Carabao Cup: Menangkan Derbi London, Chelsea Tantang Man City di Final

Unggul lewat babak adu penalti

Chelsea memastikan satu tempat di babak final setelah berhasil menangkan derbi London atas Tottenham Hotspurs Jumat dinihari (25/01). The Blues berhasil menyamakan aggregate menjadi 2-2 usai menangi leg kedua dengan skor 2-1.

Dua gol Chelsea dicetak oleh N'golo Kante (27') dan Eden Hazard (38'), sedangkan satu gol Spurs dicetak oleh Fernando Llorente di menit ke-50. Spurs sendiri unggul 1-0 di leg pertama, sehingga laga harus ditentukan lewat adu penalti yang akhirnya dimenangkan Chelsea.

1. Spurs tanpa pemain pilar, Chelsea berhasil mendominasi laga

Carabao Cup: Menangkan Derbi London, Chelsea Tantang Man City di Finaltwitter.com/ChelseaFC

Chelsea menurunkan skuad terbaiknya dalam upaya mengejar ketertinggalan, sedangkan Tottenham Hotspurs tampil untuk pertama kalinya tanpa tiga pilarnya sekaligus, Harry Kane, Dele Alli dan Son Heung-Min.

Tak ayal Chelsea pun berhasil mendominasi jalannya pertandingan. Tampil menyerang, The Blues berhasil mencetak gol pembuka melalui tendangan di luar kotak penalti N'golo Kante di menit ke-27. Sebelas menit kemudian The Blues berhasil menggandakan keunggulan melalui gol Eden Hazard setelah menerima umpan manis dari Cesar Azpilicueta.

Tak ingin kalah begitu saja, Spurs mencoba bangkit di babak kedua. Anak asuh Mauricio Pochettion berhasil menyamakan aggregate melalui gol Fernando Lllorente di menit ke-50. Meski saling bertukar serangan di waktu tersisa, tak ada gol lainnya yang tercipta. Pertandingan pun harus dilanjutkan lewat adu penalti karena kompetisi ini tak mengenal aturan gol tandang dan pertambahan waktu.

2. Kepa Arrizabalaga menjadi pahlawan di babak adu penalti

Carabao Cup: Menangkan Derbi London, Chelsea Tantang Man City di Finaltwitter.com/kepa_46

Kedua tim harus menentukan pemenang lewat adu penalti. Christian Eriksen yang menjadi penendang pertama berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik, begitu pula Willian dari kubu Chelsea.

Nasib kurang beruntung menimpa Eric Dier yang menjadi penendang Spurs ketiga saat tendangan penaltinya justru melambung jauh ke atas mistar gawang. Sedangkan penendang Chelsea Jorginho berhasil dengan sempurna menceploskan bola. The Blues pun unggul 3-2.

Kepa Arrizabalaga menjadi pahlawan Chelsea setelah berhasil menepis penendang keempat Spurs, Lucas Moura. Chelsea pun kemudian memastikan kemenangannya setelah David Luiz berhasil menjebol gawang Spurs. 

Chelsea pun unggul dengan skor 4-2 dan berhak lolos ke babak final untuk menantang Man City yang sebelumnya berhasil mengandaskan Burton Albion. Babak final sendiri akan digelar tanggal 24 Februari nanti di wembley Stadium.

3. Meski tersingkir, Mauricio Pochettino tetap bangga dengan pemainnya

Carabao Cup: Menangkan Derbi London, Chelsea Tantang Man City di Finalmsn.com

Meski harus tersingkir di babak semifinal Carabao Cup dari Chelsea, Pochettion tetap mengaku bangga dengan anak asuhnya. Christian Eriksen dkk mampu memperlihatkan perjuangan yang luar biasa meski tampil tanpa para pemain intinya yang sedang mengalami cedera.

Pochettino pun memuji kualitas permainan Maurizio Sarri yang tampil impresif dengan para pemain bintangnya. Tak mau terpuruk terlalu lama, Pochettino pun anak asuhnya segera bangkit karena dua hari ke depan mereka akan kembali menjalani laga di FA Cup untuk melawan Crystal Palace. 

"Kami mengubah strategi di babak kedua. Saya pikir kami mulai mendominasi. Pada babak pertama, sebelum kebobolan gol, kami bisa memperagakan permainan dan memegang kendali. Itulah sepakbola Saat Anda mempunyai Hazard, Pedro, Giroud, dan Kante, mereka bisa mencetak gol," kata Pochettino di BBC.

"Tim ini sangat bagus. Saya sangat bangga. Saya senang dengan performanya dan cara kami berjuang. Setelah dua laga luar biasa, saya memuji para pemain."

Baca Juga: Akhirnya, Gonzalo Higuain Resmi Berlabuh di Chelsea

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya