Resmi! Laga Final Copa Libertadores Akan Diselenggarakan di Madrid

Akan digelar tanggal 9 Desember

CONMEBOL sebagai otoritas sepak bola tertinggi Amerika Selatan telah memutuskan jika final leg kedua Copa Libertadores antara River Plate melawan Boca Juniors akan diselenggarakan di kota Madrid. Santiago Barnebeu akan menjadi tuan rumah laga yang akan digelar pada tanggal 9 Desember tersebut. Sebelumnya leg kedua ini harus ditunda setelah bus pemain Boca Juniors dilempari benda-benda keras oleh suporter garis keras River Plate.

1. Spanyol memiliki kesamaan kultural

Resmi! Laga Final Copa Libertadores Akan Diselenggarakan di MadridGérard Julien/AFP/Getty Images

Sebelumnya laga ini sendiri telah mengalami dua kali penundaan dengan alasan keamanan. River Plate dan Boca Junior merupakan dua klub sekota yang memiliki sejarah persaingan panas yang panjang.

Dengan alasan menghindari kemungkinan kekerasan yang berlanjut, federasi pun memutuskan jika laga harus digelar di luar Argentina, dan stadion milik Real Madrid menjadi pilihannya dengan alasan salah satu kota teraman dan memiliki kesamaan kultur.

"Di Spanyol kami menemukan ketenangan yang diperlukan. Madrid adalah kota paling aman ke-10 di dunia dan memiliki komunitas Argentina terbesar di Eropa," kata presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez pada Kamis. "Saya tidak berpikir esensi dari Libertadores akan hilang karena pertandingan akan dimainkan di Spanyol."

2. River Plate dikenai hukuman denda

Resmi! Laga Final Copa Libertadores Akan Diselenggarakan di Madridtech2.org

Dominguez juga menyatakan jika kedua fans diperbolehkan untuk mendukung timnya masing-masing, dan mereka akan diberikan jatah kursi yang sama. Akibat inisiden kerusuhan sebelumnya, CONMEBOL pun memutuskan untuk memberikan hukuman denda kepada River Plate sebesar 400 ribu dolar dan hukuman dua laga kandang tanpa penonton.

Laga final ini akan digelar pukul 08.30 malam waktu setempat. Di leg pertama sendiri kedua tim bermain imbang dengan skor 2-2. Ketua federasi sepak bola Spanyol, Luis Rubiales pun menyambut dengan baik dan berjanji akan menyediakan seoptimal mungkin demi berlangsungnya laga final. 

Baca Juga: Inilah 5 Pertandingan Terakhir Superclasico di Piala Libertadores

3. River Plate dan Boca Junior merespon keputusan CONMEBOL

Resmi! Laga Final Copa Libertadores Akan Diselenggarakan di Madridentretenimento.r7.com

Pertandingan antara dua kesebelasan Argentina ini awalnya akan diselenggarakan di kandang River, dijadwalkan untuk tanggal 24 November, tetapi harus ditunda karena masalah kerumunan suporter di dekat stadion Monumental di Buenos Aires yang membuat penggemar dan beberapa pemain Boca cedera.

Setelah keputusan CONMEBOL, Boca menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa klub mempertimbangkan keputusan yang dianggap bertentangan dengan undang-undang dan yurisprudensi dari Conmebol dan tim akan mengajukan banding resmi dengan Pengadilan Banding sebelum ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS).

River juga mempertanyakan keputusan Conmebol, dengan mengatakan akan membuat proposal hukum dan banding terkait dalam kaitannya dengan keputusan ini, terkait dengan perubahan tempat untuk pertandingan final Copa Libertadores 2018, sanksi denda dan larangan untuk bertanding tanpa penonton di dua pertandingan pada 2019.

Baca Juga: Mafia Suporter River Plate Dalang Kekacauan Final Copa Libertadores

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya