Comscore Tracker

Pesta Gol, Man City Pastikan Tiket Perempat Final Liga Champions

Kemenangan terbesar klub Inggris di Liga Champions

Man City menjadi tim Inggris ketiga yang memastikan langkahnya ke babak perempat final Liga Champions musim ini. Hal tersebut mereka pastikan usai membantai Schalke 7-0 di Etihad Stadium pada Rabu dinihari (13/03). The Citizen pun keluar sebagai pemenang dengan rekor agregat 10-2.

Sergio Aguero menjadi bintang dengan mencetak dua gol (35', 38'), sedangkan gol lainnya masing-masing diukir oleh  Leroy Sané (42) Raheem Sterling (56) Bernardo Silva (71) Phil Foden (78) dan Gabriel Jesus (84). Kemenangan besar ini menjadi sinyal kekuatan Man City yang patut diwaspadai oleh tim lainnya yang lolos ke perempat final. Berikut ulasannya.

1. Mimpi buruk Schalke, Sergio Aguero cetak brace hanya dalam waktu tiga menit

Pesta Gol, Man City Pastikan Tiket Perempat Final Liga Championstwitter.com/ChampionsLeague

Berbekal kemenangan 3-2 di leg pertama tak membuat Man City bermain aman menghadapi Schalke di Emirates Stadium. Anak asuh Pep Guardiola bahkan tampil menggebrak sejak menit-menit awal, namun Schalke mampu mengimbanginya. Mereka bahkan sempat membahayakan lini pertahanan Man City melalui kerja sama Yevhen Konoplyanka dan Breel Embolo.

City akhirnya mampu membuka gol di menit ke-35 melalui eksekusi penalti Sergio Aguero, setelah Bernardo Silva dijatuhkan di kotak penalti. Tak butuh waktu lama, Aguero berhasil cetak brace tiga menit kemudian usai menerima sodoran dari Raheem Sterling. Gol tersebut menjadi gol kelima Aguero dari lima penampilannya di Liga Champions musim ini.

City semakin di atas angin setelah berhasil ceploskan gol ketiganya di menit ke-42 melalui aksi Leroy Sane yang menerima umpan Zinchenko. Skor 3-0 pun menutup paruh pertama.

2. Man City makin menggila di babak kedua, Leroy Sane cetak hat-trick assist

Pesta Gol, Man City Pastikan Tiket Perempat Final Liga Championstwitter.com/LeroySane19

Usai istirahat, penderitaan tim tamu justru semakin menjadi-jadi. Keran gol Man City di babak kedua semakin mengalir deras. Raheem Sterling berhasil ceploskan bola di menit ke-56 usai menerima umpan Leroy Sane. City tampil sangat superior dengan penguasaan bola hingga 73 persen dan berhasil ciptakan 15 percobaan dengan 11 tembakan mengarah ke gawang lawan, berbanding hanya dua percobaan milik tim lawan.

Unggul 4-0, Guardiola memasukan Phil Foden dan Gabriel Jesus di 20 menit terakhir laga. Leroy Sane lagi-lagi menjadi aktor terciptanya gol kelima Man City. umpannya kepada Bernardo Silva, berhasil dikonversi menjadi gol oleh pemain asal Portugal tersebut. 

Phil Foden dan Gabrie Jesus yang baru dimasukkan di babak kedua tak ingin kalah dari rekan-rekannya untuk mencetak gol. Foden berhasil mencetak gol di menit ke-78 usai menerima umpan Leroy Sane. Pertandingan pun ditutup melalui gol Gabriel Jesus delapan menit sebelum laga usai melalui tendangan melengkungnya.

Leroy Sane menarik perhatian dalam laga tersebut setelah menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak tiga assist dalam satu knock out  Liga Champions, setelah terakhir kalinya dilakukan Frank Ribery pada tahun 2012.

Baca Juga: Tersingkir dari Liga Champions, AS Roma Resmi Pecat Di Francesco

3. Pep Guardiola: Agresivitas kunci kemenangan City

Pesta Gol, Man City Pastikan Tiket Perempat Final Liga Championsuefa.com

City kukuhkan sebagai klub pertama Inggris yang mampu meraih agregat 10-2 di Liga Champions, sekaligus susul Tottenham dan Man United ke perempat final Liga Champions musim ini. Tak hanya itu, mereka pun mencatatkan 18 kemenangan dari 19 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Kemenangan telak lebih dari selusin gol pun tak hanya sekali mereka dapatkan di musim ini. Sebelumnya mereka berhasil mencukur Chelsea 6-0, Burton 9-0 dan Rotherham dengan skor 7-0.

Pep Guardiola pun menyatakan kegembiraannya dengan raihan anak asuhnya. Meski sempat bermain hati-hati di setengah jam pertama, ia berhasil meningkatkan agresivitas Aguero dkk setelahnya. Bermain terbuka dan agresivitas menjadi kunci kemenangan City dalam laga tersebut.

“Ini adalah hasil yang jelas. Kami bahagia bisa mencapai perempat final. Kami tidak memulai laga dengan baik – kami sedikit takut untuk bermain (terbuka) – tetapi setelah unggul 1-0, kami lebih rileks dan memutuskan untuk bermain terbuka dan agresif."

“Kami maju ke perempat final, ini sungguh menyenangkan dan saya bahagia.”

4. Akan jalani perempat final FA Cup melawan Swansea empat hari kemudian

Pesta Gol, Man City Pastikan Tiket Perempat Final Liga Championstwitter.com/ManCity

Tahun 2019 menjadi musim yang sangat luar biasa bagi pasukan Pep Guardiola. Mereka telah memenangi dua trofi domestik, Community Shield dan Carabao Cup. Tak hanya itu, mereka pun masih berkesempatan juara di tiga ajang lainnya, Liga Inggris, Liga Champions dan FA Cup.

Usai raih posisi puncak Liga Inggris dan tiket perempat final Liga Champions, City akan dihadapkan dengan tim kasta kedua Liga Inggris, Swansea di babak perempat final FA Cup. Menilai dari segi kualitas dan permainan, seharusnya City bisa melangkah dengan mudah ke semifinal.

Namun Swansea akan bermain di hadapan suporternya sendiri dan FA Cup selalu mampu menghadirkan kejutan. Sehingga City harus tetap waspada dan tidak menganggap enteng sang lawan. Melihat peta kekuatan tim-tim yang lolos ke perempat final FA Cup yang lebih banyak diisi tim-tim papan tengah dan hanya Man United yang berstatus unggulan, bukan tak mungkin City berpeluang quadruple di akhir musim ini. Mampukah?

Baca Juga: Pesta Gol, Manchester City Hancurkan Schalke di Etihad Stadium

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You