjadikan mereka tim yang paling sedikit kebobolan di Piala Dunia 2018.

Kedua pemain kembali menjadi tembok kokoh di laga semifinal semalam. Mereka berhasil menahan serangan-serangan berbahaya dari para pemain Belgia.

Varane dan Umtiti merupakan pahlawan dalam pertandingan tersebut. Jika Varane tampil solid di belakang, maka Umtiti menjadi pahlawan utama dalam laga tersebut berkat gol tunggalnya.

Hal tersebut tentunya mengingatkan kita akan gol Lilian Thuram saat menghadapi Kroasia di semifinal Piala Dunia 1998, dimana kedudukan berakhir 2-1.

Atau pun saat Carlos Puyol mencetak gol di semifinal Piala Dunia 2010 bagi Spanyol. Kedua gol dari pemain bertahan tersebut membuat negaranya masing-masing akhirnya menjadi juara dunia.

Gol Umtiti pun menjadikannya pemain termuda Prancis yang mampu mencetak gol di semifinal Piala Dunia pada usia 24 tahun, 7 bulan, 26 hari. Apakah gol Umtiti di semifinal ini juga menandakan Prancis akan menjadi juara Piala Dunia 2018?

2. Showman seorang Eden Hazard

Lolos ke Final, Inilah Kunci Kemenangan Prancis Kalahkan Belgiatwitter.com/FIFAWorldCup

Jika melihat penampilan Belgia semalam memang tak segarang biasanya. Namun ada satu pemain yang mampu tampil sangat menonjol diantara pemain lainnya, dialah Eden Hazard.

Dalam laga tersebut, dia mampu bermain dengan sangat cepat dan memporak porandakan pertahanan Prancis sendirian. Sayangnya, hal itu belum cukup untuk membawa Belgia meraih kemenangan.

Akan tetapi ada sebuah analisa menarik, jika performanya tersebut akan mampu membuat Real Madrid memboyongnya ke Santiago Bernabeu. Apalagi pada saat yang bersamaan, secara resmi Cristiano Ronaldo telah meninggalkan Madrid untuk bergabung bersama Juventus.

Kabar Eden Hazard akan ke Madrid pun semakin kencang berhembus. Apalagi musim depan Chelsea hanya akan bermain di Liga Eropa yang tampaknya bukanlah sebuah tempat bagi pemain sekelas Eden Hazard.

3. Apa peran Oliver Giroud?

Lolos ke Final, Inilah Kunci Kemenangan Prancis Kalahkan Belgiasquawka.com

Peran Oliver Giroud sebagai targetman skuat Prancis memanglah 'unik'. Selalu bermain menjadi starter dalam setiap pertandingan, tetapi belum bisa mencetak satu gol pun. Namun bukan berarti dia tak memiliki peran berarti dalam tim, justru Deschamps menganggap Giroud merupakan salah satu kunci penyerangan Prancis.

Giroud merupakan pembuka pintu bagi striker lainnya untuk mencetak gol lawan. Sayang dalam pertandingan melawan Belgia, peran Giroud justru antiklimaks. Dia gagal memaksimalkan beberapa peluang yang didapatnya.

Strategi permainan Prancis yang mengandalkan counter attack dengan kecepatan Mbappe dan Griezmann dirasakan tidak cocok bagi Giroud. Padahal di bangku cadangan masih ada nama Ousmane Dembele yang memiliki kecepatan tinggi, dan bisa menjadi duet cocok bagi Mbappe dan Griezmann.

4. Paul Pogba, sang kunci permainan

Lolos ke Final, Inilah Kunci Kemenangan Prancis Kalahkan Belgiatwitter.com/Squawka

Kylan Mbappe mampu menarik perhatian dunia dengan kecepatan dan skill-nya, sedangkan Umtiti memang layak menjadi man of the match berkat gol tunggalnya. Namun jika kita melihat permainan secara utuh, maka Paul Pogba sangat layak disebut sebagai kunci permainan Prancis.

Dia mampu menjadi penyeimbang serangan dan pertahanan Prancis. Pogba mampu menjadi pintu kokoh pertama penghalang serangan-serangan yang dibangun Eden Hazard. Dalam laga melawan Belgia, Pogba mampu melakukan 90% passing accurcy, 4 takel bersih, 3 kali menang duel udara, 2 clearance dan satu shot on goal. Berkat perannya tersebut, lini tengah pun mampu dikuasai dengan baik bersama duetnya, N'golo Kante.

Jika permainannya tersebut tetap konsisten hingga final, bukan tak mungkin dia bisa meraih Golden Ball Piala Dunia 2018. Pogba sendiri merupakan peraih Best Young Player pada Piala Dunia 2014.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya