Manchester United Resmi Pecat Jose Mourinho

Siapa ya penggantinya?

Manchester United secara mengejutkan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kerja samanya dengan pelatih asal Portugal, Jose Mourinho. Hal ini tak terlepas dari performa buruk yang ditampilkan MU di musim ini. Tampaknya manajemen pun semakin tak sabar dengan Mourinho setelah kekalahan dari Liverpool dengan skor 3-1 di Liga Inggris pekan lalu.

Siapakah kira-kira yang akan menjadi penggantinya?

1. Pernyataan resmi klub

Manchester United Resmi Pecat Jose Mourinhogoal.com

Man United merilis pengumuman mengejutkan ini melalui situs klub yang dirilis Selasa (18/12) waktu setempat. Tidak banyak ungkapan yang diberikan selain pemutusan hubungan kerja dan ungkapan terima kasih atas dedikasinya selama ini.

"Manchester United mengumumkan bahwa Jose Mourinho telah meninggalkan klub. Kami mengucapkan terima kasih atas hasil kerja dia di Man United dan mendoakan sukses pada masa depan," demikian pernyataan klub lewat situs resminya.

Man United sendiri belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan peran Mourinho di Old Trafford. Namun mereka menyatakan jika caretaker akan ditunjuk hingga akhir musim.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Manchester United Harus Segera Memecat Jose Mourinho

2. Prestasi Mourinho bersama Man United

Manchester United Resmi Pecat Jose Mourinhosoccerinfomania.com

Sepanjang 2,5 tahun menangani Setan Merah, Jose Mourinho berhasil mempersembahkan 3 trofi yaitu Community Shield, EFL Cup dan Liga Eropa. Prestasi Mourinho bersama MU di Liga Inggris sendiri adalah sebagai runner up musim lalu di mana yang terbaik sepanjang peninggalan Sir Alex Fergusson.

Sayangnya, musim ini menjadi musim terburuknya bersama Man United. Meski berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Champions, MU terpuruk di Liga Inggris. Saat ini mereka berada di posisi ke-6, tertinggal 19 angka dari Liverpool yang berada di puncak klasemen.

Bahkan mereka pun tertinggal cukup jauh yakni 11 angka dari Chelsea yang berada di posisi 4 sebagai posisi terakhir untuk meraih tiket liga Champions musim depan. Dari 17 laga yang telah dijalaninya di Liga Inggris bersama MU, Mourinho hanya menorehkan 7 kemenangan, 5 kekalahan dan 5 kali imbang. Parahnya, mereka kebobolan 29 gol dan juga hanya mampu memasukan 29 gol, yang terburuk diantara 10 tim teratas EPL.

3. Kutukan musim ketiga

Manchester United Resmi Pecat Jose MourinhoClive Mason/Getty Images

Kutukan musim ketiga tampaknya semakin melekat dengan nama Jose Morinho. Pemecatannya kali ini bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya dia telah mengalami tiga kali pemecatan oleh Chelsea di tahun 2007 dan 2015, serta dari Real Madrid pada tahun 2013.

Uniknya, pemecatan tersebut selalu terjadi di musim ketiganya menangani klub. Padahal bersama Chelsea pun Mourinho selalu mampu memberikan trofi Liga Inggris di musim pertamanya.

Baca Juga: MU Pecat Jose Mourinho, Ini Fakta-faktanya

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya