Liga Eropa: Kalah dari Bate, Arsenal Janji Balas Dendan di Leg Kedua

The Gunners bermain dengan 10 pemain

Bertandang ke Borisov Stadium, Arsenal haus menelan pil pahit usai dikalahkan tuan rumah dengan skor 1-0 pada Jumat dini hari (15\02) WIB. Satu-satunya gol dalam pertandingan ini tercipta lewat sundulan Stanislaw Drahun di menit ke-45.

Meski kalah, peluang Arsenal untuk lolos ke babak selanjutnya masih terbuka lebar di leg kedua nanti di Emirates Stadium. The Gunners minimal butuh kemenangan 2-0 untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kuasai jalannya pertandingan, Arsenal justru kecolongan di akhir babak pertama

Liga Eropa: Kalah dari Bate, Arsenal Janji Balas Dendan di Leg Keduarte.ie

Unai Emery menurunkan Alexandre Lacazette sebagai bomber utama dalam laga menghadapi Bate. Sejak peluit awal berbunyi, Arsenal sudah tampil agresif. Sayang beberapa peluang yang didapat Henrikh Mkhitaryan cs masih belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-28, Bate hampir unggul jika saja peluang emasnya tidak membebtur mistar gawang. Petaka akhirnya hadir bagi Arsenal di akhir babak pertama. Berawal dari tendangan bebas Igor Stasevich  di sisi kanan, Stanislau Dragun berhasil menanduk bola dan membobol gawang Petr Cech.

Baca Juga: Arsenal Sukses Raih Kemenangan Tandang Pertama Sejak November 2018!

2. Nasib buruk Alexandre Lacazette di babak kedua

Liga Eropa: Kalah dari Bate, Arsenal Janji Balas Dendan di Leg Keduastandard.co.uk

Keluar dari kamar ganti, Arsenal semakin garang membombardir pertahanan Bate. Beberapa peluang melalui Alexandre Lacazette gagal menemui sasarannya. Pemain asal Prancis tersebut bahkan sempat menceploskan bola ke gawang BATE setelah menyambar umpan silang Kolasinac. Sayang, gol tersebut dianulir wasit akibat sang striker terjebak offside lebih dulu.

Arsenal memasukan Pierre-Emerick Aubameyang, Lucas Torreira, dan Denis Suarez demi mengejar ketertinggalan di babak kedua. Namun pertahanan kokoh yang diperagakan bek Bate tak mampu ditembus para striker The Gunners. Arsenal sendiri mutlak menguasai laga hingga 77 persen dan menciptakan 16 tendangan ke arah gawang, namun tak satu pun gol tercipta hingga laga usai.

Nasib buruk justru menimpa Lacazette. Usai golnya dianulir, dia malah diganjar kartu merah di menit ke-85 akibat menyikut Aleksandar Filipovic. Arsenal pun harus pulang dari Belarusia dengan kekalahan. Sang striker pun dipastikan absen di leg kedua nanti. The Gunners butuh kemenangan 2-0 jika ingin lolos ke babak selanjutnya.

3. Unai Emery: Leg kedua dijamin bakal berbeda

Liga Eropa: Kalah dari Bate, Arsenal Janji Balas Dendan di Leg Keduaarsenal.com

Kekalahan yang diderita anak asuhnya pecahkan rekor tak terkalahkan Arsenal di Liga Eropa musim ini. Hasil ini juga membuat langkan mereka lolos ke babak berikutnya semakin berat. Meski begitu, Unai Emery berjanji akan tampil lebih baik lagi di leg kedua nanti di Emirates Stadium.

Liga Eropa sendiri menjadi satu-satunya trofi yang tersisa bagi mereka di musim ini usai terseok-seok di liga domestik. Jika tak ingin mengakhiri musim tanpa gelar, mereka tak punya pilihan lagi selain menang besar di leg kedua nanti.

Namun hal itu akan cukup berat karena mereka tak akan diperkuat Alexandre Lacazette yang menerima kartu merah. Bate pun dipastikan akan tampil lebih militan demi mempertahankan kemenangannya.

"Ini adalah laga pertama. Kami menjalani laga selanjutnya di London dan saya pikir ini bisa berjalan berbeda. Saya percaya kepada para pemain kami di stadion dengan para pendukung. Saya percaya pada pekerjaan serta persiapan kami untuk membuat hasilnya berbeda," ujar Emery.

Baca Juga: Bungkam Arsenal 3-1, Man City Potong Selisih Poin dengan Liverpool

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya