Legenda Barcelona Menilai Mbappe Tak Pantas Dihargai 280 Juta Euro 

Setara dengan Rp4,4 triliun, gila gak tuh?

Berstatus sebagai pemain muda terbaik, Kylan Mbappe memiliki segala hal untuk menjadi calon pemain terbaik dunia di masa depan. Di usianya yang baru 20 tahun dia telah mencicipi berbagai gelar bergengsi, termasuk Piala Dunia. Tak mengherankan jika dirinya menjadi sosok yang diimpikan setiap klub untuk dimiliki.

Real Madrid bahkan dikabarkan rela menggelontorkan harga selangit demi bisa memboyong eks pemain AS Monaco itu. Los Blancos kabarnya akan menyodorkan mahar sebesar 280 juta euro (Rp. 4,4 triliun) kepada PSG agar mau melepas bintang andalannya itu. Jika benar terjadi, Mbappe akan mengalahkan Neymar sebagai pemain terbaik dunia saat ini. Ia dibeli PSG dengan harga 200 juta paun saat diboyong PSG dari Barcelona.

Meski bakal menjadi sebuah rekor, harga selangit tersebut dianggap tidaklah relevan dan terlalu berlebihan. Mbappe dinilai tidak layak dihargai seperti itu. Kenapa? Berikut ulasannya.

1. Rivaldo: Tak ada pemain yang pantas dihargai 280 juta euro, sekalipun Messi dan Ronaldo

Legenda Barcelona Menilai Mbappe Tak Pantas Dihargai 280 Juta Euro en.as.com

Legenda Brasil, Rivaldo tidak meragukan potensi Kylan Mbappe yang dinilai bakal menjadi pemain terbaik dunia beberapa tahun mendatang. Tetapi harga 280 juta euro bagi seorang pemain menurutnya tidaklah masuk akal. Eks bintang Barcelona itu bahkan menilai jika pemain hebat sekaliber Lionel Messi, Cristiano Ronaldo hingga Neymar pun tak layak dihargai sebesar itu.

Rivaldo merasa jika bursa transfer saat ini sudah kelewat batas. Lebih jauh lagi, Ia mengungkapkan jika harga transfer Mbappe yang menyentuh 280 juta euro tidak bisa dibenarkan.

"Hari-hari ini saya membaca di media Prancis bahwa transfer Mbappe ke Madrid bisa menelan biaya 280 juta. Membayar angka seperti itu untuk pemain mana pun adalah berlebihan. Bahkan Messi, Cristiano Ronaldo atau Neymar tidak bernilai 280 juta," kata Rivaldo dikutip dari AS.

"Saya tidak mempertanyakan bakatnya sebagai pemain bola. Saya hanya mengatakan bahwa tidak ada pemain yang membenarkan investasi semacam itu," sambungnya.

Baca Juga: Mourinho: Mbappe Lebih Bernilai Ketimbang Ronaldo dan Messi

2. Bursa transfer saat ini lebih berpihak kepada tim dengan finansial tinggi

Legenda Barcelona Menilai Mbappe Tak Pantas Dihargai 280 Juta Euro eurosport.com

Saat ini sepak bola telah menjadi sebuah industri yang menghasilkan pundi-pundi uang yang menggiurkan. Harga pemain yang menyentuh angka triliunan Rupiah sudah dianggap hal yang wajar. Hal itu karena pemain yang dibeli tak hanya memiliki skill bagus di dalam lapangan, tetapi juga memiliki nilai marketing yang tinggi di luar lapangan hijau. Sehingga memberikan pemasukan yang signifikan untuk klub.

Terlepas dari itu semua, Rivaldo tetap menentang hal ini dikarenakan hanya klub dengan finansial tinggilah yang akan mampu memiliki pemain terbaik. Mereka memiliki kebebasan untuk memilih pemain yang diinginkan dari klub lain, yang di sisi lain hal itu bisa menggembosi kekuatan para pesaingnya.

"Masalahnya, itulah hukum bursa transfer sekarang, klub yang lebih besar dengan kemampuan finansial tinggi akhirnya mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan pemain terbaik."

Contoh yang paling relevan dengan kasus ini adalah PSG dan AS Monaco di Ligue 1. Dengan kekuatan uangnya, PSG kini berevolusi menjadi tim yang sangat superior di Ligue 1. Di sisi lain, AS Monaco yang sebagian besar pemain bintangnya dibeli tim kaya raya, termasuk Mbappe yang diboyong PSG kini terpuruk di papan bawah.

Kekuatan uang menjadi dua sisi mata pisau. Satu sisi menguntungkan secara finansial, di sisi lainnya mengurangi nilai kompetitif sebuah kompetisi.

3. Terlepas dari harganya yang kontroversial, Zidane mengharapkan Mbappe gabung Madrid

Legenda Barcelona Menilai Mbappe Tak Pantas Dihargai 280 Juta Euro metro.co.uk

Performa Kylan Mbappe tiap musimnya selalu membuat publik sepak bola berdecak kagum. Musim ini sendiri ia telah mencetak 32 gol dan 15 assist dari 35 laga PSG di semua ajang, termasuk menjadi top skorer Liga Prancis dengan 27 gol. Hal tersebut pun mulai membuat pelatih Madrid, Zinedine Zidane kagum.

Sang pelatih dikabarkan telah siap untuk memboyongnya di musim depan sebagai bagian dari revolusi Madrid dan pengganti Cristiano Ronaldo. Paling baru, Zidane menyebutkan kepada media jika dirinya tak heran dengan harga Mbappe yang sangat tinggi. Dengan kualitas yang dimiliki pemain berusia 20 tahun tersebut, Zidane merasa wajar.

"Anda tidak bisa mengatakan berapa nilai pemain hari ini. Entah itu 100 juta euro, 20 juta euro, atau 300 juta euro. Ketika saya datang ke sini dengan harga 72 juta euro, semua berpikir gila. Namun lihat harga pemain sekarang. Mbappe itu bukan pemain biasa," ujar Zidane

Zidane sendiri dibekali modal belanja pemain hingga 300 juta euro untuk musim depan. Dengan tawaran yang fantastis sebesar 280 juta euro, bukan tak mungkin PSG bakal tergoda untuk melepas Mbappe ke Madrid.

Baca Juga: Telat Datang Rapat, Mbappe Didenda PSG Rp 2,9 Miliar

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya