Comscore Tracker

Leicester City: Dilema Performa Impresif dan Kehilangan Pemain Kunci

Para pemainnya sedang diincar klub-klub besar

Musim 2015/2016 Leicester City mampu lahirkan sejarah baru usai menjuarai Liga Inggris pertama kalinya dalam sejarah klub. Sayang, performa impresif itu tak berlanjut di musim-musim selanjutnya. Mereka bahkan kembali hanya menjadi tim penghuni papan tengah. 

Empat tahun berlalu, musim ini The Foxes kembali tampil fantastis. Di bawah asuhan Brendan Rodgers, Leicester menjadi pesaing terdekat Liverpool dalam meraih juara. Namun prestasi ini selalu menjadi sebuah dilema bagi The Foxes, kenapa? Berikut ulasannya. 

1. Dilema klub "kecil" berprestasi

Leicester City: Dilema Performa Impresif dan Kehilangan Pemain Kuncitwitter.com/AyozePG

Sejak menjadi juara pada musim 2015/2016, prestasi terbaik The Foxes hanyalah finish di peringkat ke-9. Salah satu sebab penurunan performa dramatis tersebut adalah perginya para pemain kunci mereka "diculik" klub-klub besar.

Sebut saja N'golo Kante dan Danny Drinkwater yang dibeli Chelsea, serta Riyad Mahrez yang hengkang menuju Manchester City. Hal ini selalu menjadi dilema klub-klub kecil saat mereka berprestasi.

Klub-klub besar akan saling berebut berburu para pemain yang bersinar. Di sisi lain sang klub tak bisa menolak gelontoran dana besar yang disodorkan. Begitu juga sang pemain yang tergoda untuk merasakan petualangan baru bersama klub yang lebih besar.

2. Brendan Rodgers, kunci kebangkitan Leicester City

Leicester City: Dilema Performa Impresif dan Kehilangan Pemain Kuncisports.yahoo.com

Tengah musim lalu, Brendan Rodgers ditunjuk sebagai pelatih baru menggantikan Claude Puel yang tampil buruk. Liga Inggris bukanlah kompetisi asing baginya. Rodgers pernah sukses membawa Swansea City promosi ke Premier League dan hampir saja membawa Liverpool juara.

Catatan kepelatihannya pun sangat luar biasa saat membawa Celtic menjadi juara pada musim 2016/2017 dengan rekor tanpa terkalahkan sepanjang kompetisi. Kini ia pun sukses membawa "keajaiban" kembali untuk The Foxes.

Hingga pekan ke-21, Leicester menjadi pesaing terdekat Liverpool dalam meraih juara. The Foxes tempati peringkat runner up dengan selisih 13 poin.

Baca Juga: Perez, Maddison dan Choudhury Membawa Leicester Meraih 3 Poin

3. The Foxes kembali lahirkan pemain-pemain bintang

Leicester City: Dilema Performa Impresif dan Kehilangan Pemain Kuncimanchestereveningnews.co.uk

Kehadiran Brendan Rodgers dan melesatnya performa klub, berbanding lurus dengan penampilan apik para pemainnya. Pemain-pemain calon bintang pun kembali terlahir dari skuat Leicester City musim ini.

Selain Jamie Vardy yang kembali tampil tajam dan menjadi top skorer sementara dengan 17 gol, nama James Maddison, Ben Chilwell dan Çağlar Söyüncü pun mulai menarik perhatian pencinta sepak bola. Mereka menjadi pemain kunci performa luar biasa The Foxes musim ini.

4. The Foxes kembali terancam digerogoti klub besar

Leicester City: Dilema Performa Impresif dan Kehilangan Pemain Kuncivaaju.com

Dilema pun kini kembali menghantam The Foxes. Dibalik performa apiknya musim ini, para pemainnya pun lagi-lagi digoda tim-tim besar. Awal musim ini menjadi permulaan saat mereka harus melepas bek andalannya, Harry Maguire ke Manchester United dengan banderol 75 juta euro.

Kini transfer musim dingin resmi dibuka, dua pemain pun dirumorkan akan segera meninggalkan klub. Mereka adalah Ben Chilwell yang diburu Chelsea, dan James Maddison yang menjadi rebutan Manchester United dan Real Madrid.

Meski The Foxes bersikukuh tak akan menjual sang pemain, namun sampai kapan mereka akan mampu mempertahankannya?

5. Menilik prestasi Leicester musim ini

Leicester City: Dilema Performa Impresif dan Kehilangan Pemain Kuncilcfc.com

Terlepas dari rumor transfer para pemain bintangnya, performa Leicester City musim ini memang layak mendapatkan apresiasi. Kans mereka kembali menjadi juara Liga Inggris tampaknya memang sangat sulit melihat penampilan Liverpool yang fantastis di musim ini.

Namun mereka masih memiliki kesempatan di dua ajang lokal lainnya. Saat ini mereka telah pastikan tiket semifinal Carabao Cup. The Foxes bakal berhadapan dengan Aston Villa, dan lebih diunggulkan untuk bisa lolos ke final.

Sedangkan di ajang FA Cup mereka baru saja memastikan tiket ke putaran empat setelah menyingkirkan Wigan dengan skor 2-0. Dengan kesempatan juara yang masih terbuka, layak untuk dinanti kejutan apa yang akan diberikan The Foxes.

Baca Juga: Bantah Pemain Kelelahan, Jurgen Klopp: Liverpool Siap Hadapi Leicester

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya