Comscore Tracker

Misi Sulit AC Milan Pertahankan Gelar Serie A Musim 2022/2023

Kedalaman skuad AC Milan dinilai masih belum cukup!

AC Milan berhasil memutus puasa gelar Serie A selama 11 tahun pada musim 2021/2022. Itu menjadi bukti keberhasilan revolusi yang dijalankan manajemen klub selama ini. Mereka sukses membentuk skuad muda potensial dengan dukungan beberapa pemain bermentalitas juara.

Namun, mempertahankan akan lebih sulit dari pada meraih. Hal ini juga yang bakal dihadapi AC Milan pada musim baru 2022/2023. Apa alasannya? Yuk, disimak!

1. AC Milan lamban di bursa transfer, kekuatan skuad menurun?

Misi Sulit AC Milan Pertahankan Gelar Serie A Musim 2022/2023Divock Origi (twitter.com/acmilan)

Berstatus juara Serie A tidak membuat AC Milan belanja besar-besaran di bursa transfer musim panas. Sejauh ini mereka baru mendatangkan dua pemain baru, yaitu Divock Origi dan Charles De Ketelaere, serta mempermanenkan Junior Messias dan Alessandro Florenzi.

Di sisi lain, Rossoneri kehilangan beberapa pemain inti. Franck Kessie, Samu Castillejo dan Alessio Romagnoli dilepas secara gratis. Sedangkan Daniel Maldini dipinjamkan ke Spezia. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan, pasalnya AC Milan belum mendapatkan pengganti sepadan.

2. Zlatan Ibrahimovic alami cedera panjang

Misi Sulit AC Milan Pertahankan Gelar Serie A Musim 2022/2023Zlatan Ibrahimovic (acmilan.com)

Zlatan Ibrahimovic resmi memperpanjang masa baktinya di AC Milan satu musim lagi. Artinya dia akan berkostum Rossoneri sampai usia 42 tahun. Meski telah uzur, Ibrahimovic adalah nyawa AC Milan.

Mentalitas juara yang dia miliki mampu memotivasi rekan-rekannya. Kontribusi golnya pun tak bisa dianggap sepele. Sayangnya, cedera menjadi batu sandungan sang pemain saat ini.

Ibrahimovic kembali harus ke ruang perawatan dan diprediksi absen cukup panjang. Kondisi bisa sangat berdampak pada skuad utama di dalam lapangan.

Baca Juga: Kenangan 2010/11 AC Milan dan Inter Milan Akhirnya Terulang

3. Klub-klub rival semakin kuat

Misi Sulit AC Milan Pertahankan Gelar Serie A Musim 2022/2023Romelu Lukaku (inter.it)

Di saat AC Milan lamban di bursa transfer, klub-klub pesaing justru bergerak sangat aktif. Juventus sejauh ini telah mendatangkan deretan pemain top seperti Paul Pogba, Angel Di Maria, Bremer, dan Filip Kostic. Sementara Inter Milan sukses mendatangkan Romelu Lukaku, Andre Onana, dan Henrikh Mkhitaryan.

AS Roma tak kalah mengejutkan dengan mendaratkan Paulo Dybala, Nemaja Matic, dan Georginio Wijnaldum. Jika melihat kualitas pemain baru, kedalaman skuad AC Milan saat inni cukup jauh tertinggal dari tiga klub pesaing.

4. Pemain yang potensial gabung ke AC Milan

Misi Sulit AC Milan Pertahankan Gelar Serie A Musim 2022/2023Hakim Ziyech (chelseafc.com)

Manajemen Rossoneri sadar betul skuad mereka musim ini belum cukup jika ingin mempertahankan gelar. Paolo Maldini terus bergerak untuk mengamankan beberapa nama, salah satunya adalah Hakim Ziyech. Sang pemain kabarnya setuju untuk berkostum AC Milan, bahkan rela memotong gajinya demi mewujudkan transfer ini.

AC Milan juga sedang mendekati bek Paris Saint-Germain Abdou Diallo sebagai pengganti Alessio Romagnoli. Mereka berniat meminjam bek asal Senegal itu dengan opsi permanen. Manajemen tak boleh lagi kehilangan pemain incarannya ini setelah Sven Botman dan Renato Sanchez lepas.

Saat ini mereka sangat membutuhkan kedalaman skuad yang mumpuni. Pasalnya, AC Milan bakal tampil di tiga kompetisi sekaligus.

5. Tampil di Liga Champions bakal menguras skuad AC Milan

Misi Sulit AC Milan Pertahankan Gelar Serie A Musim 2022/2023potret Stefano Pioli (uefa.com)

Faktor lainnya yang akan membuat AC Milan sulit pertahankan gelar adalah tampilnya mereka di Liga Champions. Musim lalu mereka harus gugur di fase grup usai tergabung di grup neraka.

Hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena bisa fokus merebut Scudetto dari tangan Inter Milan. Tapi, mereka tentu tak ingin mengulangi kegagalan itu. Apalagi Rossoneri sebelumnya telah absen hampir satu dekade.

Sayangnya, fokus ke Liga Champions akan menjadi dilema tersendiri saat kedalaman skuad belum cukup baik. Mereka akan kehabisan energi. Belum lagi adanya Piala Dunia yang bakal dihelat pada November 2022 mendatang.

Jika Stefano Pioli tak cerdas dalam meracik skuadnya, AC Milan bisa kehilangan semua gelar, tidak hanya Scudetto. Seperti yang terjadi pada Inter Milan pada musim lalu.

 

Serie A musim 2022/2023 akan menghadirkan persaingan lebih menarik dari sebelumnya. Klub-klub unggulan seperti Juventus, Inter Milan, dan AS Roma telah melakukan prombakan skuad signifikan.

Di sisi lain AC Milan akan masih mengandalkan skuad lamanya. Hal ini akan membuat usaha mereka mempertahankan gelar sangat berat. 

Baca Juga: Lamban pada Bursa Transfer, Ada Apa dengan AC Milan?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya