Comscore Tracker

Leicester Kalahkan Man City di Boxing Day, Ini 5 Fakta Menariknya

Posisi City turun satu peringkat

Juara bertahan Manchester City kembali menderita kekalahan ketiganya di Liga Inggris musim ini. Kali ini Leicester City berhasil kandaskan The Citizen dengan skor 2-1 di laga boxing day pada Rabu malam (26/12).

City sebenarnya mampu unggul terlebih dulu melalui gol Bernardo Silva pada menit ke-14, namun berhasil disamakan lima menit kemudian melalui sontekan Marc Albrighton. Petaka muncul di babak kedua, tepatnya di menit ke-81 saat tendangan kencang Pereira berhasil membobol gawang Moraes.

Dengan hasil ini, City pun harus rela posisinya turun satu peringkat ke posisi ketiga. Berikut adalah fakta lain kekalahan Man City.

1. Jumlah kekalahan City telah melebihi total musim lalu

Leicester Kalahkan Man City di Boxing Day, Ini 5 Fakta Menariknyamancity.com

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2016 Manchester City mengalami dua kekalahan secara beruntun. Uniknya, kekalahan kedua selalu datang dari tim dan tempat yang sama, yaitu Leicester City. Kekalahan ini pun menjadi kekalahan ketiga mereka musim ini setelah sebelumnya alami kekalahan dari Chelsea dan Crystal Palace.

Jumlah ini menjadi kekalahan terbanyak jika dibandingkan musim lalu saat menjadi juara di mana anak asuh Pep Guardiola hanya alami dua kali kekalahan. Bulan Desember tampaknya menjadi bulan yang ta bersahabat bagi Pep Guardiola. Dari 11 kekalahan yang dia alami bersama Manchester City, 6 di antaranya selalu datang di bulan Desember.

2. Kini Manchester City tertinggal 7 poin dari Liverpool

Leicester Kalahkan Man City di Boxing Day, Ini 5 Fakta Menariknya.premierleague.com

City tampaknya mulai kehabisan bensin memasuki akhir tahun 2018. Setelah tak terkalahkan dalam 15 laga Liga Inggris, City justru alami 3 kekalahan dari 4 laga terakhirnya di Liga Inggris.

Akibatnya, margin poin dengan pemuncak klasemen pun kini semakin menjauh. Liverpool semakin kokoh di puncak klasemen dengan 51 poin setelah berhasil kalahkan Newcastle dengan skor 4-0, unggul 7 poin dari City yang turun ke posisi 3.

Runner up sendiri kini ditempati Tottenham Hotspurs yang pesta gol ke gawang Bournemouth dengan skor 5-0.

Baca Juga: Laga Boxing Day, Ini 4 Kabar Terbaru Liverpool vs Newcastle

3. Leicester berhasil kalahkan dua tim The Big Four secara beruntun

Leicester Kalahkan Man City di Boxing Day, Ini 5 Fakta Menariknyapremierleague.com

Usai meraih trofi Liga Inggris secara fantastis pada musim 2015/2016, Leicester City kesulitan kembali ke performa terbaiknya. Apalagi setelah pemain-pemain bintangnya seperti N'golo Kante, Drinkwater dan Riyad Mahrez hengkang menuju klub papan atas, Chelsea dan Manchester City.

Musim ini pun tampaknya mereka alami kesulitan saat gagal raih kemenangan dari 4 laga terakhirnya di semua kompetisi. Namun akhirnya mereka berhasil bangkit di pekan ke-18 saat berhasil kalahkan tuan rumah Chelsea dengan skor 0-1.

Performa positif berhasil mereka pertahankan di laga boxing day saat berhasil kembali mengalahkan tim papan atas Manchester City dengan skor 2-1. Hal ini menjadi catatan yang luar biasa karena mereka menjadi satu-satunya tim yang berhasil kalahkan kedua tim papan atas tersebut di musim ini.

4. Catatan Opta

Leicester Kalahkan Man City di Boxing Day, Ini 5 Fakta Menariknyatwitter.com/premierleague
  • Bernardo Silva terlibat langsung dalam sembilan gol dari 18 penampilannya di Premier League musim ini (lima gol, empat assist), hanya kurang satu dari 35 penampilannya di musim lalu (enam gol, empat assist).
  • Dengan Ricardo Pereira yang mencetak gol untuk Leicester, serta Bernardo Silva untuk Manchester City, ini adalah pertama kalinya pemain Portugal membubuhkan namanya di papan skor untuk masing-masing tim dalam satu laga Premier League.
  • Fabien Delph menjadi pemain pertama Man City yang diganjar kartu merah di musim ini di Liga Inggris.

5. Akan hadapi Southampton di akhir tahun 2018

Leicester Kalahkan Man City di Boxing Day, Ini 5 Fakta Menariknyasbnation.com

Southampton akan menjadi lawan Man City di penghujung tahun 2018 ini (30/12). Laga ini pun akan menjadi laga pertama di periode kedua Liga Inggris alias pekan ke-20. Citizens wajib memenangi pertandingan ini jika tak ingin semakin menjauh dari persaingan juara Liga Inggris musim ini. Apalagi pekan selanjutnya mereka akan berhadapan dengan Liverpool yang akan menajdi laga krusial perebutan juara musim ini.

Jika melihat catatan kedua tim, City seharusnya bisa menang mudah. Di pertemuan pertama sendiri, City berhasil kalahkan Soton dengan skor 6-1 di Ettihad Stadium. Mampukah City kembali bangkit dan menuju jalur kemenangan lagi?

Baca Juga: Rangkuman Liga Inggris Pekan Ke-18, Liverpool Jauhi Jarak Man City

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya