Comscore Tracker

Penghargaan Ke-6, Lionel Messi Raih Sepatu Emas Eropa 2019

Pemegang rekor terbanyak sepatu emas Eropa

Lionel Messi kembali catatkan namanya dalam sejarah sepak bola dengan meraih penghargaan sepatu emas Eropa 2019. Penghargaan ini diberikan kepada pemain yang sukses mencetak gol paling banyak dalam satu musim di benua Eropa.

Messi sendiri terpilih usai mencetak 36 gol dari 34 laga Barcelona di La Liga musim 2018/2019. Penghargaan ini sendiri menjadi yang ke-6 kalinya dalam karier profesional bintang Barcelona tersebut.

1. Mengalahkan Kylan Mbappe

Penghargaan Ke-6, Lionel Messi Raih Sepatu Emas Eropa 2019dailymotion.com

Lionel Messi berhasil menyisihkan nama-nama seperti Kylan Mbappe dan Fabio Quagriella untuk menangi Gold Shoe 2019. Messi unggul lima gol dari Kylan Mbappe yang mencetak 33 gol bersama PSG di Ligue 1. Sedangkan Quagliarella menceploskan 26 gol bersama Sampdoria di Serie A.

Hebatnya, penghargaan ini menjadi yang ketiga ia dapatkan dalam tiga musim secara beruntun. Kini total Messi telah meraih 6 penghargaan Golden Shoes sepanjang kariernya.

Baca Juga: Bintang Liverpool: Messi Bisa Membuat Kamu Terlihat Bodoh di Lapangan

2. Rekor Sepatu Emas terbanyak Messi bakal bertahan cukup lama

Penghargaan Ke-6, Lionel Messi Raih Sepatu Emas Eropa 2019fcbarcelona.com

Dengan pencapaian  ini, Lionel Messi tercatat sebagai pemegang rekor terbanyak Golden Shoes. Ia semakin unggul jauh dari Cristiano Ronaldo yang baru mengoleksi 4 penghargaan. 

Messi pertama kali meraih penghargaan ini pada musim 2009/2010, lalu berlanjut di musim 2011/2012, 2012/2013 dan tiga musim beruntun dari tahun 2017 hingga 2019 ini. Rekor ini sendiri tampaknya masih akan bertahan cukup lama.

Pemain aktif yang masih berpotensi mengejar raihan Messi ini hanya Crisitano Ronaldo (4) dan Luis Suarez (2). Namun dengan usia keduanya yang telah mencapai kepala tiga, kesempatan mengejar rekor Lionel Messi ini cukup kecil.

3. Lionel Messi masih majal di musim ini

Penghargaan Ke-6, Lionel Messi Raih Sepatu Emas Eropa 2019businessinsider.sg

Lionel Messi memulai musim dengan tidak maksimal usai menderita cedera. Sehingga harus absen di laga-laga awal Barcelona. Usai sembuh dari cedera, tercatat ia baru bermain di lima laga bersama Blaugrana di musim ini dengan catatan satu gol ketika kalahkan Sevilla.

Meski begitu, perlahan permainannya mulai tampak kembali dan memberikan dampak yang signifikan bagi Barcelona. Saat ini mereka berada di posisi runner-up di bawah Real Madrid dengan selisih dua poin.

Baca Juga: Lionel Messi Moncer, Valverde: Bakal Lebih Banyak Gol Lagi

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You