Bentuk Penghormatan, Wayne Rooney Dipanggil Kembali Timnas Inggris

Top skorer sepanjang masa Inggris

Timnas Inggris membuat sebuah keputusan unik saat memanggil kembali pemainnya yang telah pensiun, Wayne Rooney di jeda Internasional kali ini. Rooney akan diturunkan saat laga persahabatan melawan timnas Amerika Serikat di Wembley Stadium pada Jumat dini hari (16/11).

Pemanggilan kembali Rooney ke timnas Inggris merupakan bentuk penghormatan FA kepada sang pemain berkat kontribusinya selama ini.

1. Akan menggunkan nomor punggung 10 dan diberikan ban kapten

Bentuk Penghormatan, Wayne Rooney Dipanggil Kembali Timnas Inggrisfoxsportsasia.com

Wayne Rooney akan mengakhiri kariernya bersama timnas Inggris dengan mengenakan nomor punggung 10 dan diberikan ban kapten dalam laga persahabatan melawan Amerika Serikat. Hal ini merupakan cara yang paling terhormat atas dedikasinya dan rekor gol yang telah dia ciptakan untuk timnas Inggris.

Gareth Southgate akan memainkan Rooney pada babak kedua dalam laga tersebut, dan hal ini akan menjadi laga ke-120 Rooney bersama timnas Inggris. Menurut pelatih timnas Inggris tersebut, Rooney adalah striker terbaik yang pernah bermain bersamanya.

Di babak pertama sendiri ban kapten akan dipegang oleh Fabian Delph, namun saat Rooney masuk pada babak kedua, ban kapten akan diberikan kepada Rooney.

"Ada banyak pemain brillian dimana saya pernah bermain bersama mereka dalam 10 tahun karir saya. Tampaknya memang tidak tepat mengesampingkan Lampard, David Beckham, Sheringham dan Shearer dalam daftar, tapi bagiku Paul Gascoigne, Paul Scholes and Rooney telah mampu melakukan sedikit lebih dari pemain lainnya. Mereka merupakan pemain luar biasa pada masanya. 

2. Semua pemain menaruh respek besar bagi Rooney

Bentuk Penghormatan, Wayne Rooney Dipanggil Kembali Timnas Inggristwitter.com/WayneRooney

Timnas Inggris yang sebagian besar diisi oleh pemain muda memulai revolusinya dengan penampilan luar biasa di Piala Dunia dengan lolos ke babak semifinal. Hal ini tak terlepas dari strategi yang diterpkan oleh Gareth Southgate.

Menurutnya, para pemain muda ini pun sangat memiliki respek kepada Wayne Rooney yang kini bermain untuk klub MLS, DC United.

“Para pemain sangat ingin Wayne memakai No. 10 dan kami percaya itu tribute yang cocok,” kata Southgate dalam konferensi pers, Rabu (14/11/18)

“Semua pemain memiliki respek besar untuk Wayne dan mereka merasa cocok bahwa pertandingan terakhirnya harus memakai No. 10.”

Baca Juga: Minim Kontribusi, 3 Pemain ini Harus Mundur dari Timnas Inggris

3. Rekor Wayne Rooney bersama timnas Inggris

Bentuk Penghormatan, Wayne Rooney Dipanggil Kembali Timnas Inggristwitter.com/England

Wayne Rooney sebelumnya telah mengumumkan gantung sepatu dari timnas Inggris pada tahun 2017 lalu. Dia memiliki rekor 119 penampilan dan berhasil mencetak 53 gol. Hal ini menjadikannya top skorer sepanjang masa timnas Inggris mengungguli rekor Bobby Charlton yang telah bertahan selama 45 tahun dengan 49 gol.

Tak hanya itu, Rooney juga memiliki rekor cemerlang lainnya bersama timnas Inggris. Dia adalah pemain termuda yang pernah membela Inggris saat berusia 17 tahun 111 hari pada debut pertamanya tahun 2003. Total laga sebanyak 119 pertandingan pun menjadi nomor dua terbanyak setelah Peter Shilton dengan 125 caps.

4. Inggris akan menghadapi Kroasia di ajang UEFA Nations League

Bentuk Penghormatan, Wayne Rooney Dipanggil Kembali Timnas Inggrissportsnet.ca

Timnas Inggris sendiri akan disibukan kembali saat menghadapi finalis Piala Dunia 2018, Kroasia di ajang Nations League pada Minggu malam (18/11/2018). Mereka akan menjamu Kroasia di Wembley Stadium dengan kekuatan penuh.

Saat ini Inggris berada di posisi kedua di grup 4 Liga A dibawah Spanyol dengan 4 poin. Di pertemuan pertama, Inggris berhasil menahan imbang Serbia di kandangnya sendiri.

Tak dibisa dipungkiri jika Wayne Rooney merupakan salah satu pemain hebat dalam sejarh timnas Inggris, sehingga dia memang pantas untuk mendapatkan sebuah penghormatan.

Baca Juga: Laga Perpisahan, Kane Serahkan Ban Kapten kepada Rooney

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya