6 Laga dengan Skor Terbesar di Piala Dunia dalam Dua Dekade Terakhir

Beberapa rekor tercipta di Piala Dunia 2022

Piala Dunia merupakan turnamen paling bergengsi di dunia. Setiap pemain bermimpi untuk bisa tampil di ajang 4 tahunan ini. Untuk bisa tampil di Piala Dunia, setiap negara harus menjalani perjuangan cukup panjang di babak kualifikasi.

Tidak mengherankan, jika setiap timnas berusaha tampil dengan strategi terbaik di Piala Dunia. Dampaknya, skor pertandingan lebih sering berakhir sengit dan tipis. Namun, dalam sejarahnya beberapa laga menciptakan hujan gol tak terduga. Berikut ini adalah enam laga dengan skor terbesar di Piala Dunia dalam 20 tahun terakhir.

1. Portugal vs Swiss (6-1, Piala Dunia 2022)

6 Laga dengan Skor Terbesar di Piala Dunia dalam Dua Dekade TerakhirGoncalo Ramos (twitter.com/selecaoportugal)

Portugal berhadapan dengan Swiss di babak perempat final Piala Dunia 2022. Fernando Santos untuk pertama kalinya mencadangkan Cristiano Ronaldo dan memasang Goncalo Ramos sebagai striker utama.

Hasilnya cukup mengejutkan, dengan terciptanya tujuh gol di laga ini. Portugal berhasil pesta gol dengan skor 6-1. Goncalo Ramos menjadi bintang setelah mencetak hat-trick. Ini merupakan kemenangan terbesar Portugal di babak knock-out Piala Dunia. Mereka telah dinanti Maroko di babak perempat final.

2. Portugal vs Korea Utara (7-0, Piala Dunia 2010)

6 Laga dengan Skor Terbesar di Piala Dunia dalam Dua Dekade TerakhirTimnas Portugal membantai Korea Utara 7-0 di Piala Dunia 2010 (fifa.com)

Rekor kemenangan terbesar Portugal di Piala Dunia tercipta pada 2010. Anak asuh Carlos Queiroz membantai Korea Utara dengan skor 7-0 di babak fase grup.

Tiago Mendes tampil impresif dengan mencetak brace. Cristiano Ronaldo, yang berada di usia primanya yakni 27 tahun, juga turut mencetak satu gol pada laga itu.

Portugal sendiri lolos sebagai runner-up grup G di bawah Brasil. Sedangkan Korea Utara gagal meraih satu pun poin. Sayangnya, langkah Portugal dihentikan Spanyol di babak 16 besar dengan skor 1-0 lewat gol tunggal David Villa.

Baca Juga: Alvaro Morata Melempem di Klub, Jadi Top Skor Piala Dunia 2022

3. Spanyol vs Kosta Rika (7-0, di Piala Dunia 2022)

6 Laga dengan Skor Terbesar di Piala Dunia dalam Dua Dekade TerakhirTimnas Spanyol berpesta gol ke gawang Kosta Rika di Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Spanyol mencetak rekor kemenangan terbesar di Piala Dunia 2022. Anak asuh Luis Enrique membantai Kosta Rika di fase grup dengan skor 7-0 pada laga pembuka. Kemenangan tersebut sangat krusial bagi Spanyol.

Pasalnya, gol tersebut membantu Spanyol lolos ke 16 besar mengungguli Jerman yang memiliki poin sama, yaitu 4 poin. Sayangnya, langkah Spanyol pun terhenti oleh Maroko lewat drama adu penalti.

4. Inggris vs Iran (6-2, di Piala Dunia 2022)

6 Laga dengan Skor Terbesar di Piala Dunia dalam Dua Dekade Terakhirselebrasi gol Raheem Sterling ke gawang Iran (fifa.com)

Inggris menunjukan penampilan luar biasa di laga pembuka grup B Piala Dunia 2022. The Three Lions membantai Iran dengan skor 6-2.

Gol Inggris terlahir dari lima penyerang berbeda. Bukayo Saka tampil menonjol dengan mencetak brace. Sedangkan sisanya ditorehkan Jude Bellingham, Raheem Sterling, Marcus Rashford, dan Jack Grealish.

Sementara itu dua gol balasan Iran dicetak Mehdi Taremi. Inggris sendiri tampil sebagai juara grup B dan sejauh ini berhasil melangkah ke babak perempat final untuk melawan Prancis. Sedangkan Iran tersingkir setelah hanya finis di urutan ketiga.

5. Jerman vs Brasil (7-1, di Piala Dunia 2014)

6 Laga dengan Skor Terbesar di Piala Dunia dalam Dua Dekade Terakhirselebrasi gol pemain Jerman versus Brasil di Piala Dunia 2014 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Laga Jerman versus Brasil di semifinal Piala Dunia 2014 adalah salah satu duel paling tak terlupakan dan mengejutkan. Mempertemukan dua negara besar, telah tercipta delapan gol sepanjang laga.

Namun yang paling mengejutkan bukan seri 4-4, ternyata skor berakhir timpang karena Brasil dibantai 7-1 oleh Jerman. Tim Panser bahkan mampu mencetak lima gol ke gawang Brasil dalam waktu 30 menit.

Toni Kroos dan Andre Schurrle tampil apik dengan mencetak brace. Sedangkan satu gol Brasil dicetak Oscar pada menit ke-90.

Hasil ini cukup ironis, pasalnya Brasil bertindak sebagai tuan rumah. Absennya Neymar Jr akibat cedera ternyata memberikan dampak besar bagi Tim Samba.

6. Jerman vs Arab Saudi (8-0, di Piala Dunia 2002)

6 Laga dengan Skor Terbesar di Piala Dunia dalam Dua Dekade TerakhirTimnas Jerman membantai Arab Saudi 8-0 di Piala Dunia 2002 (fifa.com)

Skor terbesar di Piala Dunia dipegang oleh Timnas Jerman. Rekor tersebut tercipta di fase grup Piala Dunia 2002. Tim Panser menghajar Arab Saudi dengan skor 8-0. Miroslav Klose tampil luar biasa dengan mencetak hat-trick pada laga tersebut.

Jerman tampil superior sepanjang turnamen. Mereka sukses melaju hingga final dengan menyingkirkan Paraguay, Amerika Serikat, dan tuan rumah Korea Selatan. Namun, langkah mereka berakhir anti-klimaks usai menyerah di tangan Brasil dengan skor 0-2.

 

Piala Dunia 2022 telah memasuki babak perempat final. Masih tersisa beberapa laga seru dan menarik. Laga tersebut akan mempertemukan tim-tim besar. Bukan tidak mungkin, hujan gol akan kembali terjadi di Piala Dunia 2022 ini. 

Baca Juga: 8 Skandal Pengaturan Skor Sepak Bola Paling Memalukan di Dunia

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya