Liga Eropa: Bungkam BATE, Arsenal Melaju ke Fase 16 Besar

Calon juara nih!

Arsenal menjamu BATE di leg kedua babak 32 besar Liga Eropa dengan defisit satu gol, usai kalah 1-0 di leg pertama. Namun hal tersebut tidak menjadi beban yang terlalu berat karena mereka berhasil menyingkirkan lawannya itu dengan skor 3-0 di Emirates Stadium pada Jumat dinihari (22/02) WIB.

Tiga gol The Gunners dipersembahkan melalui gol bunuh diri Zakhar Volkov (4'), Shokdran Mustafi (39') dan Papastathopoulos (60'). Hasil ini pun membuat Arsenal lolos dengan mudah ke babak 16 besar dengan keunggulan aggregate 3-1. Berikut ulasan pertandingannya.

1. Tampil beringas, gol-gol Arsenal justru lahir dari para pemain belakang

Liga Eropa: Bungkam BATE, Arsenal Melaju ke Fase 16 Besararsenal.com

Berambisi untuk mengejar ketertinggalan, The Gunners langsung tampil offensif sejak menit pertama. Tak perlu waktu lama, Arsenal berhasil unggul di menit ke-4 setelah pemain bertahan BATE, Zakhar Volkov salah mengantisipasi umpan silang Aubameyang yang justru masuk ke gawangnya sendiri.

Mengandalkan serangan melalui Mesut Ozil dan Aubameyang, Arsenal berhasil mendominasi jalannya pertandingann. Gol kedua akhirnya lahir di menit ke-39 melalui sundulan kepala Mustafi usai menerima sepakan pojok Granit Xhaka. Gol tersebut disambut antusias para pemain dan fans dan Arsenal berbalik unggul dengan aggregate 2-1 hingga babak pertama usai.

Arsenal berhasil mempertahankan irama permainan dengan penguasaa bola hingga 68 persen dan melakukan 22 tendangan ke arah gawang lawan, berbanding hanya 4 percobaan milik lawan. Meski begitu, gol ketiga Arsenal justru kembali lahir dari pemain belakang mereka dengan skema sama dari tendangan pojok. Namun kali ini gol lahir dari sundulan Sokratis Papastathopoulos.

Keunggulan tiga gol tanpa balas dipertahankan Arsenal hingga laga usai dan kemenangan tersebut membuat mereka mengunci tiket babak 16 besar turnamen dengan agregat 3-1.

Baca Juga: Comeback pada Leg Kedua, Arsenal Bantai BATE Borisov di Emirates

2. Lolos ke 16 besar, Emery: Arsenal satu dari enam yang bisa juara liga Eropa

Liga Eropa: Bungkam BATE, Arsenal Melaju ke Fase 16 Besararsenal.com

Lolosnya Arsenal ke babak 16 besar Liga Eropa disambut antusias oleh Unai Emery. Sang pelatih bahkan percaya timnya menjadi unggulan untuk bisa meraih trofi Liga Eropa musim ini. Ia pun menyatakan jika Arsenal akan memiliki pesaing berat lainnya yang berpotensi menjadi juara. Mereka adalah Napoli, Inter Milan, Chelsea, Sevilla dan Valencia yang juga memastikan lolos ke babak 16 besar.

Unai Emery sendiri merupakan salah satu pelatih tersukses di Liga Eropa dengan meraih trofi Liga Eropa tiga musim beruntun bersama Sevilla. Trofi ini pun menjadi satu-satunya yang tersisa yang bisa diraih The Gunners di musim ini. Sebelumnya mereka telah tersngkir di FA Cup dan Carabao Cup, sedangkan di Liga Inggris saat ini mereka berada di posisi ke-5 dan sangat sulit untuk bersaing meraih trofi.

"Kami bisa juara. Mungkin jika kami bisa bilang ada enam tim yang bisa menjuarainya, salah satunya adalah Arsenal. Tapi ini sangat sulit. Banyak tim yang menginginkan hal yang sama," ujar Emery. "Kami harus menikmati kompetisi ini dan menciptakan atmosfer hebat bersama suporter kami. Perasaan ini bisa memberi kami kemungkinan lebih, dengan kualitas kami sebagai tim."

3. Meski Mesut Ozil tampil apik, posisinya masih belum aman

Liga Eropa: Bungkam BATE, Arsenal Melaju ke Fase 16 Besartwitter.com/MesutOzil1088

Untuk pertama kalinya sejak bulan Desember lalu, Mesut Ozil diturunkan full 90 menit saat menghadapi BATE. Emery pun memuji penampilan pemain asal Jerman tersebut yang tampil dengan determinasi tinggi dan kualitas pemain dunia. Meski begitu, posisinya di tim utama belum tentu aman.

Emery menyatakan jika dirinya tetap akan melakukan rotasi di sektor gelandang. Sejak kedatangan Emery sebagai pelatih Arsenal, Mesut Ozil memang lebih sering duduk di bangku cadangan. Emery pun meminta Ozil untuk terus tampil konsisten. Hanya dengan begitu dirinya bakal mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak lagi.

"Hari ini dia menunjukkan apa yang dia inginkan. Jika dia tampil seperti dua minggu terakhir, kami akan memainkannya lebih banyak. Kadang-kadang kami membutuhkannya di starting XI dan kadang-kadang di bangku cadangan karena kami memiliki banyak pemain juga yang membantu kami.

"Semangatnya seperti hari ini baik dan kualitas serta kapasitas serta kombinasinya dengan beberapa pemain sangatlah bagus," ungkap Emery.

Baca Juga: Arsenal Selamat dari Jurang & 4 Fakta Leg II 32 Besar Europa League

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya