Comscore Tracker

Liverpool Raih Tiket Perempat Final Liga Champions Usai Babat Muenchen

Semua tim Inggris lolos ke perempat final

Liverpool akhirnya lengkapi empat wakil Inggris di perempat final Liga Champions musim ini usai tundukan Muenchen dengan skor 1-3 pada Kamis dini hari (14/03). Tiga gol kemenangan The Reds dicetak oleh brace Sadio Mane (26', 86') dan Virgil Van Dijk (69'), sedangkan satu-satunya gol tuan rumah tercipta dari gol bunuh diri bek Liverpool Joel Matip (39').

Raihan ini ulangi hasil satu dekade yang lalu di mana 4 klub Inggris  berhasil lolos ke perempat final. Sedangkan Jerman tak memiliki satu pun wakil setelah semuanya gagal di babak 16 besar oleh klub dari Inggris.

1. Bermain dengan intensitas tinggi, kedua tim berbagi gol di babak pertama

Liverpool Raih Tiket Perempat Final Liga Champions Usai Babat Muenchenuefa.com

Memiliki kans yang sama besar untuk lolos, kedua tim langsung bermain dengan intensitas yang sangat tinggi sejak menit awal. Bahkan Liverpool harus kehilangan kapten mereka di menit ke-13 karena alami cedera.

Meski begitu, The Reds mampu mengejutkan tuan rumah setelah unggul lebih dahulu di menit ke-26. Menerima umpan jauh Van DIjk, Sadio Mane berhasil mengelabui Manuel Neuer untuk menceploskan bola.

Tertinggal satu gol, Die Roten langsung meningkatkan intensitas serangan. Akhirnya usaha mereka terbalaskan di menit ke -39 setelah umpan Serge Gnabry justu salah diantisipasi Matip dan membuat bola masuk ke gawangnya sendiri. Skor 1-1 pun menjadi penutup babak pertama.

2. Van Dik dan Sadio Mane jadi pahlawan kelolosan Liverpool di babak kedua

Liverpool Raih Tiket Perempat Final Liga Champions Usai Babat Muenchentwitter.com/JamesMilner

Lepas dari kamar ganti, giliran Liverpool yang mendominasi jalannya pertandingan. Sayang beberapa usaha mereka, salah satunya melalui Mohamed Salah masih gagal berbuah gol. The Reds akhirnya bisa tersenyum lebar di menit ke-69 setelah sundulan Van Dijk berhasil menjebol gawang Neuer manfaatkan sepakan pojok Milner. The Reds pun kembali unggul.

Gol tersebut semakin membuat langkah Muenchen untuk lolos semakin berat. Alih-alih mencetak gol balasan, Muenchen justru semakin menderita setelah kembali dibobol untuk yang ketiga kalinya di menit ke-84.

Sadio Mane berhasil mencetak gol keduanya dalam laga tersebut usai menerima umpan manis dari Mohamed Salah. Gol tersebut sekaligus memupuskan asa tim Jerman ke perempat final.

Di waktu tersisa, tak ada lagi gol tercipta. The Reds susul tim Inggris lainnya ke perempat final, sekaligus menyamai rekor tahun 2009 di mana empat tim Inggris raih tiket perempat final.

Baca Juga: Bayern Munich vs Liverpool: Duel Dua Tim yang Sama-Sama Panas

3. Lolos ke perempat final, Jurgen Klopp: Liverpool kembali ke habitatnya

Liverpool Raih Tiket Perempat Final Liga Champions Usai Babat Muenchenuefa.com

Liverpool sempat diragukan bisa langkahi Bayern Muenchen di leg kedua 16 besar di Allianz Arena. Apalagi mereka dikabarkan lebih menargetkan Liga Inggris dan memiliki rekor tandang sangat buruk di Liga Champions musim ini. Namun anak asuh Jurgen Klopp membuktikan diri jika mereka adalah salah satu raja Eropa musim ini.

Pelatih asal Jerman itu pun menyebutkan jika kini Liverpool telah kembali ke habitatnya. Ia pun menilai kemenangan ini telah memberikan bagi Liverpool dan para pemain. Hasil ini akan menjadi bekal hebat untuk The Reds dalam upaya mereka bersaing dengan Man City di sisa Liga Inggris musim ini. Saat ini mereka tertinggal satu angka dari City di tabel klasemen yang dengan 8 pertandingan tersisa.

“Saya melihat (kegembiraan) pada semua pemain Liverpool di ruang ganti. Semua orang yang melihatnya bersama kami tahu bahwa ini adalah malam yang besar. Kami menetapkan standar bagi Liverpool, untuk klub yang luar biasa ini, bahwa kami benar-benar kembali ke papan atas sepak bola internasional. Kami berpikir disitulah klub pantas berada dan saya sangat senang dengan hasilnya,” ujar Klopp.

4. Fakta menarik usai laga

Liverpool Raih Tiket Perempat Final Liga Champions Usai Babat Muenchenuefa.com

Laga dua tim raksasa Eropa ini menghadirkan beberapa fakta menarik selepas laga. Selain menjadi pertama kalinya 4 tim Inggris bisa lolos ke perempat final sejak musim 2008/2009, ini juga menjadi pertama kalinya selama 13 tahun terakhir tidak ada satu pun wakil Jerman di perempat final.

Ironisnya lagi, semua tim Jerman musim ini dibantai habis oleh klub Inggris. Schalke dibantai Manchester CIty 10-2, Dortmund ditundukan Spurs 4-0, dan kini Muenchen kalah aggregate 3-1.

Pertandingan ini juga menciptakan rekor pribadi bagi beberapa pemain. Manuel Neuer menjalani pertandingan ke-101 di Liga Champions pada laga versus Liverpool. Dia menjadi pemain keempat Jerman yang paling banyak tampil di ajang tersebut setelah Philipp Lahm (112), Thomas Mueller (105), dan Oliver Kahn (103).

Sedangkan Virgil van Dijk menjadi pemain pertama Liverpool yang mencetak gol dan assist pada laga fase gugur Liga Champions sejak 2007. Pemain terakhir yang melakukannya adalah Craig Bellamy pada Februari 2007.

Baca Juga: Liverpool, Wakil Keempat Inggris di Perempat Final Liga Champions

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You